HEALTH, SAFETY & ENVIRONMENT (HSE) ASPECTS IN LOGISTICS ACTIVITIES

Training Syllabus :
“HEALTH, SAFETY & ENVIRONMENT (HSE) ASPECTS IN LOGISTICS ACTIVITIES”
Aspek-aspek Kesehatan, Keselamatan dan Lindungan Lingkungan pada Kegiatan Logistik

INTRODUCTION :
Logistik adalah kegiatan yang berhubungan dengan Pengadaan Barang (Goods Procurement), Penyimpanan/ Pergudangan Barang (Goods Storage/ Warehousing), atau Penghantaran/ Pengangkutan Barang (Goods Delivery/ Transportation) sesuai dengan jenis barang, jumlah barang, waktu dan tempat yang dikehendaki dari Titik Awal (Point Of Origin) ke Titik Tujuan (Point Of Destination).
Ada 3 Misi Utama dari kegiatan logistik yaitu Barang Yang Tepat/Sesuai (Right Goods), Waktu Yang Tepat (Right Time) dan Tempat Yang Tepat (Right Place). Untuk mencapai 3 misi ini diperlukan komitmen yang tinggi dari manajemen perusahaan logistik beserta seluruh jajarannya termasuk para pegawai dan mitra kerjanya (kontraktor/sub-kontraktor), baik dalam hal pengelolaan sumberdaya manusia, keuangan, peralatan dan aspek Kesehatan, Keselamatan dan Lindungan Lingkungan (K3LL) atau HSE (Health, Safety & Environment), sehingga diperlukan pelatihan K3LL/HSE yang terkait dengan kegiatan logistik.

Tujuan Pelatihan:
Peserta pelatihan akan dapat mengetahui dan melaksanakan tentang :
1. Peraturan perundangan K3LL/HSE yang terkait dengan kegiatan logistik.
2. Prinsip-prinsip dasar Manajemen Pengendalian Rugi dalam kegiatan logistik.
3. Jenis-jenis bahaya dan risiko dalam kegiatan logistik dan bagaimana cara mencegah serta mengendalikannya agar tidak terjadi kecelakaan atau kerugian.
4. Pedoman atau cara bekerja yang aman, selamat, sehat dan berwawasan lingkungan dalam pelaksanaan kegiatan logistik.

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Sekilas tentang Manajemen Logistik Terintegrasi atau Supply Chain Management (SCM).
2. Pengenalan tentang peraturan perundangan dari pemerintah RI mengenai K3LL/HSE yang terkait kegiatan logistik.
3. Pengenalan tentang Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pengendalian Rugi (Basic Principles of Loss Control Management).
4. Identifikasi jenis-jenis bahaya dan risiko dalam kegiatan logistik serta cara pencegahan dan pengendaliannya (antara lain : bahaya mekanik, bahaya listrik, bahaya beban, bahaya radiasi, bahaya kimia, bahaya temperatur, bahaya ergonomi, bahaya biologi, dan lain-lain).
5. Manajemen Keselamatan Kantor (Office Safety Management).
6. Manajemen Keselamatan Pergudangan dan Penyimpanan (Warehouse and Storage Safety Management) :

6.1 Warehouse Safety
a. Material Handling :
– Manual Handling
– Mechanical Handling
– Vehicles in and around the warehouse
– Work at height
b. General Hazards (slips ; trips; falls, etc.)
c. Personal Protective Equipment and Clothing
d. Warehouse Equipment (forklift trucks, hand trucks, crane, hoist, derricks, ladders, etc.)
e. Packing, strapping & unpacking materials
f. Warehouse Housekeeping
g. Safe Lifting and Rigging Practices
h. Loading Dock Safety.

6.2 Storage Safety
a. Storage System
b. Automated Storage and Retrieval System
c. Temperature-controlled Storage
d. Storage of Packaged Dangerous Substances
e. Safe Storage Practices.

7. Manajemen Keselamatan Transportasi Darat (Land Transportation Safety Management) :
7.1 Introduction to RI’s government regulations of land transportation.
7.2 Land transportation safety standards :
– Defensive Driving Rules
– Hazard identification, risk assessment & risk control
7.3 Journey Management :
– Journey Planning
– Trip preparation
– Fatigue management
7.4 Vehicle Standards :
– Light vehicle specifications
– Heavy vehicle specifications
7.5 Maintenance and Inspections

WHO SHOULD ATTEND? :
Para Supervisor, Teknisi/Driver/Operator dan personel lainnya yang terkait dengan kegiatan logistik.
INSTRUCTOR : Ir. Didi Sugandi, Bc. M and Team

VENUE TRAINING : Bandung/Jakarta/Yogyakarta/Online

TRAINING DURATION : 4 days

TRAINING TIME : 1 November 2023 – 4 November 2023

 

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp 8.750.000/person (full fare) or
2. Rp 8.500.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp 8.250.000/person (if there are 3 or more participants from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor
11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)

Info Lebih Lanjut Hubungi: