Training Syllabus:
IT BALANCED SCORECARD
TRAINING OVERVIEW:
APA YANG DIMAKSUD DENGAN IT BALANCED SCORECARD?
The balanced scorecard (BSC) awalnya dikembangkan oleh Kaplan dan Norton, adalah sistem manajemen kinerja yang memungkinkan perusahaan untuk mendorong strategi mereka pada pengukuran dan tindak lanjut. Dalam beberapa tahun terakhir BSC telah diterapkan untuk teknologi informasi (TI) dan saat ini sudah mulai banyak muncul penerapan IT Balanced Scorecard (IT BSC).
Ukuran keberhasilan implementasi teknologi informasi (information technology/IT) bagi sebuah perusahaan/organisasi dilihat dari seberapa besar IT perusahaan tersebut memberikan value dan dukungan bagi pencapaian tujuan bisnisnya. Setelah investasi IT dilakukan oleh sebuah perusahaan maka pertanyaan selanjutnya adalah seberapa besar investasi tersebut memberikan return bagi bisnis dan bagaimana mengukurnya.
MANFAAT BALANCED SCORECARD?
Dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard (BSC) untuk bisnis maka konsep yang sama dapat juga diterapkan untuk mengukur kinerja IT. IT Balanced Scorecard dapat mengukur kinerja IT sehingga mampu meningkatkan layanan IT bagi bisnis. Penerapan IT BSC memungkinkan perusahaan menerjemahkan visi, misi dan strategi bisnis perusahaan menjadi indikator kinerja IT yang jelas untuk semua pihak sehingga pencapaian tujuan perusahaan lebih dapat dipastikan dan pencapaiannya terukur. Perspektif dalam IT BSC juga memungkinkan keberhasilan perusahaan secara berkesinambungan.
Dalam training 2 hari ini para peserta akan diberikan wawasan dan pemahaman bagaimana menyusun IT Balanced Scorecard, bagaimana menerjemahkan visi, misi dan strategi ke dalam ukuran-ukuran kinerja operasional mulai dari level manajemen puncak sampai ke tingkat pelaksana dan bagaimana mengelola proyek IT BSC ini agar berhasil dengan baik. Juga akan dibahas bagaimana IT Balanced Scorecard (IT BSC) dapat dihubungkan dengan balanced scorecard bisnis (BSC) dan dengan cara ini inilah maka akan mendukung IT /Business Governance dan Alignment Process. Training ini dilengkapi dengan penggunaan BSC Software dan difasilitasi oleh trainer yang ahli dan berpengalaman.
WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING?:
Pelatihan dirancang khusus terutama untuk mereka yang ingin memahami bagaimana meningkatkan kinerja IT dengan menerapkan IT BSC, bagaimana mengelola proyek penerapan IT BSC agar berhasil dengan baik dan sesuai dengan best practices. Termasuk diantaranya:
• Para manajer/pimpinan/profesional bisnis
• Para manajer/pimpinan/professional IT
TRAINING OBJECTIVES:
Setelah mengikuti training Balanced SCorecard ini, para peserta diharapkan mampu:
• Memahami konsep dasar Balanced Scorecard
• Memahami manfaat Balanced Scorecard
• Memahami proses penyusunan Balanced Scorecard
• Memahami langkah-langkah implementasi Balanced Scorecard
• Mampu merancang BSC suatu perusahaan dan menerjemahkan strategi, visi dan misi perusahaan tersebut
• Mampu menyusun IT Balanced Scorecard
• Mampu melakukan linked ke Balanced scorecard Bisnis (BSC)
• Mampu melakukan proses IT /Business Governance dan Alignment
• Menggunakan Balanced Scorecard Software untuk menggambarkan Strategi Map, KPI (Key Performance Indicator) dan KGI ( Key Goal Indicator)
TRAINING BENEFITS:
• All participants will get BSC (Balanced Scorecard) TOOLKIT consisting of Learning Material, References, Process/Templates and Checklist, Samples of Strategy Map, BSC Software (trial/demo version)
• Experienced and Internationally Certified Facilitator will guide participants in Case Study Session using Hands-on Approach
• During the training our trainer will guide all participants to use BSC Software in doing BSC case study
TRAINING MATERIAL OUTLINE:
DAY 1:
1. PEMBUKAAN
2. BSC DAN MANAJEMEN KINERJA LEVEL KORPORAT
• Latar belakang dan definisi BSC
• Tinjauan umum tentang perspektif yang ada di Business BSC .
• Bagaimana mengonversi Business BSC tersebut menjadi sebuah IT BSC.
3. MEMAHAMI POKOK-POKOK PROYEK BSC
• Tahapan memulai sebuah proyek BSC
• Pembuatan metric-metrik indikator kinerja dan teknikk pemetaan proses.
4. IT BSC DAN KESELARASAN TI DENGAN STRATEGI PERUSAHAAN
• IT BSC
• Pemanfaatan business BSC dalam konteks TI.
5. TUTORIAL PENGGUNAAN BSC SOFTWARE
6. LATIHAN DAN PRAKTEK MENGGUNAKAN BSC SOFTWARE
7. STUDI KASUS
DAY 2:
8. MENYELARASKAN TI UNTUK MEMENUHI FINANCIAL & CUSTOMER OBJECTIVES
• Perspektif finansial dan pelanggan dalam BSC
• Apa saja yang perlu diperhatikan dalam penerapannnya.
9. MENYELARASKAN IT UNTUK MEMENUHI BUSINESS PROCESS OBJECTIVES DAN MEMELIHARA LEARNING & GROWTH
• Perspektif proses internal dan pembelajaran dan pertumbuhan dalam BSC
• Apa saja yang perlu diperhatikan dalam penerapannnya.
• Pendekatan mengintegrasikan CMM kedalam obyektif proses bisnis
• Bagaimana memberdayakan SDM secara efektif.
10. OVERVIEW IT BSC TOOLS
• Beberapa tools yang sering digunakan dalam mengukur kinerja
11. LATIHAN DAN PRAKTEK MENGGUNAKAN BSC SOFTWARE
12. STUDI KASUS
13. PRESENTASI STUDI KASUS
14. PENUTUPAN
Catatan:
STUDI KASUS DAN LATIHAN PENYUSUNAN IT BALANCED SCORECARD
• Latihan, analisa dan presentasi
• Langkah-langkah Implementasi IT Balanced Scorecard
• Penggunaan Balanced Scorecard Software
VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION : 2 days
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 4 Januari 2024 | 5 – 6 Februari 2024 | 4 – 5 Maret 2024 | 1 – 2 April 2024 |
8 – 9 Januari 2024 | 12 – 13 Februari 2024 | 12 – 13 Maret 2024 | 22 – 23 April 2024 |
15 – 16 Januari 2024 | 19 – 20 Februari 2024 | 18 – 19 Maret 2024 | 29 – 30 April 2024 |
22 – 23 Januari 2024 | 26 – 27 Februari 2024 | 25 – 26 Maret 2024 | |
29 – 30 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 7 Mei 2024 | 3 – 4 Juni 2024 | 1 – 2 Juli 2024 | 5 – 6 Agustus 2024 |
13 – 14 Mei 2024 | 10 – 11 Juni 2024 | 8 – 9 Juli 2024 | 12 – 13 Agustus 2024 |
20 – 21 Mei 2024 | 19 – 20 Juni 2024 | 15 – 16 Juli 2024 | 19 – 20 Agustus 2024 |
27 – 28 Mei 2024 | 24 – 25 Juni 2024 | 22 – 23 Juli 2024 | 26 – 27 Agustus 2024 |
29 – 30 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 3 September 2024 | 1 – 2 Oktober 2024 | 4 – 5 November 2024 | 2 – 3 Desember 2024 |
9 – 10 September 2024 | 7 – 8 Oktober 2024 | 11 – 12 November 2024 | 9 – 10 Desember 2024 |
16 – 17 September 2024 | 14 – 15 Oktober 2024 | 18 – 19 November 2024 | 16 – 17 Desember 2024 |
23 – 24 September 2024 | 21 – 22 Oktober 2024 | 25 – 26 November 2024 | 23 – 24 Desember 2024 |
28 – 29 Oktober 2024 | 30 – 31 Desember 2024 |
INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor