Training Syllabus:
BRANDING STRATEGY FOR RETAIL BANKING
( Implementasi Strategi Branding Di BPR/BPRS )
Strategi BPR dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat sebagai bank modern dalam memenuhi pelayanan produk jasa perbankan melalui manajemen branding
LATAR BELAKANG PELATIHAN
BPR / BPRS sudah menjalankan perannya dengan baik sebagai ujung tombak perekonomian bangsa dalam melayani UMKM di seluruh Indonesia. Sejak dari jaman sebelum kemerdekaan BPR telah ada mulai dari Lumbung Desa sampai akhirnya dikenal dengan nama Bank Perkreditan Rakyat . Bahkan di tahun 2013 PERBARINDO mengajukan usul perubahan nama BPR menjadi “Bank Perekonomian Rakyat” karena dianggap BPR dengan singkatan “Bank Perkreditan Rakyat” hanya mencerminkan BPR sebagai tempat kredit saja. Namun kenyataan yang kita hadapi saat ini masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengenal BPR/BPRS dengan baik. Agar masyarakat lebih dekat dengan BPR , perlunya “Strategi Branding” yang harus dirumuskan dengan efektif terhadap BPR dalam melakukan “Strategi Pemasaran”. Pelatihan ini bertujuan mengupas tuntas semua persoalan yang dihadapi BPR dan solusi-solusi strategis terkait strategi branding BPR / BPRS. Salah satu aset terbesar perbankan adalah Brand yang dapat digunakan untuk membangun persepsi. BPR / BPRS merupakan bank yang melayani segmen pembiayaan mikro (Micro Banking) dan saat ini memerlukan tingkat pemahaman dan persepsi yang baik dan modern dari pihak nasabah dan calon nasabah. Pemahaman yang benar atau persepsi yang tepat akan peran BPR dari nasabah atau calon nasabah akan membantu BPR tersebut untuk dapat lebih lagi memberikan kualitas pelayanan perbankan yang ditunjang oleh produk dan infrastruktur yang modern yang dapat menjawab kebutuhan dan keinginan dari nasabah. Persepsi inilah yang sangat penting melalui “Strategi Branding” yang tepat untuk dapat masuk dan memposisikan diri pada segmen pasar yang tepat dan sekaligus membawa pada tingkat pertumbuhan aset yang memenuhi ketentuan sebagai bank yang sehat dan mapan. Pelatihan ini akan mengarahkan dan membuka wawasan pelaku bisnis BPR / BPRS untuk dapat mencapai optimalisasi “Customer Value” yang merupakah faktor yang sangat penting dalam membentuk loyalitas nasabah. Elemen penting dari “Customer Value” adalah faktor loyalitas nasabah dan ekuitas merek (Brand Equity). BPR perlu memiliki strategi untuk membawa persepsi nasabah menuju tingkat pemahaman akan produk dan layanan akan BPR menjadi lebih prestisius, sehingga memiliki “Brand Equity” yang kuat. Dengan semakin banyaknya pemain di segmen mikro maka BPR / BPRS sangat perlu untuk memiliki strategi BRANDING yang efektif dan memberikan peluang bagi BPR yang sudah siap untuk masuk dalam segmen “Retail dan Consumer Banking”. Memasuki persiangan di era MEA tahun 2017 ini maka perlu untuk menyusun strategi dalam memperkuat posisi produk dan layanan BPR di kancah persaingan jasa layanan perbankan dengan industri bank umum (Commercial Bank). Mengacu pada wacana “Strategic Issues” pada acara Sosialisasi OJK di Solo pada 20 Januari 2014 dimana BPR harus masuk dalam era “Modern Banking” dalam “Core Banking System” dengan membangun BRANDING pada elemen :
a. Produk
b. Layanan
c. Kualitas SDM
d. Infrastruktur
Dengan alasan ini maka perlu bagi para CEO BPR / BPRS untuk dapat mempersiapkan dalam strategi pemasarannya untuk melakukan terobosan dalam mencapai tingkat loyalitas nasabah dan sekaligus dapat meningkatkan persepsi yang baik tentang produk dan layanan yang diberikan oleh BPR sebagai bank modern yang dapat disejajarkan dengan bank umum.
TUJUAN PELATIHAN
Adapun tujuan pelatihan ini adalah :
a. Memberikan pemahaman tentang konsep dan implementasi Brand Management
b. Memberikan pemahaman teknis untuk dapat membuat rumusan strategi Branding yang tepat pada setiap level produk dan layanan perbankan
c. Memberikan panduan dan langkah praktis untuk dapat melakukan “Personal Branding” yang dapat membantu untuk menentukan strategi dan taktik pemasaran bisnis yang akan dilakukan
d. Memberikan gambaran tentang perkembangan bisnis BPR yang mengacu pada alur daur hidup produk (Product Life Cycle) dan sekaligus memberikan arah dan strategi untuk melakukan analisis internal dan eksternal dalam menentukan program “Positioning” produk dan layanan BPR
e. Memberikan pemahaman dan langkah praktis untuk dapat melakukan “Strategi Branding”
f. Membantu pelaku bisnis BPR untuk dapat menyusun dan mengimplementasikan “Marketing Plan” yang merupakan bagian dari kewajiban BPR sesuai dengan POJK No.37/POJK.03/2016 tentang penyusunan rencana bisnis (Business Plan).
g. Membantu untuk dapat melakukan proses sistem informasi pemasaran (Marketing Information System) yang sangat berguna untuk pelaku bisnis BPR untuk dapat menyusun riset pemasaran yang dapat dipakai untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif
h. Membantu pelaku bisnis BPR untuk dapat melakukan proses “Branding Audit” yang bermanfaat untuk dapat mengevaluasi tingkat loyalitas nasabah
i. Membantu pelaku bisnis BPR untuk dapat menyusun peramalan pasar (Market Forecasting) melaui analisis lingkungan Internal dan lingkungan Eksternal (S-W-O-T)
j. Membimbing peserta pelatihan untuk dapat memahami dalam proses implementasi “BRAND Management” melalui setiap unit produk dan layanan dengan melakukan tahapan : Perencanaan Branding (Perencanaan Strategis untuk Bisnis dan Branding) – Proses Manajemen Brand – Audit dan Evaluasi Brand – Desain Branding / Langkah-langkah Mendisain Branding.
k. Membantu peserta untuk dapat melakukan perencanaan dan pengembangan terhadap ekuitas merek (Brand Equity dan Brand Development)
l. Memberikan panduan untuk dapat menyusun strategi untuk mengembangkan ekuitas merek BPR
m. Memberikan panduan untuk dapat menyusun strategi untuk promosi pengembangan merek (Brand Development)
n. Memberikan panduan peserta untuk dapat melakukan Audit dan Evaluasi Merek melalui beberapa tahapan proses Audit Merek
o. Memberikan panduan mengenai langkah-langkah proses untuk mendisain merek
p. Memberikan secara khusus bagi peserta tentang Tools atau panduan khusus untuk melakukan “Branding Strategy” melalui kasus dan aplikasi dalam “Core Banking System”
q. Bedah kasus strategi manajemen dari berbagai Bank Umum dan implementasinya
r. Membantu membuat “Grand Strategy” melalui kertas kerja dalam hal pengembangan pasar produk dan layanan BPR
s. Membantu melakukan proyeksi strategi pengembangan pasar dengan pendekatan analisis situasi lingkungan bisnis (Conservative-Moderate-Agressive) dengan melihat pada peluang untuk pertumbuhan Aset pada setiap model proyeksi tersebut
t. Membantu peserta untuk dapat menetapkan Visi Branding dengan berdasar pada pencapaian target secara proporsional dengan target pertumbuhan aset BPR
u. Membantu peserta untuk dapat menetapkan “Grand Strategy” atas proyeksi pengembangan pasar (Aplikasi Strategi dalam Tindakan). Elemen – elemen nya terdiri atas :
– Strategi Perubahan atas Image (New Image)
– Strategi Positioning dengan diferensiasi membentuk Brand baru
– Penerapan strategi
PENTINGNYA MENGIKUTI PELATIHAN
Pelatihan ini memberikan manfaat antara lain :
a. Memberikan wawasan dan arahan strategis bagi pelaku bisnis BPR untuk dapat melakukan pengembangan strategi pemasaran produk dan layanan perbankan melalui strategi Branding
b. Memberikan panduan teknis bagi pelaku bisnis BPR / BPRS untuk dapat melakukan strategi pengembangan pasar melalui proses manajemen Branding
c. Membantu BPR / BPRS untuk dapat mempersiapkan secara fundamental untuk masuk dalam era Modern Banking dengan efektif dengan melakukan strategi “Positioning” atas produk dan layanan dan sekaligus memberikan arahan strategis untuk dapat melakukan proyeksi pengembangan pasar BPR yang akan berdampak pada pengembangan aset BPR
CAKUPAN MATERI PELATIHAN
Adapun materi dalam pelatihan ini antara lain :
a. Pemahaman tentang konsep dan implementasi Brand Management
b. Pemahaman teknis untuk dapat membuat rumusan strategi Branding yang tepat pada setiap level produk dan layanan perbankan
c. Panduan dan langkah praktis untuk dapat melakukan “Personal Branding” yang dapat membantu untuk menentukan strategi dan taktik pemasaran bisnis yang akan dilakukan
d. Gambaran tentang perkembangan bisnis BPR yang mengacu pada alur daur hidup produk (Product Life Cycle) dan sekaligus memberikan arah dan strategi untuk melakukan analisis internal dan eksternal dalam menentukan program “Positioning” produk dan layanan BPR
e. Pemahaman dan langkah praktis untuk dapat melakukan “Strategi Branding”
f. Penyusunan dan mengimplementasikan “Marketing Plan” yang merupakan bagian dari kewajiban BPR sesuai dengan POJK No.37/POJK.03/2016 tentang penyusunan rencana bisnis (Business Plan).
g. Proses sistem informasi pemasaran (Marketing Information System) yang sangat berguna untuk pelaku bisnis BPR untuk dapat menyusun riset pemasaran yang dapat dipakai untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif
h. Proses “Branding Audit” yang bermanfaat untuk dapat mengevaluasi tingkat loyalitas nasabah
i. Peramalan pasar (Market Forecasting) melaui analisis lingkungan Internal dan lingkungan Eksternal (S-W-O-T)
j. Proses implementasi “BRAND Management” melalui setiap unit produk dan layanan dengan melakukan tahapan : Perencanaan Branding (Perencanaan Strategis untuk Bisnis dan Branding) – Proses Manajemen Brand – Audit dan Evaluasi Brand – Desain Branding / Langkah-langkah Mendisain Branding.
k. Perencanaan dan pengembangan terhadap ekuitas merek (Brand Equity dan Brand Development)
l. Strategi untuk mengembangkan ekuitas merek BPR
m. Strategi untuk promosi pengembangan merek (Brand Development)
n. Audit dan Evaluasi Merek melalui beberapa tahapan proses Audit Merek
o. Proses untuk mendisain merek
p. Tools atau panduan khusus untuk melakukan “Branding Strategy” melalui kasus dan aplikasi dalam “Core Banking System”
q. Bedah kasus strategi manajemen dari berbagai Bank Umum dan implementasinya
r. Pembuatan “Grand Strategy” melalui kertas kerja dalam hal pengembangan pasar produk dan layanan BPR
s. Proyeksi strategi pengembangan pasar dengan pendekatan analisis situasi lingkungan bisnis (Conservative-Moderate-Agressive) dengan melihat pada peluang untuk pertumbuhan Aset pada setiap model proyeksi tersebut
t. Visi Branding dengan berdasar pada pencapaian target secara proporsional dengan target pertumbuhan aset BPR
u. Penetapan “Grand Strategy” atas proyeksi pengembangan pasar (Aplikasi Strategi dalam Tindakan). Elemen – elemen nya terdiri atas :
i. Strategi Perubahan atas Image (New Image)
ii. Strategi Positioning dengan diferensiasi membentuk Brand baru
iii. Penerapan strategi
SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI PELATIHAN INI?
Adapun peserta yang seharusnya mengikuti pelatihan ini adalah :
a) Direksi BPR / BPRS
b) Manajer Operasional / bagian pengembangan dan penelitian (R&D)
c) Manajer Pemasaran
INSTRUCTOR : Arno Haryo Utomo, SE., MM
VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
TRAINING DURATION : 2 days
TRAINING TIME :
- 23 Jan 2023-24 Jan 2023
- 20 Feb 2023-21 Feb 2023
- 27 Feb 2023-28 Feb 2023
- 12 Apr 2023-13 Apr 2023
- 01 May 2023-02 May 2023
- 27 Jun 2023-28 Jun 2023
- 24 Jul 2023-25 Jul 2023
- 31 Jul 2023-01 Aug 2023
- 25 Sep 2023-26 Sep 2023
- 23 Oct 2023-24 Oct 2023
- 30 Oct 2023-31 Oct 2023
INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor
11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company).