Training Syllabus:
IT BUSINESS ANALYSIS
TRAINING OVERVIEW:
Pada tahap awal proyek, Business Analyst (BA) merupakan key person yang mendefinisikan persyaratan, serta perencanaan, mendefinisikan dan memvalidasi lingkup proyek. Oleh karena itu sangatlah penting bagi para Business Analyst memiliki pemahaman tentang pengetahuan BA yang sangat luas sehingga BA dapat membantu tim proyek ketika akan mengembangkan solusi bisnis.
Dalam pelatihan ini para peserta akan memperoleh pemahaman tentang manfaat, fungsi dan dampak dari peran penting BA. Pelatihan memfokuskan khususnya pada fungsi analisis bisnis yang berkaitan dengan mengembangkan solusi IT, mengingat bahwa pemahaman semacam itu sangat penting bagi keberhasilan proyek.
Pelatihan ini juga akan membahas proses analisa bisnis seperti yang diterapkan di seluruh proyek, termasuk kegiatan pra-proyek yang terdiri dari analisis perusahaan. Para peserta akan mempelajari bagaimana seorang analis bisnis mendukung proyek sepanjang siklus hidup pengembangan solusi, dari membangun visi solusi dan ruang lingkup dalam tahap analisis untuk memvalidasi bahwa persyaratan telah dipenuhi dalam tahap pengujian. Pelatihan ini selaras dengan standar Business Analysis yaitu *BABOK version 2.0 – IIBA, USA
Standar BABOK ini menggambarkan area pengetahuan dari Business Analysis, aktifitas yang terkait dan tugas dan skill yang diperlukan agar efektif efektif dalam pelaksanaannya. The BABOK ® Guide merupakan referensi pengetahuan Business Analysis professional dan menjadi pedoman untuk program sertifikasi CBAP® (the Certified Business Analysis Professional™) the Certified Business Analysis
TRAINING OBJECTIVES:
Setelah mengikuti pelatihan ini, maka Para Peserta akan mendapatkan pengetahuan dan skill Business Analysis, khususnya:
Memperoleh pengetahuan yang menyeluruh mengenai BABOK ver. 2.0 yang merupakan kumpulan pengetahuan dalam profesi Business Analysis dan menggambarkan generally accepted practices terkini.
Mampu mengidentifikasi peran dan tanggung jawab BA
Mampu mendefinikan requirement
Mampu menjelaskan pentingnya pengelolaan risiko
Mampu mendefinisikan Solution vision dan scope
Mampu merencanakan Requirement Elicitation
Mampu mengenali pentingnya menganalisis dan mendokumentasikan Requirement
Mampu menjelaskan peran pemodelan untuk mendokumentasikan dan mengkomunikasikan Requirement
Mampu melakukan Requirement Validation dan Traceability
PARTICIPANTS :
Pelatihan ini ditujukan untuk Business Analyst, System Analyst, IT Planner, Management, Functional Manager, serta Project Manager yang sedang mengelola proyek berskala menengah-ke-skala besar dan cross-functional projects. Manajer fungsional, manajer lini, dan arsitek yang bekerja sebagai group leaders pada proyek dan bertanggung jawab mengembangkan bagian dari proyek atau sub-proyek juga seharusnya perlu juga hadir.
Secara khusus pelatihan ini dirancang untuk:
Business Analyst, System Analyst, Project Managers, Architects & Groups Leaders, Functional & Line Managers, IT. Juga dapat dihadiri oleh Developers and Staff, Advanced Project Managers, Senior Managers, Business Analysts, PMO/Project Specialist, Technical, Non-Technical, Pharma/Biomed, IT End-User, dan lain-lain.
TRAINING MATERIAL OUTLINE:
DAY 1:
1. Introduction to Business Analysis
• What is the Business Analysis Body of Knowledge?
• What is Business Analysis?
• Key Concepts
• Knowledge Areas
• Tasks
• Techniques
• Underlying Competencies
• Other Sources of Business Analysis Information
2. Business Analysis Planning & Monitoring
• Plan Business Analysis Approach
• Conduct Stakeholder Analysis
• Plan Business analysis Activities
• Plan Business Analysis Communication
• Plan Requirements Management Process
• Manage Business Analysis Performance
3. Elicitation
• Prepare for Elicitation
• Conduct Elicitation Activity
• Document Elicitation Results
• Confirm Elicitation Results
Discussion and Exercises
Case Study
DAY 2:
4. Requirements Management & Communication
• Manage Solution Scope & Requirements
• Manage Requirements Traceability
• Maintain Requirements for Re‐use
• Prepare Requirements Package
• Communicate Requirements
5. Enterprise Analysis
• Define Business Need
• Assess Capability Gaps
• Determine Solution Approach
• Define Solution Scope
• Define Business Case
6. Requirements Analysis
• Prioritize Requirements
• Organize Requirements
• Specify and Model Requirements
• Define Assumptions and Constraints
• Verify Requirements
• Validate Requirements
Discussion and Exercises
Case Study
DAY 3:
7. Solution Assessment & Validation
• Assess Proposed Solution
• Allocate Requirements
• Assess Organizational Readiness
• Define Transition Requirements
• Validate Solution
• Evaluate Solution Performance
8. Underlying Competencies
• Analytical Thinking and Problem Solving
• Behavioral Characteristics
• Business Knowledge
• Communication Skills
• Interaction Skills
• Software Applications
9. Business Analysis Techniques
• Acceptance and Evaluation Criteria Definition
• Benchmarking
• Brainstorming
• Business Rules Analysis
• Data Dictionary and Glossary
• Data Flow Diagrams
• Data Modeling
• Decision Analysis
• Estimation
• Focus Groups
• Functional Decomposition
• Interface Analysis
• Interviews
• Lessons Learned Process
• Metrics and Key Performance Indicators
• Non‐Functional Requirements Analysis
• Observation
• Organization Modeling
• Problem Tracking
• Process Modeling
• Prototyping
• Requirements Workshop
• Risk Analysis
• Root Cause Analysis
• Scenarios and Use Cases
• Scope Modeling
• Sequence Diagrams
• State Diagrams
• Structured Walkthrough
• Survey/Questionnaire
• SWOT Analysis
• User Stories
• Vendor Assessment
Discussion and Exercises
Case Study
VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION : 3 days
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 5 Januari 2024 | 5 – 7 Februari 2024 | 4 – 6 Maret 2024 | 1 – 3 April 2024 |
8 – 10 Januari 2024 | 12 – 14 Februari 2024 | 12 – 14 Maret 2024 | 22 – 24 April 2024 |
15 – 17 Januari 2024 | 19 – 21 Februari 2024 | 18 – 20 Maret 2024 | 29 April – 1 Mei 2024 |
22 – 24 Januari 2024 | 26 – 28 Februari 2024 | 25 – 27 Maret 2024 | |
29 – 31 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 8 Mei 2024 | 3 – 5 Juni 2024 | 1 – 3 Juli 2024 | 5 – 7 Agustus 2024 |
13 – 15 Mei 2024 | 10 – 12 Juni 2024 | 8 – 10 Juli 2024 | 12 – 14 Agustus 2024 |
20 – 22 Mei 2024 | 19 – 21 Juni 2024 | 15 – 17 Juli 2024 | 19 – 21 Agustus 2024 |
27 – 29 Mei 2024 | 24 – 26 Juni 2024 | 22 – 24 Juli 2024 | 26 – 28 Agustus 2024 |
29 – 31 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 4 September 2024 | 1 – 3 Oktober 2024 | 4 – 6 November 2024 | 2 – 4 Desember 2024 |
9 – 11 September 2024 | 7 – 9 Oktober 2024 | 11 – 13 November 2024 | 9 – 11 Desember 2024 |
16 – 18 September 2024 | 14 – 16 Oktober 2024 | 18 – 20 November 2024 | 16 – 18 Desember 2024 |
23 – 25 September 2024 | 21 – 23 Oktober 2024 | 25 – 27 November 2024 | 26 – 28 Desember 2024 |
28 – 30 Oktober 2024 |
INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor