EFFECTIVE COMMUNICATION FOR MANAGERS

Training Syllabus:
EFFECTIVE COMMUNICATION FOR MANAGERS

TRAINING OBJECTIVES:
Peserta dapat belajar dan mempraktekkan pengetahuan dan ketrampilan komunikasi dengan sederhana dan terstruktur. Selain itu peserta juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang tipe kepribadian yang berbasis MBTI (Myers Brigg Type Indicator), untuk mengenal lebih jauh tentang gaya komunikasi dirinya ataupun orang lain. Komunikasi yang seringkali terkesan ‘biasa’, akan dapat berkembang lebih dari biasanya manakala dilakukan dengan efektif. Karena itu pemahaman tentang aspek hambatan komunikasi dan bagaimana men-desain pesan juga menjadi aspek penting dari pelatihan ini.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Sekilas Komunikasi
a. Aspek Pembelajaran
• Dasar komunikasi
• Karakteristik komunikasi
b. Sasaran
• Peserta mampu mengenali suatu proses komunikasi yang sedang berlangsung, sekaligus memahami arah perkembangan dari proses komunikasi itu sendiri.
2. Hambatan komunikasi
a. Aspek Pembelajaran
• Elemen komunikasi
• Hambatan komunikasi dalam konteks manajerial
b. Sasaran
• Peserta mampu mengenali jenis hambatan komunikasi yang dihadapinya sehingga dapat mengeliminir hambatan tersebut dengan kreatif tanpa harus mengorbankan hubungan antar manusia yang ada.
3. Pengenalan pada tipe kepribadian
a. Aspek Pembelajaran
• Gaya pribadi
• Gaya komunikasi
b. Sasaran
• Peserta mengenal berbagai tipe kepribadian, termasuk dirinya.
• Peserta belajar mengamati gaya komunikasi orang lain dan mampu melakukan penyesuaian terhadap gaya komunikasi tersebut.
4. Komunikasi dalam praktek
a. Aspek Pembelajaran
• Lingkup manajerial
• Dimensi tujuan
• Sasaran komunikasi
• Efektivitas komunikasi
b. Sasaran
• Peserta memahami bagaimana mempersiapkan sebuah proses komunikasi yang efektif, sekaligus mempraktekkan langkah-langkah pelaksanannya.
5. Mendesain pesan efektif
a. Aspek Pembelajaran
• 7 C’s principle
b. Sasaran
• Peserta dapat memahami bagaimana men-desain sebuah pesan yang efektif.

WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING?:
Manager, supervisor, individu perorangan yang membutuhkan pengembangan ketrampilan komunikasi efektif dalam mengelola hubungan kerja (horizontal-vertikal) maupun hubungan kemitraan (partnership).

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 1 day

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 Januari 20245 Februari 20244 Maret 20241 April 2024
8 Januari 202412 Februari 202412 Maret 202422 April 2024
15 Januari 202419 Februari 202418 Maret 202429 April 2024
22 Januari 202426 Februari 202425 Maret 2024
29 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 Mei 20243 Juni 20241 Juli 20245 Agustus 2024
13 Mei 202410 Juni 20248 Juli 202412 Agustus 2024
20 Mei 202419 Juni 202415 Juli 202419 Agustus 2024
27 Mei 202424 Juni 202422 Juli 202426 Agustus 2024
29 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 September 20241 Oktober 20244 November 20242 Desember 2024
9 September 20247 Oktober 202411 November 20249 Desember 2024
16 September 202414 Oktober 202418 November 202416 Desember 2024
23 September 202421 Oktober 202425 November 202423 Desember 2024
28 Oktober 202430 Desember 2024

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 2.750.000/person (full fare) or
2. Rp. 2.500.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 2.250.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor