Silabus Training :
IMPLEMENTASI BALANCED SCORE CARD (BSC) SEBAGAI ALAT UKUR PERFORMANSI KARYAWAN
LATAR BELAKANG:
Pengukuran performansi, termasuk performansi karyawan merupakan salah satu aktivitas yang amat penting bagi perusahaan. Tanpa pengukuran performansi, perbaikan kurang mempunyai arti. Jika suatu aktivitas tidak dapat kita ukur, sulit bagi kita untuk memanage aktivitas tersebut. Sehubungan dengan itu pengukuran performansi harus dilakukan dengan baik, dengan menggunakan metode yang tepat sehingga hasil dari pengukuran tersebut mencerminkan kemampuan yang sesungguhnya. Balanced Score Card (BSC) merupakan cara terbaik pada saat ini dalam mengukur performansi baik pada tataran perusahaan, pada tataran unit-unit organisasi yang ada dalam perusahaan maupun pada tataran karyawan perusahaan. Balanced Score Card, menterjemahkan Visi dan Strategic perusahaan kedalam aktivitas operasional yang dilihat dari 4 perspektif yaitu : Keuangan (financial), Pelanggan (customer), Proses Internal (internal process ), serta Pembelajaran dan Pertumbuhan (learning and growth) pada semua level manajemen, pada semua level karyawan mulai dari karyawan tertinggi sampai karyawan terendah. Hasil dari pengukuran tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam merumuskan dengan tepat penyempurnaan-penyempurnaan / perbaikan-perbaikan dan inovasi yang perlu dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan tersebut.
TUJUAN/MANFAAT:
Manfaat utama workshop : Implementasi BSC Sebagai Alat Ukur Performansi Karyawan adalah untuk :
a. Pemahaman yang lebih baik tentang peran dan fungsi pengukuran performansi karyawan dalam konteks perusahaan dan persaingan usaha.
b. Kemampuan menyusun perencanaan dan pengendalian pengukuran performansi karyawan dengan menggunakan teknik BSC
c. Ketrampilan menganalisis, menyimpulkan dan mengambil keputusan berdasarkan data hasil pengukuran performansi karyawan dengan menggunakan metode dan teknik terkini, yaitu Balanced Score Card (BSC).
SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
Workshop ini dirancang khusus untuk : Para Eksekutif, Manajer dan Staff Ahli yang berperan sebagai Perencana dan Pengendali Performansi Perusahaan dalam semua bidang, baik keuangan, pemasaran, operasi, SDM, maupun bidang-bidang yang lainnya.
METODE PENYAMPAIAN :
Para peserta diharapkan dapat terlibat secara aktif pada setiap sesi dari workshop ini yang akan dibawakan oleh para Instruktur dengan rincian muatan sebagai berikut :
20% : Penjelasan teori
80% : Perumusan Program, Studi Kasus, Diskusi dan Umpan Balik
CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Konsep Manajemen Performansi
a. Pengertian Kinerja
b. Pentingnya Sistem Manajemen Kinerja
c. Perencanaan Kinerja
2. Balanced Score Card
a. Pengertian Balanced Scorecard
b. Keunggulan Balanced Scorecard
c. Sepuluh Alasan untuk Mengimplementasikan Balanced Scorecard
d. Perspektif Keuangan : Jangka Panjang dan Jangka Pendek
e. Perspektif Pelanggan : Proiposisi Nilai yang terdiferensiasi (Differentiated Value Proposition)
f. Perspektif Internal : Nilai melalui Proses Bisnis Internal
g. Persepektif Pembelajaran dan Pertumbuhan : Keselarasan asset tak terwujud
3. Implementasi Balanced Score Card Dalam Mengukur Performansi Karyawan
a. Pengertian Misi, Nilai-nilai dan Visi
b. Pengertian Perencanaan Strategi
c. Proses Manajemen Strategi
d. Analisis Strategi
e. Pemilihan Strategi
f. Pengertian Strategy Map (Peta Strategi)
g. Pengertian Ukuran Kinerja
h. Ukuran untuk Perspektif : Keuangan, Pelanggan, proses Internal,Pembelajaran dan Pertumbuhan
i. Kriteria dalam Pemilihan Ukuran Kinerja
j. Karakteristik Ukuran
k. Penetapan Target
l. Penyusunan Inisiatif Strategis
m. Cascading
n. Faktor Kunci Keberhasilan (Key Success Factors) untuk Balanced Scorecard
4. Sumber Daya Manusia sebagai Asset Strategis
5. Kesiapan Sumber Daya Manusia
JADWAL PER HARI:
HARI 1:
1. Pembukaan dan Perkenalan
2. Pengantar : Konsep Manajemen Performansi dan BSC
3. Perspektif Keuangan
4. Perspektif Pelanggan
5. Perspektif Proses Bisnis Internal
6. Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran
HARI 2:
1. Implementasi BSC : Mekanisme
2. Penjabaran Visi, Misi dan Sasaran Perusahaan
3. Analisis dan Pengelompokan Kedalam 4 Perspektif
4. Pembuatan Diagram Sebab Akibat
5. Perumusan Faktor Kritis Keberhasilan (FKK)
HARI 3:
1. Perumusan Faktor Kritis Keberhasilan (FKK)
2. Pembuatan Peta Indikator Kunci Performansi (IKP)
3. Perumusan Indikator Kunci Performansi
4. Sumber Daya Manusia sebagai Asset Strategis
5. Kesiapan Sumber Daya Manusia
6. Penutupan
VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll
TRAINING DURATION : 3 hari
WAKTU TRAINING :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 5 Januari 2024 | 5 – 7 Februari 2024 | 4 – 6 Maret 2024 | 1 – 3 April 2024 |
8 – 10 Januari 2024 | 12 – 14 Februari 2024 | 12 – 14 Maret 2024 | 22 – 24 April 2024 |
15 – 17 Januari 2024 | 19 – 21 Februari 2024 | 18 – 20 Maret 2024 | 29 April – 1 Mei 2024 |
22 – 24 Januari 2024 | 26 – 28 Februari 2024 | 25 – 27 Maret 2024 | |
29 – 31 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 8 Mei 2024 | 3 – 5 Juni 2024 | 1 – 3 Juli 2024 | 5 – 7 Agustus 2024 |
13 – 15 Mei 2024 | 10 – 12 Juni 2024 | 8 – 10 Juli 2024 | 12 – 14 Agustus 2024 |
20 – 22 Mei 2024 | 19 – 21 Juni 2024 | 15 – 17 Juli 2024 | 19 – 21 Agustus 2024 |
27 – 29 Mei 2024 | 24 – 26 Juni 2024 | 22 – 24 Juli 2024 | 26 – 28 Agustus 2024 |
29 – 31 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 4 September 2024 | 1 – 3 Oktober 2024 | 4 – 6 November 2024 | 2 – 4 Desember 2024 |
9 – 11 September 2024 | 7 – 9 Oktober 2024 | 11 – 13 November 2024 | 9 – 11 Desember 2024 |
16 – 18 September 2024 | 14 – 16 Oktober 2024 | 18 – 20 November 2024 | 16 – 18 Desember 2024 |
23 – 25 September 2024 | 21 – 23 Oktober 2024 | 25 – 27 November 2024 | 26 – 28 Desember 2024 |
28 – 30 Oktober 2024 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified