fbpx

ITIL V.2011 FOUNDATION WITH INTERNATIONAL CERTIFICATION EXAM PREPARATION

Training Syllabus:
ITIL V.2011 FOUNDATION
WITH INTERNATIONAL CERTIFICATION EXAM PREPARATION

TRAINING OVERVIEW:
ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.
Walaupun dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support (Dukungan Layanan).
Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi ketiga ITIL (ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi. Dan kini telah diterbitkan juga ITIL v3 Foundation 2011 dengan ada beberapa perbaikan pada diagram dan konsep sekalipun masih bersifat sama dalam hal pemahaman. Kelima bagian tersebut adalah:
1. Service Strategy
2. Service Design
3. Service Transition
4. Service Operation
5. Continual Service Improvement

TRAINING OBJECTIVE:
Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu:
• Memahami tentang skema kualifikasi ITIL 2011 termasuk sertifikasi ITIL
• Menjelaskan praktek Service Management
• Menggambarkan Service Lifecyle yang mencakup 5 (lima) phase: Service Strategy (SS), Service Design (SD), Service Transition (ST), Service Operation (SO), dan Continual Service Improvement (CSI)
• Mengidentifikasi prinsip-prinsip kunci dan model-model ITIL 2011 di 5(lima) Phase: SS, SD, ST,SO, CSI
• Mendefinikasikan konsep-konsep generik dalam ITIL 2011
• Memahami dan menjelaskan proses-proses, peran-peran dan fungsi-fungsi yang ada di ITIL 2011
• Merangkum tentang penggunaan teknologi sebagai tool-tool otomatisasi ITIL 2011
• Memahami bagaimana integrated IT Service Management framework – berdasarkan ITIL best practice guidelines- dapat diadopsi dan diadaptasi dalam organisasi.
• Memahami proven practical guidance bagaimana memperkenalkan integrated IT Service Management framework berdasarkan pendekatanITIL best practice guidelines service lifecycle.
• Melakukan analisis studi kasus ITIL dalam organisasi / perusahaannya baik secara team work atau perorangan
• Memahami tahapan serta metodologi dalam mengimplementasikan konsep ITIL pada suatu organisasi / perusahaan berdasarkan prinsip dan model continual improvement yang terdapat dalam pelatihan
• Mempersiapkan diri mereka mengambil ujian sertifikasi internasional ITIL Foundation Certificate in IT Service Management

TRAINING BENEFIT:
• Seluruh peserta akan mendapatkan ITIL TOOLKIT yang berisi Bahan ajar, Referensi, Proses/Template dan Checklist, Poster dan Diagram/Workflow, serta Samples of Case Study tentag bagaimana cara mengimplementasi ITIL 2011 ke organisasi anda
• Selama pelatihan trainer kami akan membimbing para peserta menggunakan ITIL Toolkit
• Selama Pelatihan trainer kami akan memfasilitasi para peserta dalam memahami dan berlatih menjawab soal-soal ujian sertifikasi yang telah lalu.
• Para peserta akan mendapatkan bank soal, dan software simulasi ujian dengan bank soal updated/terbaru

PARTICIPANTS :
Pelatihan ini dipersiapkan khusus untuk:
• IT Manager
• IT Drector
• IT Infrastructure Staff
• Direksi
Selain itu, training ini juga merupakan transisi bagi IT profesional ke Manajemen TI. Training ini dirancang khusus untuk semua profesional IT termasuk Asisten IT, Teknisi, Manajer dan Praktisi terlibat dalam strategi, desain, dan implementasi dan berkelanjutan pengiriman bisnis layanan TI digunakan dan yang memerlukan wawasan Service Management praktek terbaik.
Prasyarat bagi peserta:
• Telah memahami kebutuhan IT Infrastruktur dalam perusahaan
• Memiliki basic skill atau pengetahuan di bidang IT.

TRAINING MATERIAL OUTLINE:
DAY 1:
• INTRODUCTION
• COMMON TERMINOLOGY
• THE SERVICE LIFECYCLE
• SERVICE STRATEGY
• LATIHAN DAN PRAKTEK
• PERSIAPAN UJIAN SERTIFIKASI (PEMBAHASAN SOAL-SOAL UJIAN SERTIFIKASI ITIL V2011 FOUNDATION )
• STUDI KASUS
DAY 2:
• SERVICE DESIGN
• SERVICE TRANSITION
• SERVICE OPERATION
• LATIHAN DAN PRAKTEK
• PERSIAPAN UJIAN SERTIFIKASI (PEMBAHASAN SOAL-SOAL UJIAN SERTIFIKASI ITIL V2011 FOUNDATION )
• STUDI KASUS
DAY 3:
• CONTINUAL SERVICE IMPROVEMENT
• PENJELASAN TENTANG UJIAN SERTIFIKASI ITIL V2011 FOUNDATION
o Exam Details
o Practical Suggestions
o ITIL® Certification Pathways ISO/IEC Pathways
• LATIHAN DAN PRAKTEK
• PERSIAPAN UJIAN SERTIFIKASI (PEMBAHASAN SOAL-SOAL UJIAN SERTIFIKASI ITIL V2011 FOUNDATION )
• STUDI KASUS

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

INVESTATION PRICE/PERSON :
1. Rp 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp 5.950.000/peserta (untuk peserta bergroup yang terdiri dari 3 orang peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor