Silabus Training :
KEWIRAUSAHAAN / ENTERPRENEURSHIP
PENDAHULUAN:
Ditengah berbagai krisis yang terus melanda bangsa Indonesia, adalah suatu keharusan bagi setiap manusia Indonesia mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan yang datang. Persiapan yang dilakukan akan sangat bersentuhan dengan bagaimana sumber daya manusia yang ada ditingkatkan kualitasnya dengan memberikan berbagai keterampilan hidup (life skill) dan menambah wawasan kewirausahaan. Menjadi seorang wira-usahawan (Entrepreneur) yang terdidik dan terlatih dalam menghadapi tantangan serta mampu mencari peluang bisnis yang ada merupakan suatu alternatif yang menguntungkan bagi para peserta untuk diterapkan dalam kehidupan nyata.
DESKRIPSI MATERI TRAINING :
Dalam materi training ini para peserta akan memperoleh pengetahuan tentang teori dan praktek kewirausahaan. Para peserta mampu melakukan perancangan tempat usaha, jenis usaha, komoditi marketing plan, melaksanakan, merintis dan mengembangkan profesi wirausaha. Peserta diberikan pembekalan berupa penanaman sikap dan perilaku sebagai seorang wirausaha yang memiliki etika mengetahui faktor pendorong berkembangnya sebuah usaha, serta mengetahui success and fail story dari para pengusaha di lapangan, sehingga mendorong para peserta untuk lebih menekuni profesi ini ataupun sebagai pendamping pelaku wirausaha itu sendiri.
CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Pengertian Kewirausahaan: peserta dapat mengerti dan mempelajari ciri-ciri/Karakterkewirausahaan, perbedaan istilah wirausaha dengan kewirausahan dengan kewiraswastaan
2. Menumbuhkan Minat dan dorongan wirausaha : motivasi. Memberikan motivasi dan pengertian mendalam mengenai wirausaha dan memberikan impulse untuk melakukan wirausaha
3. Etika Bisnis. Peserta dapat mengetahui dan mengimplementasikan etika-etika dalam melakukan kegiatan wirausaha, sehingga dapat bersikap profesional
4. Bentuk-bentuk usaha dan syarat-syarat pendirian – Perusahaan mandiri/perseorangan : di dunia .
a. CV
b. PT
c. Waralaba (Franchise)
d. Direct Selling
e. MLM
Peserta mengerti dengan benar arah tujuan dari pembentukan usaha yang diinginkan
5. Permodalan : Pengadaan dan Penggunaan Modal. Peserta memiliki gambaran dan mengerti bagaimana untuk memperoleh modal dan sekaligus melakukan inovasi terhadap usaha perolehan modalnya
6. Peluang Usaha :
a. Analisis Peluang Pasar
b. Analisis Kelayakan Finansial
Melalui penjelasan ini peserta mampu melakukan kebijakan strategis dan melakukan counter effect dari setiap negative effect market yang timbul
7. Peluang Usaha :
a. Penilaian Kemampuan Organisasional
b. Analisis Persaingan
Peserta mampu untuk membuat business plan dan marketing plan
8. Inovasi dalam kewirausahaan. Memicu peserta untuk berpikiran creative dan melakukan terobosan-terobosan
9. Konsultasi Strategic Bisnis Plan dan Strategic Marketing Plan. Tanya jawab terbuka dan sharing untuk mengoptimalkan dapat dilakukan tambahan role playing
VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll
TRAINING DURATION : 3 hari
WAKTU TRAINING :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 5 Januari 2024 | 5 – 7 Februari 2024 | 4 – 6 Maret 2024 | 1 – 3 April 2024 |
8 – 10 Januari 2024 | 12 – 14 Februari 2024 | 12 – 14 Maret 2024 | 22 – 24 April 2024 |
15 – 17 Januari 2024 | 19 – 21 Februari 2024 | 18 – 20 Maret 2024 | 29 April – 1 Mei 2024 |
22 – 24 Januari 2024 | 26 – 28 Februari 2024 | 25 – 27 Maret 2024 | |
29 – 31 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 8 Mei 2024 | 3 – 5 Juni 2024 | 1 – 3 Juli 2024 | 5 – 7 Agustus 2024 |
13 – 15 Mei 2024 | 10 – 12 Juni 2024 | 8 – 10 Juli 2024 | 12 – 14 Agustus 2024 |
20 – 22 Mei 2024 | 19 – 21 Juni 2024 | 15 – 17 Juli 2024 | 19 – 21 Agustus 2024 |
27 – 29 Mei 2024 | 24 – 26 Juni 2024 | 22 – 24 Juli 2024 | 26 – 28 Agustus 2024 |
29 – 31 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 4 September 2024 | 1 – 3 Oktober 2024 | 4 – 6 November 2024 | 2 – 4 Desember 2024 |
9 – 11 September 2024 | 7 – 9 Oktober 2024 | 11 – 13 November 2024 | 9 – 11 Desember 2024 |
16 – 18 September 2024 | 14 – 16 Oktober 2024 | 18 – 20 November 2024 | 16 – 18 Desember 2024 |
23 – 25 September 2024 | 21 – 23 Oktober 2024 | 25 – 27 November 2024 | 26 – 28 Desember 2024 |
28 – 30 Oktober 2024 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified