Silabus Training:
MANAJEMEN STRATEGI
PENGANTAR DAN TUJUAN :
Lingkungan makro dan stakeholder perusahaan yang berubah sangat cepat dan seringkali di luar dugaan, terkadang membuat para eksekutif dan pengambil keputusan bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Keadaan seperti ini sangatlah berbahaya karena mungkin kompetitor sudah terlebih dahulu menyikapi perubahan itu dengan tepat. Perusahaan harus mampu secara proaktif memprediksi dan mengantisipasi perubahan itu dan melakukan reevaluasi konsep manajemen strateginya dan membuat keputusan strategis dengan cepat dan tepat.
Training tiga hari ini akan difokuskan pada pembahasan konsep manajemen strategi, konsep Balanced Scorecards secara utuh, terintegrasi dan praktis. Seminar ini akan dilakukan dengan case method sehingga mudah dipahami dan dapat merangsang diskusi mendalam terhadap setiap topik yang dibahas.
CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Memahami dinamika lingkungan perusahaan.
a. Dinamika lingkungan makro.
b. Dinamika stakeholder perusahaan.
c. Analisis SWOT ( Strength, weakness, opportunity dan threat).
d. Kajian perlunya reevaluasi dan perumusan kembali visi dan misi perusahaan.
2. Kerangka analisis strategi.
a. Pengertian manajemen strategi.
b. Strategic management process.
c. Strategi fungsi bisnis.
d. Sistematika penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP).
3. Perubahan lingkungan bisnis, proses bisnis dan konsekuensinya.
a. Manajemen Perubahan.
b. Tuntutan dunia bisnis.
c. Paradigma world -class company.
d. Konsep Innovation arrow.
4. Perumusan kembali Visi dan Misi Perusahaan.
a. Definisi Visi dan Misi.
b. Rumusan Visi dan Misi yang efektif
c. Strategic Framework..
d. Implikasi Visi dan misi terhadap strategi dasar korporat.
e. Contoh Visi dan Misi beberapa perusahaan dan BUMN.
5. Value Chain Analysis
a. Apa yang dimasksud dengan value chain.
b. Ilustrasi value chain untuk perusahaan minyak dan gas, perusahaan jasa, kontraktor dll.
c. Latihan membuat value chain analysis.
6. Menjabarkan strategi kedalam aktivitas perusahaan dengan menggunakan Balanced Scorecards.
a. Pengertian Balanced Scorecards.
b. Mengukur strategi bisnis dari perspektif keuangan.
c. Mengukur strategi bisnis dari perspektif pelanggan.
d. Perspektif proses bisnis internal.
e. Learning and growth perspectives.
f. Menghubungkan Balanced Scorecards dengan strategi perusahaan.
7. Studi kasus dan diskusi interaktif
a. Dalam studi kasus ini akan dibahas beberapa kasus manajemen strategi di BUMN dan swasta.
TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll
DURASI TRAINING : 3 days
WAKTU TRAINING :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 5 Januari 2024 | 5 – 7 Februari 2024 | 4 – 6 Maret 2024 | 1 – 3 April 2024 |
8 – 10 Januari 2024 | 12 – 14 Februari 2024 | 12 – 14 Maret 2024 | 22 – 24 April 2024 |
15 – 17 Januari 2024 | 19 – 21 Februari 2024 | 18 – 20 Maret 2024 | 29 April – 1 Mei 2024 |
22 – 24 Januari 2024 | 26 – 28 Februari 2024 | 25 – 27 Maret 2024 | |
29 – 31 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 8 Mei 2024 | 3 – 5 Juni 2024 | 1 – 3 Juli 2024 | 5 – 7 Agustus 2024 |
13 – 15 Mei 2024 | 10 – 12 Juni 2024 | 8 – 10 Juli 2024 | 12 – 14 Agustus 2024 |
20 – 22 Mei 2024 | 19 – 21 Juni 2024 | 15 – 17 Juli 2024 | 19 – 21 Agustus 2024 |
27 – 29 Mei 2024 | 24 – 26 Juni 2024 | 22 – 24 Juli 2024 | 26 – 28 Agustus 2024 |
29 – 31 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 4 September 2024 | 1 – 3 Oktober 2024 | 4 – 6 November 2024 | 2 – 4 Desember 2024 |
9 – 11 September 2024 | 7 – 9 Oktober 2024 | 11 – 13 November 2024 | 9 – 11 Desember 2024 |
16 – 18 September 2024 | 14 – 16 Oktober 2024 | 18 – 20 November 2024 | 16 – 18 Desember 2024 |
23 – 25 September 2024 | 21 – 23 Oktober 2024 | 25 – 27 November 2024 | 26 – 28 Desember 2024 |
28 – 30 Oktober 2024 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified