fbpx

MENJADI PRIBADI YANG ASERTIF

Silabus Training :
MENJADI PRIBADI YANG ASERTIF

PENDAHULUAN :
Interaksi individu, baik di tempat kerja, di rumah, maupun di lingkungan masyarakat tidak dapat dihindari. Hubungan yang harmonis antar individu dapat terjalin jika individu memiliki perilaku asertif. Perilaku asertif adalah perilaku yang selalu menyatakan suatu ide, opini, dan keinginan secara langsung tanpa menyinggung pihak lain serta cara untuk menyelesaikan masalah interpersonal tanpa merusak suatu hubungan. Penelitian membuktikan bahwa untuk dapat menjadi pribadi yang asertif dibutuhkan beberapa keterampilan, termasuk untuk memulai dan memelihara percakapan, mendorong perilaku asertif pada orang lain, merespon kritik dengan tepat, menyampaikan umpan balik negatif yang dapat diterima, mengungkapkan penghargaan atau kegembiraan, membuat permintaan, memberi batasan atau menolak permintaan, menyampaikan kepercayaan/keyakinan diri secara verbal dan non-verbal, dan mengungkapkan pendapat dan perasaan dengan tepat. Pelatihan ini dirancang untuk membangun perilaku asertif berdasarkan teori kognitif dan psikologi tingkah laku.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Pengantar
a. Pengertian dan ciri-ciri perilaku asertif
b. Pentingnya perilaku asertif
c. Aturan-aturan dalam perilaku asertif
2. Mengenali tingkat asertif diri sendiri
a. Di tempat kerja
b. Di rumah
c. Secara umum
3. Mempersiapkan diri untuk menjadi asertif
a. Kontrol emosi
b. Pribadi yang kalem
c. Berfikir positif
1. Mawas diri (self-awareness)
2. Penilaian diri (self-esteem)
3. Citra diri yang positif (positive self-image)
4. Bahasa yang positif
5. Berbicara yang positif
6. Mencari hasil yang positif dalam menyelesaikan konflik
d. Mengenali hak dasar diri sendiri dan orang lain
4. Teknik-teknik bertindak asertif
a. Memberikan umpan balik
b. Meminta umpan balik dari orang lain
c. Menentukan batasan
d. Membuat permintaan
e. Berlaku persisten
f. Membingkai kembali
g. Mengabaikan provokasi
h. Merespon kritik
5. Praktek berperilaku asertif (implementasi di berbagai situasi dan kondisi)

MANFAAT YANG DIPEROLEH :
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu berperilaku asertif baik di tempat kerja, di rumah, maupun di lingkungan masyarakat.

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI ? :
Pimpinan (manager/supervisor/headsection) atau staf/personnel field yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam berperilaku asertif.

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Modul Training
2. Flash Disk berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified