Training Syllabus:
PMBOK PROJECT MANAGEMENT
TRAINING OVERVIEW:
Manajemen proyek merupakan proses perencanaan, pengaturan, dan pengendalian suatu proyek dengan memanfaatkan sumber daya (manusia, material, equipment, technology) secara optimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen proyek melakukan pengelolaan aspek pekerjaan, waktu, biaya serta kualitas. Apabila aspek-aspek tersebut dapat dikelola dengan baik, maka tercapailah keberhasilan penyelenggaraan suatu proyek.
Pengelolaan Manajemen Proyek yang baik tentunya perlu mengacu ke suatu good best practices dan standard agar proses-proses yang digunakan merupakan proses-proses yang telah teruji (proven). Salah satu standard defacto di bidang Manajemen Proyek yang sangat terkenal di seluruh dunia dan banyak diadopsi berbagai negara adalah PROJECT MANAGEMENT BODY OF KNOWLEDGES (PMBOK) yang diterbitkan oleh Project Management Institute (PMI) – USA. Menurut PMI-USA, Manajemen proyek adalah penerapan pengetahuan, keahlian, alat bantu dan tehnik pada aktivitas proyek untuk memenuhi Project Requirement.
APA ITU PMBOK?
Project Management Body of Knowledges (PMBOK ®) adalah standar defacto yang diakui secara internasional (IEEE, ANSI dan ISO 21500) yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan, keterampilan, peralatan, dan teknik untuk memenuhi persyaratan proyek. Panduan PMBOK VERSI TERBARU yaitu 5th edition tahun 2013 mendefinisikan siklus hidup proyek dengan 5 kelompok proses, 10 bidang pengetahuan dan proses 47 dari profesi manajemen proyek.
Pelatihan intensif selama 3 hari ini akan membahas manajemen proyek berdasarkan PMBOK 5th Edition tahun 2013 sehingga para peserta akan memahami secara komprehensif tentang PMBOK. Juga para peserta akan difasilitasi menggunakan Microsoft Project ketika membuat Jadwal Proyek, Menyusun Budgeting Proyek, Menyusun Project Plan ( Rencana Proyek), serta mengukur kinerja proyek menggunakan Earned Value Analysis yang outputnya adalah Kurva S.
WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING?:
Pelatihan ini ditujukan untuk Project Manager yang sedang mengelola proyek berskala menengah-ke-skala besar dan cross-functional projects. Manajer fungsional, manajer lini, dan arsitek yang bekerja sebagai group leaders pada pada proyek dan bertanggung jawab mengembangkan bagian dari proyek atau sub-proyek seharusnya juga hadir.
Secara khusus pelatihan ini dirancang untuk:
Project Managers, Architects & Groups Leaders, Functional & Line Managers, IT. Juga dapat dihadiri oleh Project Team Member, Developers and Staff, Advanced Project Managers, Senior Managers, Business Analysts, PMO/Project Specialist, Technical, Non-Technical, Pharma/Biomed, dan lain-lain.
TRAINING OBJECTIVES:
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan Para Peserta akan:
Memahami secara komprehensif Project Management Body of Knowledge (PMBOK 5th edition tahun 2013 -PMI, USA
Mampu menggunakan Processes PM ( PMBOK 2013) ke dalam Proyek
Memperoleh skill penggunaan PM Software yaitu Microsoft Project versi 2007 atau 2010, khususnya: membuat Jadwal Proyek, Menyusun Budgeting Proyek, Menyusun Project Plan ( Rencana Proyek), serta mengukur kinerja proyek menggunakan Earned Value Analysis yang outputnya adalah Kurva S.
TRAINING BENEFITS:
Para peserta akan mendapatkan PROJECT MANAGEMENT TOOLKIT terdiri dari Bahan Belajar, Referensi, Proses dan Template, Contoh Studi Kasus Proyek dan Proyek Real
Para peserta akan difasiltasi langsung oleh Trainer yang berpengalaman dan pemegang sertifikasi International bidang Project Management. Trainer juga akan membimbing peserta dalam Sesi Studi Kasus menggunakan Pendekatan Hands-on
Para Peserta akan mendapatkan skill penggunaan Microsoft Project 2007/2010 dalam waktu singkat/to the point dan secara komprehensif dan terarah dibawah bimbingan training yang berpengalaman dan trampil
TRAINING MATERIAL OUTLINE:
DAY 1:
Introduction & Project Management Concepts
All about Project Management Certifications
Project Management definitions
Organizational structure
Project life cycle and the project management process groups and knowledge areas
Code of ethics and professional responsibility
Project Integration Management
Overview of Project Integration Management
Develop project charter and project management plan
Direct, manage, monitor and control project work
Perform integrated change control
Close project or phase
Project Scope Management
Overview of Project Scope Management
Plan scope management
Collect requirements
Define scope
Create WBS
Validate and control scope
SIMULATION BY TRAINER: How to develop PROJECT PLAN using Samples of Real Projects
Using Microsoft Project 2007/2010: Defining Project Scope, WBS
Exercises and Case Studies
DAY 2:
Project Time Management
Overview of Project Time Management
Plan schedule management
Define and sequence activities
Estimate activity resources and duration
Develop and control schedule
Project Cost Management
Overview of Project Cost Management
Plan cost management
Estimate costs and determine budget
Control costs
Project Quality Management
Overview of Project Quality Management
Plan quality management
Perform quality assurance
Control quality
Project Human Resource Management
Overview of Project Human Resource Management
Plan human resource management
Acquire, develop and manage project team
Using Microsoft Project 2007/2010: Developing Project Schedule, and Project Budgeting
Exercises and Case Studies
DAY 3:
Project Communications Management
Overview of Project Communications Management
Plan communications management
Manage and control communications
Project Risk Management
Overview of Project Risk Managem
Plan risk management
Identify risks
Perform qualitative & quantitative ris
Plan risk response
Control risks
Project Procurement Management
Overview of Project Procurement Management
Plan procurement management
Conduct, control & close procurements
Project Stakeholder Management
Overview of Stakeholder Management
Identify stakeholders
Plan stakeholder management
Manage and control stakeholder engagement
Using Microsoft Project 2007/2010: Developing Project Plan, Earned Value Analysis
Exercises and Case Studies
Catatan:
Studi Kasus Manajemen Proyek akan diselesaikan oleh satu grup yang terdiri dari 3 sampai dengan 5 orang. Disarankan seluruh peserta membawa Notebook/Laptop ke dalam kelas untuk mengerjakan sesi studi kasus.
VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION : 3 days
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 5 Januari 2024 | 5 – 7 Februari 2024 | 4 – 6 Maret 2024 | 1 – 3 April 2024 |
8 – 10 Januari 2024 | 12 – 14 Februari 2024 | 12 – 14 Maret 2024 | 22 – 24 April 2024 |
15 – 17 Januari 2024 | 19 – 21 Februari 2024 | 18 – 20 Maret 2024 | 29 April – 1 Mei 2024 |
22 – 24 Januari 2024 | 26 – 28 Februari 2024 | 25 – 27 Maret 2024 | |
29 – 31 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 8 Mei 2024 | 3 – 5 Juni 2024 | 1 – 3 Juli 2024 | 5 – 7 Agustus 2024 |
13 – 15 Mei 2024 | 10 – 12 Juni 2024 | 8 – 10 Juli 2024 | 12 – 14 Agustus 2024 |
20 – 22 Mei 2024 | 19 – 21 Juni 2024 | 15 – 17 Juli 2024 | 19 – 21 Agustus 2024 |
27 – 29 Mei 2024 | 24 – 26 Juni 2024 | 22 – 24 Juli 2024 | 26 – 28 Agustus 2024 |
29 – 31 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 4 September 2024 | 1 – 3 Oktober 2024 | 4 – 6 November 2024 | 2 – 4 Desember 2024 |
9 – 11 September 2024 | 7 – 9 Oktober 2024 | 11 – 13 November 2024 | 9 – 11 Desember 2024 |
16 – 18 September 2024 | 14 – 16 Oktober 2024 | 18 – 20 November 2024 | 16 – 18 Desember 2024 |
23 – 25 September 2024 | 21 – 23 Oktober 2024 | 25 – 27 November 2024 | 26 – 28 Desember 2024 |
28 – 30 Oktober 2024 |
INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor