fbpx

PMBOK PROJECT MANAGEMENT

Training Syllabus:
PMBOK PROJECT MANAGEMENT

TRAINING OVERVIEW:
Manajemen proyek merupakan proses perencanaan, pengaturan, dan pengendalian suatu proyek dengan memanfaatkan sumber daya (manusia, material, equipment, technology) secara optimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen proyek melakukan pengelolaan aspek pekerjaan, waktu, biaya serta kualitas. Apabila aspek-aspek tersebut dapat dikelola dengan baik, maka tercapailah keberhasilan penyelenggaraan suatu proyek.
Pengelolaan Manajemen Proyek yang baik tentunya perlu mengacu ke suatu good best practices dan standard agar proses-proses yang digunakan merupakan proses-proses yang telah teruji (proven). Salah satu standard defacto di bidang Manajemen Proyek yang sangat terkenal di seluruh dunia dan banyak diadopsi berbagai negara adalah PROJECT MANAGEMENT BODY OF KNOWLEDGES (PMBOK) yang diterbitkan oleh Project Management Institute (PMI) – USA. Menurut PMI-USA, Manajemen proyek adalah penerapan pengetahuan, keahlian, alat bantu dan tehnik pada aktivitas proyek untuk memenuhi Project Requirement.
APA ITU PMBOK?
Project Management Body of Knowledges (PMBOK ®) adalah standar defacto yang diakui secara internasional (IEEE, ANSI dan ISO 21500) yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan, keterampilan, peralatan, dan teknik untuk memenuhi persyaratan proyek. Panduan PMBOK VERSI TERBARU yaitu 5th edition tahun 2013 mendefinisikan siklus hidup proyek dengan 5 kelompok proses, 10 bidang pengetahuan dan proses 47 dari profesi manajemen proyek.
Pelatihan intensif selama 3 hari ini akan membahas manajemen proyek berdasarkan PMBOK 5th Edition tahun 2013 sehingga para peserta akan memahami secara komprehensif tentang PMBOK. Juga para peserta akan difasilitasi menggunakan Microsoft Project ketika membuat Jadwal Proyek, Menyusun Budgeting Proyek, Menyusun Project Plan ( Rencana Proyek), serta mengukur kinerja proyek menggunakan Earned Value Analysis yang outputnya adalah Kurva S.

WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING?:
Pelatihan ini ditujukan untuk Project Manager yang sedang mengelola proyek berskala menengah-ke-skala besar dan cross-functional projects. Manajer fungsional, manajer lini, dan arsitek yang bekerja sebagai group leaders pada pada proyek dan bertanggung jawab mengembangkan bagian dari proyek atau sub-proyek seharusnya juga hadir.
Secara khusus pelatihan ini dirancang untuk:
Project Managers, Architects & Groups Leaders, Functional & Line Managers, IT. Juga dapat dihadiri oleh Project Team Member, Developers and Staff, Advanced Project Managers, Senior Managers, Business Analysts, PMO/Project Specialist, Technical, Non-Technical, Pharma/Biomed, dan lain-lain.

TRAINING OBJECTIVES:
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan Para Peserta akan:
 Memahami secara komprehensif Project Management Body of Knowledge (PMBOK 5th edition tahun 2013 -PMI, USA
 Mampu menggunakan Processes PM ( PMBOK 2013) ke dalam Proyek
 Memperoleh skill penggunaan PM Software yaitu Microsoft Project versi 2007 atau 2010, khususnya: membuat Jadwal Proyek, Menyusun Budgeting Proyek, Menyusun Project Plan ( Rencana Proyek), serta mengukur kinerja proyek menggunakan Earned Value Analysis yang outputnya adalah Kurva S.

TRAINING BENEFITS:
 Para peserta akan mendapatkan PROJECT MANAGEMENT TOOLKIT terdiri dari Bahan Belajar, Referensi, Proses dan Template, Contoh Studi Kasus Proyek dan Proyek Real
 Para peserta akan difasiltasi langsung oleh Trainer yang berpengalaman dan pemegang sertifikasi International bidang Project Management. Trainer juga akan membimbing peserta dalam Sesi Studi Kasus menggunakan Pendekatan Hands-on
 Para Peserta akan mendapatkan skill penggunaan Microsoft Project 2007/2010 dalam waktu singkat/to the point dan secara komprehensif dan terarah dibawah bimbingan training yang berpengalaman dan trampil
TRAINING MATERIAL OUTLINE:
DAY 1:
Introduction & Project Management Concepts
 All about Project Management Certifications
 Project Management definitions
 Organizational structure
 Project life cycle and the project management process groups and knowledge areas
 Code of ethics and professional responsibility
Project Integration Management
 Overview of Project Integration Management
 Develop project charter and project management plan
 Direct, manage, monitor and control project work
 Perform integrated change control
 Close project or phase
Project Scope Management
 Overview of Project Scope Management
 Plan scope management
 Collect requirements
 Define scope
 Create WBS
 Validate and control scope
SIMULATION BY TRAINER: How to develop PROJECT PLAN using Samples of Real Projects
Using Microsoft Project 2007/2010: Defining Project Scope, WBS
Exercises and Case Studies
DAY 2:
Project Time Management
 Overview of Project Time Management
 Plan schedule management
 Define and sequence activities
 Estimate activity resources and duration
 Develop and control schedule
Project Cost Management
 Overview of Project Cost Management
 Plan cost management
 Estimate costs and determine budget
 Control costs
Project Quality Management
 Overview of Project Quality Management
 Plan quality management
 Perform quality assurance
 Control quality
Project Human Resource Management
 Overview of Project Human Resource Management
 Plan human resource management
 Acquire, develop and manage project team
Using Microsoft Project 2007/2010: Developing Project Schedule, and Project Budgeting
Exercises and Case Studies
DAY 3:
Project Communications Management
 Overview of Project Communications Management
 Plan communications management
 Manage and control communications
Project Risk Management
 Overview of Project Risk Managem
 Plan risk management
 Identify risks
 Perform qualitative & quantitative ris
 Plan risk response
 Control risks
Project Procurement Management
 Overview of Project Procurement Management
 Plan procurement management
 Conduct, control & close procurements
Project Stakeholder Management
 Overview of Stakeholder Management
 Identify stakeholders
 Plan stakeholder management
 Manage and control stakeholder engagement
Using Microsoft Project 2007/2010: Developing Project Plan, Earned Value Analysis
Exercises and Case Studies
Catatan:
Studi Kasus Manajemen Proyek akan diselesaikan oleh satu grup yang terdiri dari 3 sampai dengan 5 orang. Disarankan seluruh peserta membawa Notebook/Laptop ke dalam kelas untuk mengerjakan sesi studi kasus.

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2024 Februari 2024 Maret 2024 April 2024
3 – 5 Januari 2024 5 – 7 Februari 2024 4 – 6 Maret 2024 1 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 2024 12 – 14 Februari 2024 12 – 14 Maret 2024 22 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 2024 19 – 21 Februari 2024 18 – 20 Maret 2024 29 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 2024 26 – 28 Februari 2024 25 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024 Juni 2024 Juli 2024 Agustus 2024
6 – 8 Mei 2024 3 – 5 Juni 2024 1 – 3 Juli 2024 5 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 2024 10 – 12 Juni 2024 8 – 10 Juli 2024 12 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 2024 19 – 21 Juni 2024 15 – 17 Juli 2024 19 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 2024 24 – 26 Juni 2024 22 – 24 Juli 2024 26 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024 Oktober 2024 November 2024 Desember 2024
2 – 4 September 2024 1 – 3 Oktober 2024 4 – 6 November 2024 2 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 2024 7 – 9 Oktober 2024 11 – 13 November 2024 9 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 2024 14 – 16 Oktober 2024 18 – 20 November 2024 16 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 2024 21 – 23 Oktober 2024 25 – 27 November 2024 26 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor