PROJECT QUALITY MANAGEMENT

Training Syllabus:
PROJECT QUALITY MANAGEMENT

TRAINING OVERVIEW:
Mengelola kualitas pada proyek Anda berarti bahwa Anda harus terlebih dahulu memahami harapan kualitas tertentu dari pelanggan Anda dan kemudian menempatkan rencana proaktif untuk memenuhi harapan tersebut. “Rencana proaktif ” berisi sejumlah elemen – yang paling penting adalah kegiatan kontrol kualitas (Quality Control) dan jaminan kualitas (Quality Assurance) yang perlu dilakukan .
Kontrol kualitas (QC) dan jaminan kualitas adalah konsep penting , namun sebagian besar manajer proyek hanya memiliki pemahaman yang masih samar-samar tentang makna dan perbedaan antara istilah-istilah ini .
Kontrol kualitas (QC) merujuk ke kegiatan yang terkait dengan kualitas ketika membuat project deliverables. Kontrol kualitas digunakan untuk memverifikasi bahwa kualitas dari deliverables dapat diterima, lengkap, dan benar. Contoh kegiatan Quality Control termasuk deliverable peer review dan proses pengujian (Testing Process).
Jaminan Kualitas (QA) mengacu pada proses yang digunakan untuk membuat deliverable , dan dapat dilakukan oleh seorang manajer , klien , atau bahkan third party reviewer. Contoh jaminan kualitas termasuk checklist proses dan audit proyek. Jika proyek Anda akan diaudit , misalnya , auditor mungkin tidak dapat memberitahukan apakah isi dari deliverable tertentu dapat diterima (quality control). Namun, auditor seharusnya mampu memberitahukan apakah deliverables tampaknya dapat diterima berdasarkan pada proses yang digunakan untuk membuat deliverable tersebut (Quality Assurance). Itulah sebabnya auditor proyek dapat melakukan review jaminan kualitas pada proyek Anda , bahkan jika mereka tidak tahu secara spesifik apa yang Anda deliver.. Mereka tidak tahu proyek Anda , tapi mereka tahu seperti apakah proses yang baik itu

TRAINING OBJECTIVES:
Setelah menyelesaikan pelatihan ini , peserta akan dapat
• Memahami pentingnya manajemen mutu proyek untuk produk teknologi informasi dan layanan teknologi informasi
• Mendefinisikan manajemen mutu proyek dan memahami bagaimana kualitas berkaitan dengan berbagai aspek proyek
• Menggambarkan perencanaan kualitas dan kaitannya dengan lingkup manajemen proyek
• Membahas pentingnya jaminan kualitas
• Membuat daftar tiga output dari proses kontrol kualitas
• Memahami tools dan tehnik untuk pengendalian kualitas, seperti analisis Pareto , sampling statistik , Six Sigma , grafik kontrol kualitas dan pengujian
• Menerapkan proses-proses yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa proyek akan memenuhi kebutuhan sebagaimana yang sudah disetujui.
• Melaksanakan semua kegiatan dari fungsi manajemen secara keseluruhan yang menentukan tujuan kebijakan mutu dan tanggung jawab
• Mengidentifikasi dan menggunakan kualitas dan produktivitas pengukuran dan tools perbaikan terus menerus (improvement)
• Mengidentifikasi standar kualitas termasuk ISO 9000

TRAINING MATERIAL OUTLINE:
HARI ke 1
1. Quality Control and Closure Project Quality
• What Is Quality?
• History of Modern Quality
• Project Quality Management

2. Planning Quality
• The Process of Planning Quality
• Systems Thinking in Planning Quality
• Role of Stakeholders in Quality
• Quality Requirements
• Quality Planning Tools

3. Exercises and Discussion

4. Hands-On Exercises (Part I)
• Illustrate the Importance of Quality
• Define Quality
• Define the At tributes of Qualaity
• Distinguish Between Quality and Grade
• Propose a Quality Program f or Your Workplace
• Identify Quality in the Triple Constraint

HARI ke 2
1. Performing Quality Assurance
• The Process of Perf orming Quality Assurance
• Process Analysis Tools
• Quality Assurance as Part of the Critical Path

2. Exercises and Discussion

3. Hands-On Exercises (Part II)
• Develop a Quality Management Plan
• Determine the Impact of Quality Assurance Activities on the Critical Path
• Select Quality Assurance Tools
• Perform a Stakeholder AnalysisCase Studies
• Identify Positive and Negative Risks for Your Project
• Prioritize Requirements

HARI ke 3
1. Performing Quality Control
• The Process of Perf orming Quality Control
• Measurement and Tracking Tools
• Problem Solving and Decision Making
• Using Quality Assurance and Control Tools
• Quality Control and Closure
2. Exercises and Discussion
3. Hands-On Exercises (Part III)
• Create a Pareto Chart
• Draw a Cause and Effect Diagram
• Plan and Performa Quality Audit
Group Presentation
Overall Discussion

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Jan 20245 – 7 Feb 20244 – 6 Mar 20241 – 3 Apr 2024
8 – 10 Jan 202412 – 14 Feb 202412 – 14 Mar 202422 – 24 Apr 2024
15 – 17 Jan 202419 – 21 Feb 202418 – 20 Mar 202429 Apr – 1 Mei 2024
22 – 24 Jan 202426 – 28 Feb 202425 – 27 Mar 2024
29 – 31 Jan 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 Sep 20241 – 3 Okt 20244 – 6 Nov 20242 – 4 Des 2024
9 – 11 Sep 20247 – 9 Okt 202411 – 13 Nov 20249 – 11 Des 2024
16 – 18 Sep 202414 – 16 Okt 202418 – 20 Nov 202416 – 18 Des 2024
23 – 25 Sep 202421 – 23 Okt 202425 – 27 Nov 202426 – 28 Des 2024
28 – 30 Okt 2024

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor