fbpx

SALESMANSHIP SKILLS : VALUE-BASED SELLING

Training Syllabus :
SALESMANSHIP SKILLS : VALUE-BASED SELLING

PENDAHULUAN :
Value-Based Selling (VBS) adalah keterampilan penjualan yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan konsumen. Teknik ini secara luas dikenal sebagai sebuah teknik yang efektif karena kesan customer-orientednya. Menguasai keterampilan VBS akan membantu seorang penjual untuk menggali kebutuhan dari konsumennya, mempresentasikan produk sesuai kebutuhan konsumennya, dan menutup penjualan secara elegan. Peserta juga dibekali teknik-teknik dasar dari NLP (Neuro-Linguistic Programming) sehingga peserta memiliki keterampilan tambahan dalam mengoptimalkan penggunaan kata-kata dan bahasa tubuhnya.

TUJUAN TRAINING :
 Peserta memahami konsep penjualan berbasis nilai.
 Peserta memahami siklus penjualan yang efektif.
 Peserta memahami strategi menyesuaikan pendekatan pada konsumen.
 Peserta memahami strategi menggali kebutuhan konsumen dengan mengajukan pertanyaan yang tepat.
 Peserta memahami strategi mempresentasikan produk kepada konsumen yang berbeda-beda.
 Peserta memahami strategi menutup penjualan yang efektif.
 Peserta memahami pentingnya melakukan follow up dan after sales service.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Personal Excellence for Sales Person
• Mampu mengelola kondisi pikiran dan mental sehingga mampu bertindak tepat di waktu yang dibutuhkan (menelpon, membuat janji, presentasi dll).
• Mampu menyikapi “kegagalan” (penolakan, keberatan, pelecehan, dll) dengan bijak dan tetap mempertahankan sikap mental positif.
• Memahami kekuatan fleksibilitas dalam mengelola kesuksesan pribadi (self-regulation).
2. Selling 1o1
• Memahami piramida penjualan yang efektif
• Strategi 4 langkah dalam penjualan :
– Menciptakan dan mempertahankan hubungan dengan calon pelanggan
– Menemukan kebutuhan: mengajukan pertanyaan
– Mempresentasikan solusi
– Mendapatkan komitmen
3. Establish Rapport
• Strategi membangun dan mempertahankan hubungan yang bernilai dengan calon pelanggan.
• Melatih teknik instan untuk membangun kepercayaan dari prospek.
4. Questions are the Answers
• Strategi bertanya untuk menggali kebutuhan calon pelanggan.
• Strategi bertanya untuk mengenali profil motivasi calon pelanggan.
5. Brain-Friendly Presentation
• Memahami 3 saluran informasi ke otak manusia : visual, auditori, kinestetik.
• Memahami tipe informasi pelanggan dengan cepat.
• Memahami strategi presentasi multi inderawi yang ramah otak.
6. Closing, Follow Up, After Sales Service
• Melatih tiga strategi closing yang efektif.
• Strategi reframing untuk menangani keberatan.
• Memahami pentingnya follow up & after sales service.

METODE PELATIHAN :
Pelatihan ini menekankan pada aspek praktikal, dimana peserta akan dilibatkan secara aktif dalam proses berlatih. Dengan filososfi:
 Simple: menyederhanakan hal-hal kompleks, menyajikan hal-hal yang mendasar.
 Practical: praktis, bermanfaat, relevan dengan konteks pekerjaan/kehidupan peserta
 Fun: disajikan dengan menyenangkan, melibatkan peserta secara aktif dan multi-inderawi dengan mengombinasikan: Presentasi Audio-Visual, Diskusi dan Studi Kasus, Praktek dan Simulasi, Self Assessment.

SIAPA YANG SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI :
Supervisor Penjualan maupun Staff Penjualan (yang sudah pernah melakukan proses penjualan).

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggusebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (pesertabergroup yang terdiridari 3 pesertaataulebihdari 1 perusahaan yang sama)

FACILITAS UNTUK PESERTA:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor