Training Syllabus :
SALESMANSHIP SKILLS : VALUE-BASED SELLING
PENDAHULUAN :
Value-Based Selling (VBS) adalah keterampilan penjualan yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan konsumen. Teknik ini secara luas dikenal sebagai sebuah teknik yang efektif karena kesan customer-orientednya. Menguasai keterampilan VBS akan membantu seorang penjual untuk menggali kebutuhan dari konsumennya, mempresentasikan produk sesuai kebutuhan konsumennya, dan menutup penjualan secara elegan. Peserta juga dibekali teknik-teknik dasar dari NLP (Neuro-Linguistic Programming) sehingga peserta memiliki keterampilan tambahan dalam mengoptimalkan penggunaan kata-kata dan bahasa tubuhnya.
TUJUAN TRAINING :
Peserta memahami konsep penjualan berbasis nilai.
Peserta memahami siklus penjualan yang efektif.
Peserta memahami strategi menyesuaikan pendekatan pada konsumen.
Peserta memahami strategi menggali kebutuhan konsumen dengan mengajukan pertanyaan yang tepat.
Peserta memahami strategi mempresentasikan produk kepada konsumen yang berbeda-beda.
Peserta memahami strategi menutup penjualan yang efektif.
Peserta memahami pentingnya melakukan follow up dan after sales service.
CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Personal Excellence for Sales Person
• Mampu mengelola kondisi pikiran dan mental sehingga mampu bertindak tepat di waktu yang dibutuhkan (menelpon, membuat janji, presentasi dll).
• Mampu menyikapi “kegagalan” (penolakan, keberatan, pelecehan, dll) dengan bijak dan tetap mempertahankan sikap mental positif.
• Memahami kekuatan fleksibilitas dalam mengelola kesuksesan pribadi (self-regulation).
2. Selling 1o1
• Memahami piramida penjualan yang efektif
• Strategi 4 langkah dalam penjualan :
– Menciptakan dan mempertahankan hubungan dengan calon pelanggan
– Menemukan kebutuhan: mengajukan pertanyaan
– Mempresentasikan solusi
– Mendapatkan komitmen
3. Establish Rapport
• Strategi membangun dan mempertahankan hubungan yang bernilai dengan calon pelanggan.
• Melatih teknik instan untuk membangun kepercayaan dari prospek.
4. Questions are the Answers
• Strategi bertanya untuk menggali kebutuhan calon pelanggan.
• Strategi bertanya untuk mengenali profil motivasi calon pelanggan.
5. Brain-Friendly Presentation
• Memahami 3 saluran informasi ke otak manusia : visual, auditori, kinestetik.
• Memahami tipe informasi pelanggan dengan cepat.
• Memahami strategi presentasi multi inderawi yang ramah otak.
6. Closing, Follow Up, After Sales Service
• Melatih tiga strategi closing yang efektif.
• Strategi reframing untuk menangani keberatan.
• Memahami pentingnya follow up & after sales service.
METODE PELATIHAN :
Pelatihan ini menekankan pada aspek praktikal, dimana peserta akan dilibatkan secara aktif dalam proses berlatih. Dengan filososfi:
Simple: menyederhanakan hal-hal kompleks, menyajikan hal-hal yang mendasar.
Practical: praktis, bermanfaat, relevan dengan konteks pekerjaan/kehidupan peserta
Fun: disajikan dengan menyenangkan, melibatkan peserta secara aktif dan multi-inderawi dengan mengombinasikan: Presentasi Audio-Visual, Diskusi dan Studi Kasus, Praktek dan Simulasi, Self Assessment.
SIAPA YANG SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI :
Supervisor Penjualan maupun Staff Penjualan (yang sudah pernah melakukan proses penjualan).
TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll
DURASI TRAINING : 2 hari
WAKTU TRAINING :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 4 Januari 2024 | 5 – 6 Februari 2024 | 4 – 5 Maret 2024 | 1 – 2 April 2024 |
8 – 9 Januari 2024 | 12 – 13 Februari 2024 | 12 – 13 Maret 2024 | 22 – 23 April 2024 |
15 – 16 Januari 2024 | 19 – 20 Februari 2024 | 18 – 19 Maret 2024 | 29 – 30 April 2024 |
22 – 23 Januari 2024 | 26 – 27 Februari 2024 | 25 – 26 Maret 2024 | |
29 – 30 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 7 Mei 2024 | 3 – 4 Juni 2024 | 1 – 2 Juli 2024 | 5 – 6 Agustus 2024 |
13 – 14 Mei 2024 | 10 – 11 Juni 2024 | 8 – 9 Juli 2024 | 12 – 13 Agustus 2024 |
20 – 21 Mei 2024 | 19 – 20 Juni 2024 | 15 – 16 Juli 2024 | 19 – 20 Agustus 2024 |
27 – 28 Mei 2024 | 24 – 25 Juni 2024 | 22 – 23 Juli 2024 | 26 – 27 Agustus 2024 |
29 – 30 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 3 September 2024 | 1 – 2 Oktober 2024 | 4 – 5 November 2024 | 2 – 3 Desember 2024 |
9 – 10 September 2024 | 7 – 8 Oktober 2024 | 11 – 12 November 2024 | 9 – 10 Desember 2024 |
16 – 17 September 2024 | 14 – 15 Oktober 2024 | 18 – 19 November 2024 | 16 – 17 Desember 2024 |
23 – 24 September 2024 | 21 – 22 Oktober 2024 | 25 – 26 November 2024 | 23 – 24 Desember 2024 |
28 – 29 Oktober 2024 | 30 – 31 Desember 2024 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggusebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (pesertabergroup yang terdiridari 3 pesertaataulebihdari 1 perusahaan yang sama)
FACILITAS UNTUK PESERTA:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor