COMPLAINT HANDLING MANAGEMENT

Silabus Training:

COMPLAINT HANDLING MANAGEMENT

 

PENDAHULUAN:

Indikator bagi kesuksesan sebuah perusahaan bukan semata diukur dari banyak sedikitnya komplain yang mereka terima, namun pada bagaimana perusahaan tersebut menangani dan menindaklanjuti keluhan yang ada. Keluhan konsumen pada dasarnya merupakan bentuk kepedulian konsumen pada perusahaan, sehingga hal ini harus dikelola dengan cara terbaik sehingga menjadi sumber dan inspirasi perbaikan bagi perusahaan.

Keluhan (complaint) menjadi salah titik krusial perjalanan perkembangan perusahaan jika ditinjau dari siklus continous improvement. Keluhan menjadi dasar bagi perbaikan dan penyempurnaan produk maupun layanan yang diberikan perusahaan. Dengan demikian, pengelolaan keluhan yang baik pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas perusahaan secara umum. Pengelolaan keluhan yang baik dan efektif tentu saja tidak hanya melibatkan sistem manajemen yang berkualitas namun juga diimplementasikan oleh orang-orang yang cakap dan berkualitas pula. Pelatihan ini akan menunjukkan bagaimana penangan keluhan memiliki peran penting bagi pertumbuhan perusahaan dan bagaimana mengelolanya. Studi kasus dan role playing akan membantu peserta memahami dan menerapkan materi –materi yang sudah diperoleh.

 

TUJUAN TRAINING:

  • Mendorong serta membantu peserta mengetahui dan memahami peran dan manfaat pengelolaan keluhan bagi keberlanjutan perusahaan
  • Menunjukkan kepada peserta bagaimana keluhan dapat dikelola dengan berbagai cara mulai dari aspek personal hingga korporasional
  • Melatih peserta untuk mampu menghadapi dan mengelola keluhan baik keluhan yang bersifat internal maupun eksternal

 

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  • Pengertian keluhan (complaint)
  • Sistem penanganan keluhan pelanggan
  • Langkah-langkah menangani komplain
  • Menumbuhkan sikap proaktif dalam menghadapi komplain
  • Communication skills dalam menghadapi komplain
  • Pengantar manajemen emosi

 

SIAPA YANG SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI? :

  • Mereka yang menangani keluhan dan aduan dari konsumen
  • Mereka yang bekerja di bidang pengelolaan keluhan perusahaan
  • Para manajer yang terlibat di bidang pengelolaan keluhan dan layanan konsumen

 

METODE TRAINING :

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Games
  • Studi kasus
  • Role play (bermain peran)
  • Simulasi

 

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

TRAINING DURATION :   3 days

 

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

 

INVESTMENT PRICE/PERSON :

  1. 6.500.000/person (full fare) or
  2. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor