EFFECTIVE INVENTORY MANAGEMENT AND MODERN WAREHOUSING FOR SUPPORT PERSONNEL

Silabus Training :
EFFECTIVE INVENTORY MANAGEMENT AND MODERN WAREHOUSING FOR SUPPORT PERSONNEL

PENDAHULUAN :
Peran support personnel dalam pengelolaan persediaan dan pergudangan sangat penting di suatu perusahaan. Agar bisa bekerja dengan baik, support personnel perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan yang memadai mengenai pengelolaan persediaan dan pergudangan. Pengelolaan persediaan dan pergudangan yang efektif adalah kemampuan beradaptasi pada tuntutan untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan proses identifikasi kebutuhan, approval request order, pemesanan, penerimaan, penyimpanan, hingga penyerahan barang kepada pengguna dengan biaya yang efisien. Adanya e-commerce, integrasi pada proses supply chain, era globalisasi, dan proses yang just in time, membuat pengelolaan persediaan dan pergudangan menjadi semakin kompleks. Pelatihan ini memberikan arahan bagi support personnel mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukann berkaitan dengan aktivitas pengelolaan persediaan dan pergudangan agar bisa bekerja secara efektif dan efisien.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Konsep dan paradigma manajemen logistik
a. Pengertian manajemen logistik
b. Tujuan dan misi manajemen logistik
c. Aktivitas-aktivitas dalam manajemen logistik
d. Supply chain management : trend pengelolaan logistik modern
2. Peran manajemen pergudangan dalam kehidupan perusahaan
a. Pengertian gudang dan pergudangan
b. Misi dan fungsi gudang
c. Klasifikasi gudang
d. Trend pergudangan saat ini
e. Aktivitas-aktivitas dalam pergudangan
f. Masalah kritis dalam aktivitas pergudangan
g. Integrasi pergudangan dengan area lain
h. Pemilihan lokasi gudang
3. Proses pemeriksaan dan pengujian barang
a. Dasar pemeriksaan dan pengujian barang
b. Pemeriksaan total dan sampling
c. Destructive dan non destructive test
d. Dasar pemilihan jenis pemeriksaan dan pengujian barang
e. Pemeriksaan sampling
• Dasar pemeriksaan sampling
• Keunggulan dan kelemahan pemeriksaan sampling
• Pemeriksaan optimal berdasarkan biaya pemeriksaan
• Syarat sampel
• Jenis pemeriksaan sampling
• Kesalahan dalam pemeriksaan sampling
• Penentuan jumlah sampel
• Penentuan acceptance level
• Prosedur penolakan
f. Berita Acara Pemeriksaan dan Pengujian Barang
4. Proses penerimaan barang di gudang
a. Aktivitas-aktivitas dalam penerimaan barang
b. Sistem dan prosedur penerimaan barang
c. Pertimbangan dalam proses penerimaan barang
d. Pencatatan dan dokumen penerimaan barang
5. Proses penyimpanan barang
a. Aktivitas-aktivitas dalam penyimpanan barang
b. Sistem dan prosedur penyimpanan barang
c. Pertimbangan dalam proses penyimpanan barang
d. Aktivitas 5 s dalam kegiatan penyimpanan barang
e. Lay-out pergudangan
f. Rak penyimpanan
• Tipe-tipe rak
• Sistem penataan rak
• Sistem penomoran lokasi rak penyimpanan
g. Daerah penyimpanan terbuka
h. Pencatatan dan dokumen penyimpanan barang
6. Proses pengeluaran barang
a. Aktivitas-aktivitas dalam pengeluaran barang
b. Sistem dan prosedur pengeluaran barang
c. Pertimbangan dalam proses pengeluaran barang
d. Pencatatan dan dokumen pengeluaran barang
7. Proses penanganan barang (pemindahan dan bongkar muat)
a. Pertimbangan dalam pemindahan atau bongkar muat barang
b. Alat penanganan barang
c. Pengertian, jenis, ukuran, dan stacking pattern for palet
d. Faktor yang mempengaruhi kelancaran penanganan barang
e. Sarana gudang luar untuk bongkar muat
f. Kesehatan dan keselamatan dalam penanganan barang
8. Manajemen inventori
a. Pengertian dan klasifikasi persediaan
b. Ukuran kinerja pengelolaan persediaan
c. Permasalahan dalam pengendalian persediaan
d. Metoda pengendalian persediaan
• Statistical Inventory Control
• Material Requirement Planning
• Just In Time
• ABC Analysis
9. Tatacara perhitungan nilai persediaan
a. Metoda FIFO
b. Metoda LIFO
c. Metoda Average
10. Inventarisasi dan auditing persediaan
a. Tujuan inventarisasi persediaan
b. Proses inventarisasi persediaan
c. Tujuan audit persediaan persediaan
d. Sumber-sumber ketidakcocokan data laporan dengan data lapangan
e. Pedoman auditing persediaan
f. Proses auditing persediaan
11. Sistem informasi dan komputerisasi manajemen inventori dan pergudangan
a. Pengertian data, informasi, dan sistem manajemen informasi
b. Pembentukan Master File Kodifikasi Barang
c. Pembentukan Master File Persediaan di Gudang
d. Laporan sistem manajemen inventori dan pergudangan
• Laporan status persediaan
• Laporan transaksi barang
• Klasifikasi barang
• Statistik pemakaian barang
• Laporan perhitungan inventory control

MANFAAT YANG DIPEROLEH :
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan memahami cara-cara yang efektif dan efisien dalam aktivitas pengelolaan persediaan dan pergudangan.

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI ? :
Support personnel di bagian logistik

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 4 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
6 - 9 Januari 20253 - 6 Februari 20253 - 6 Maret 20257 - 10 April 2025
13 - 16 Januari 202510 - 13 Februari 202510 - 13 Maret 202514 - 17 April 2025
20 - 23 Januari 202517 - 20 Februari 202517 - 20 Maret 202521 - 24 April 2025
27 - 30 Januari 202524 - 27 Februari 2025 28 Apr - 2 Mei 2025
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 8 Mei 20252 - 5 Juni 20251 - 4 Juli 20254 - 7 Agustus 2025
12 - 15 Mei 20259 - 12 Juni 20257 - 10 Juli 202511 - 14 Agustus 2025
19 - 22 Mei 202516 - 19 Juni 202514 - 17 Juli 202518 - 21 Agustus 2025
26 - 29 Mei 202523 - 26 Juni 202521 - 24 Juli 202525 - 28 Agustus 2025
  28 - 31 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 4 September 20256 - 9 Oktober 20253 - 6 November 20251 - 4 Desember 2025
8 - 11 September 202513 - 16 Oktober 202510 - 13 November 20258 - 11 Desember 2025
15 - 18 September 202520 - 23 Oktober 202517 - 20 November 202515 - 18 Desember 2025
22 - 25 September 202527 - 30 Oktober 202524 - 27 November 202522 - 25 Desember 2025
29 Sep - 2 Okt 2025   

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 8.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 8.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 7.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Modul Training
2. Flash Disk berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified