Training Syllabus:
TEKNIK PENULISAN LAPORAN YANG EFEKTIF
(Effective Report Writing Techniques)
INTRODUCTION :
Penulisan laporan kegiatan merupakan tahap akhir dari suatu kegiatan. Bagian ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian kegiatan yang juga menentukan penilaian sukses tidaknya sebuah kegiatan. Oleh karena itu diperlukan teknik peulisan laporan. Teknik menulis laporan yang efektif hanya dapat diperoleh melalui praktek. Semakin sering seorang staff menulis laporan baik laporan regular atau laporan pekerjaan lainnya, seharusnya semakin trampil dalam menulis laporan secara efektif. Namun dalam kenyataan tidak selalu demikian, oleh karena itu diperlikan berbagai metode dan cara dalam menulis laporan yang efektif untuk manajerial. Laporan yang baik akan mencerminkan kinerja yang bersangkutan dan tentunya juga akan berpengaruh pada pengembangan karirnya di masa datang. Laporan yang baik harus jelas, obyektif, dan tepat sesuai dengan tujuannya. Oleh sebab itu pengetahuan mengenai teknik penulisan laporan ini menjadi penting untuk dipelajari oleh setiap karyawan atau pegawai baik dari instansi pemerintah maupun swasta.
TRAINING OBJECTIVES :
Pelatihan ini akan membahas mengenai Effective Report Writing Techniques. Sehingga diharapkan peserta pelatihan mampu memahami dan terampil dalam membuat perencanaan laporan, menganalisis permasalahan dan menulis laporan manajerial.
TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Konsep Dasar dan Teori Pembuatan Pelaporan Tertulis
2. Mengenal Jenis Laporan Manajerial atau Kegiatan
3. Teknik Mengenali Tipe Pembaca Laporan
4. Strategi Persiapan Penulisan
5. Strategi Perencanaan Laporan
6. Strategi Persiapan sebelum Membuat Laporan
7. Strategi Pembuatan Laporan yang Baik
8. Teknik Penyusunan Laporan
9. Teknik Membuat Berbagai Macam Laporan
10. Etika dalam Menyusun Laporan
11. Studi Kasus
12. Praktek Membuat Laporan
TRAINING METHOD :
• Penyampaian konsep
• Diskusi kelompok
• Latihan
• Studi kasus
WHO SHOULD ATTEND?
• Semua staff yang pekerjaannya berhubungan dengan penyiapan dan penulisan laporan
• Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Effective Report Writing Techniques
VENUE : Yogyakarta (Jambuluwuk Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Ibis Styles Hotel/ Cavinton Hotel/ Harper Hotel/ Melia Purosani Hotel/ Grand Zuri Hotel)
VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
TRAINING DURATION : 3 days
TRAINING TIME :
Januari 2025 | Februari 2025 | Maret 2025 | April 2025 |
2 - 4 Januari 2025 | 3 - 5 Februari 2025 | 3 - 5 Maret 2025 | 7 - 9 April 2025 |
6 - 8 Januari 2025 | 10 - 12 Februari 2025 | 10 - 12 Maret 2025 | 14 - 16 April 2025 |
13 - 15 Januari 2025 | 17 - 19 Februari 2025 | 17 - 19 Maret 2025 | 21 - 23 April 2025 |
20 - 22 Januari 2025 | 24 - 26 Februari 2025 | 28 - 30 April 2025 | |
27 - 29 Januari 2025 | |||
Mei 2025 | Juni 2025 | Juli 2025 | Agustus 2025 |
5 - 7 Mei 2025 | 2 - 4 Juni 2025 | 1 - 3 Juli 2025 | 4 - 6 Agustus 2025 |
12 - 14 Mei 2025 | 9 - 11 Juni 2025 | 7 - 9 Juli 2025 | 11 - 13 Agustus 2025 |
19 - 21 Mei 2025 | 16 - 18 Juni 2025 | 14 - 16 Juli 2025 | 18 - 20 Agustus 2025 |
26 - 28 Mei 2025 | 23 - 25 Juni 2025 | 21 - 23 Juli 2025 | 25 - 27 Agustus 2025 |
28 - 30 Juli 2025 | |||
September 2025 | Oktober 2025 | November 2025 | Desember 2025 |
1 - 3 September 2025 | 6 - 8 Oktober 2025 | 3 - 5 November 2025 | 1 - 3 Desember 2025 |
8 - 10 September 2025 | 13 - 15 Oktober 2025 | 10 - 12 November 2025 | 8 - 10 Desember 2025 |
15 - 17 September 2025 | 20 - 22 Oktober 2025 | 17 - 19 November 2025 | 15 - 17 Desember 2025 |
22 - 24 September 2025 | 27 - 29 Oktober 2025 | 24 - 26 November 2025 | 22 - 24 Desember 2025 |
29 Sep - 1 Okt 2025 | 29 - 31 Desember 2025 |
INVESTMENT/ PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor