NEED ASSESMENT DAN READINESS ASSESMENT – Akreditasi Puskesmas

Training Syllabus:

NEED ASSESMENT DAN READINESS ASSESMENTAkreditasi Puskesmas

 

INTRODUCTION :

Tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya kesehatan, serta penerapan manajemen risiko, bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. Pendekatan yang dipakai dalam akreditasi Puskesmas adalah keselamatan dan hak pasien dan keluarga, dengan tetap memperhatikan hak petugas. Prinsip ini ditegakkan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan keselamatan dalam pelayanan. Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskemas, diperlukan adanya penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme akreditasi. Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. Tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

 

TRAINING OBJECTIVE :

Pelatihan Akreditasi Puskesmas berfokus pada tiga kelompok pelayanan yang diselenggarakan di Puskesmas dan sesuai dengan satandart/ sasaran dari akreditasi, yaitu kelompok Administrasi dan Manajemen (diuraikan dalam Bab I, II, dan III), kelompok Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) (diuraikan dalam Bab IV, V, dan VI) dan kelompok Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) (diuraikan dalam bab VII, VIII, dan IX). Masing-masing BAB terdiri dari kriteria-kriteria, dan dalam kriteria-kriteria tersebut terdapat Elemen Penilaian (EP). Secara keseluruhan terdapat 768 EP yang dipersyaratkan untuk dipenuhi sebagai instrument dalam penilaian Akreditasi Puskesmas. Pelatihan disesuaikan dengan pendekatan-pendekatan yang lebih sederhana dan praktis, serta mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan institusi untuk meningkatkan manajemen data dan dokumen rekam medis, serta meningkatkan mutu informasi dan pelayanan yang lebih efektif – efisien.

 

TRAINING MATERIAL OUTLINE :

  1. Pengantar Akreditasi Puskesmas
  2. Pembahasan Standart, Elemen Penilaian dan Dokumen Akreditasi

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP)
  2. Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas (KMP)
  3. Peningkatan Mutu dan Manajemen Risiko (PMMR)
  4. Upaya Kesehatan Masyarakat yang Berorientasi Sasaran (UKMBS)
  5. Kepemimpinan dan Manajemen Upaya Kesehatan Masyarakat (KMUKM)
  6. Sasaran Kinerja UKM (SKUKM)
  7. Layanan Klinis yang Berorientasi Pasien (LKBP) Manajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK)
  8. Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien (PMKP)
  9. Analisis Kesiapan dan Kebutuhan dalam Akreditasi Puskesmas

 

WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING ?

Struktural/ SDM di Puskesmas (Unit Pelayanan, Tim Akreditasi dan Tenaga Medis/ Kesehatan Lainnya)

 

TRAINING METHOD AND TOOLS :

  1. Metode yang digunakan di traning ini : ceramah, diskusi/ FGD, studi kasus, praktikum/ tutorial.
  2. Alat yang digunakan di training ini : Laptop, Modem/ Wifi, dll.

 

INSTRUCTOR :    Fahmi Hakam, S.KM., MPH. dan tim

 

TEMPAT TRAINING :  Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

DURASI TRAINING :    3 Hari

 

WAKTU TRAINING :

  1. 09 Jan 2023-11 Jan 2023
  2. 06 Feb 2023-08 Feb 2023
  3. 06 Mar 2023-08 Mar 2023
  4. 12 Apr 2023-14 Apr 2023
  5. 08 May 2023-10 May 2023
  6. 12 Jun 2023-14 Jun 2023
  7. 10 Jul 2023-12 Jul 2023
  8. 07 Aug 2023-09 Aug 2023
  9. 11 Sep 2023-13 Sep 2023
  10. 09 Oct 2023-11 Oct 2023
  11. 06 Nov 2023-08 Nov 2023
  12. 11 Dec 2023-13 Dec 2023

 

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :

  1. 6.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
  2. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiridari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
  10. Qualified instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training (if minimal number of participants from one company is 4 persons)