BASIC SAFETY MANAGEMENT

Training Syllabus:

BASIC SAFETY MANAGEMENT

(MemahamiDasar-DasarManajemen Safety

sebagai Dasar Penerapan K3 di Perusahaan)

 

INTRODUCTION :

Banyak kecelakaan yang sebenarnya tidak perlu terjadi, pada kenyataannya terjadi dan sangat merugikan. Karena itu diperlukan pengetahuan untuk mencegahnya agar kerugian dapat dihindari. Semua kecelakaan yang pernah terjadi ada sebabnya, semua sebab bias dicari dan diketahui, dan dihindari sehingga semua kecelakaan bias diminimalisir sampai tercapai bebas kecelakaan. Salah satu cara mencegah Kecelakaan Kerja yaitu dengan menerapkan kaidah-kaidah Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempatkerja, yang harus dipatuhi oleh semua karyawan.

Implementasi K3 diharapkan perusahaan dapat konsisten terhadap masalah keselamatan dan kesehatan kerja dan sekaligus meningkatkan citra perusahaan serta dapat pula mendorong perusahaan untuk menunjukan komitmennya terhadap stake holder bahwa perusahaan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap masalah  keselamatan kerja serta meminimalkan resiko-resiko yang kemungkinan timbul pada proses kerja terutama menyangkut keselamatan.

Pelatihan BASIC SAFETY MANAGEMENT, bertujuan memberikan kompetensi dalam menganalisa risiko baik kuantitaitif maupun kualitatif. Pelatihan ini memberikan penjelasan tentangkonsep–konsep dasar, teknik dan aplikasi secara teoritikal dan praktikal dalam mengontrol risiko.

 

OBJECTIVE :

Manfaat yang didapatsetelahmengikuti training ini :

  1. Meningkatkan kesadaran peserta terhadap pentingnya tindak pencegahan kecelakaan dan menggugahnya untuk mendorong karyawan dilingkungan kerjanya agar mau melakukan tindakan pencegahan kecelakaan.
  2. Meningkatkan pengetahuan peserta akan upaya pencegahan kecelakaan dilingkungan kerjanya.
  3. Meningkatkan moral Perusahaan dan karyawan serta mengurangi resiko kerugian bagi Perusahaan

 

TRAINING MATERIAL OUTLINE:

  • Undang – Undang No. 1 Tahun 1970
  • Klasifikasi Kecelakaan Kerja
  • Statistik Kecelakaan
  • Pelaporan Kecelakaan
  • Investigasi Kecelakaan
  • Inspeksi K3
  • Pelaporan Inspeksi
  • Kesehatan Kerja (Occupational Health & Safety Foundations)
  • Reason for having Occupational Health & Safety (OHS) in the company
  • Personal Protective Equipment
  • Safety Communication
  • Emergency Response
  • Permit to Work System
  • Job Safety Analysis
  • Occupational Health & Safety Programs
  • Occupational Health & Safety Management System

 

WHO SHOULD ATTEND ? :

Semua karyawan di perusahaan, termasuk:

  • Trainees & newcomers
  • Semua Karyawan
  • Office Staff
  • HSE Department
  • Training & Development
  • Human Resources Development

 

VENUE :Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION :  3 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

INVESTMENT PRICE/PERSON :

  1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
  2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor