BISNIS PELAYARAN

Silabus training:
BISNIS PELAYARAN

LATAR BELAKANG
Bisnis pelayaran adalah separoh bagian dari ekonomi maritim, separoh bagian yang lain adalah bisnis pelabuhan. Masing-masing bagian mempunyai stakeholder yang berbeda, mempunyai core business yang berbeda, namun keduanya bersentuhan (harus) agar bisnis pelayaran dapat berjalan. Jika bisnis pelayaran produknya berupa jasa pelayaran (freight services) maka bisnis pelabuhan produknya berupa jasa pelabuhan (port services). Keduanya menghendaki performance yang baik agar pelayaran dapat berjalan smooth dan kompetitif, baik di tingkat nasional maupun internasional. Namun masih banyak masyarakat dalam dunia pelayaran belum paham benar kedua orientasi tersebut, apalagi menerapkannya dengan baik. Pelatihan ini fokus pada bisnis pelayaran, artinya pada sisi shipping line.

TUJUAN
Tujuan pelatihan ini adalah memahamkan tentang bisnis pelayaran di Indonesia, mampu merencanakan, mengaplikasikannya serta mampu mengontrol jalannya bisnis pelayaran yang baik dan kompetitif.

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI PELATIHAN INI?:
1. Shipping line
2. Shipping agent
3. Branch shipping line
4. Shipping broker
5. Pemilik cargo (shipper maupun consignee)

CAKUPAN MATERI PELATIHAN:
1. Identifikasi stakeholder dan perannya masing-masing dalam bisnis pelayaran
2. Identifikasi kondisi eksisting bisnis pelayaran di Indonesia sekarang
3. Memilih jalur orientasi bisnis pelayaran antara tramper shipping, liner shipping, atau passanger shipping
4. Identifikasi permintaan sea transport: kondisi ekonomi-politik, seaborne trade, average haul, serta perilaku dan kecenderungan ke depan
5. Identifikasi penawaran kapal (ketersediaan vessel space) : investor, perbankan, shipper, regulator, serta produktivitas kapal, serta mengetaui perilaku serta kecenderungannya ke depan
6. Mengenali pasar dalam pelayaran yang meliputi : pasar kapal baru, pasar kapal bekas, pasar scrapping, pasar seaborne trade, serta pasar freight rate
7. Mengetahui konsekwensi dari orientasi bisnis pelayaran yang dilipih sesuai nomor 3, dan mampu menyusun strateginya.
8. Menyususn strategi bisnis pelayaran: strategi aliansi horizontal, strategi aliansi vertikal strategi cost advantage, atau diferensiasi jasa.
9. Mengetahui dan menghitung voyage cost
10. Cara menentukan freight rate pada tramper shipping dan liner shipping
11. Decision maker sejati dalam bisnis pelayaran adalah ketersediaan dan kontinyuitas cargo
12. Ekonomi kapal, yang meliputi: rentabilitas, payback, IRR, serta suatainabilitas.

BENTUK PELATIHAN
1. Klasikal
2. Diskusi dan tanya jawab
3. Studi kasus.

TEMPAT TRAINING : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

DURASI TRAINING : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024 Februari 2024 Maret 2024 April 2024
3 – 5 Januari 2024 5 – 7 Februari 2024 4 – 6 Maret 2024 1 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 2024 12 – 14 Februari 2024 12 – 14 Maret 2024 22 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 2024 19 – 21 Februari 2024 18 – 20 Maret 2024 29 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 2024 26 – 28 Februari 2024 25 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024 Juni 2024 Juli 2024 Agustus 2024
6 – 8 Mei 2024 3 – 5 Juni 2024 1 – 3 Juli 2024 5 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 2024 10 – 12 Juni 2024 8 – 10 Juli 2024 12 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 2024 19 – 21 Juni 2024 15 – 17 Juli 2024 19 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 2024 24 – 26 Juni 2024 22 – 24 Juli 2024 26 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024 Oktober 2024 November 2024 Desember 2024
2 – 4 September 2024 1 – 3 Oktober 2024 4 – 6 November 2024 2 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 2024 7 – 9 Oktober 2024 11 – 13 November 2024 9 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 2024 14 – 16 Oktober 2024 18 – 20 November 2024 16 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 2024 21 – 23 Oktober 2024 25 – 27 November 2024 26 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiridari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor