BISNIS PELAYARAN

Silabus training:
BISNIS PELAYARAN

LATAR BELAKANG
Bisnis pelayaran adalah separoh bagian dari ekonomi maritim, separoh bagian yang lain adalah bisnis pelabuhan. Masing-masing bagian mempunyai stakeholder yang berbeda, mempunyai core business yang berbeda, namun keduanya bersentuhan (harus) agar bisnis pelayaran dapat berjalan. Jika bisnis pelayaran produknya berupa jasa pelayaran (freight services) maka bisnis pelabuhan produknya berupa jasa pelabuhan (port services). Keduanya menghendaki performance yang baik agar pelayaran dapat berjalan smooth dan kompetitif, baik di tingkat nasional maupun internasional. Namun masih banyak masyarakat dalam dunia pelayaran belum paham benar kedua orientasi tersebut, apalagi menerapkannya dengan baik. Pelatihan ini fokus pada bisnis pelayaran, artinya pada sisi shipping line.

TUJUAN
Tujuan pelatihan ini adalah memahamkan tentang bisnis pelayaran di Indonesia, mampu merencanakan, mengaplikasikannya serta mampu mengontrol jalannya bisnis pelayaran yang baik dan kompetitif.

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI PELATIHAN INI?:
1. Shipping line
2. Shipping agent
3. Branch shipping line
4. Shipping broker
5. Pemilik cargo (shipper maupun consignee)

CAKUPAN MATERI PELATIHAN:
1. Identifikasi stakeholder dan perannya masing-masing dalam bisnis pelayaran
2. Identifikasi kondisi eksisting bisnis pelayaran di Indonesia sekarang
3. Memilih jalur orientasi bisnis pelayaran antara tramper shipping, liner shipping, atau passanger shipping
4. Identifikasi permintaan sea transport: kondisi ekonomi-politik, seaborne trade, average haul, serta perilaku dan kecenderungan ke depan
5. Identifikasi penawaran kapal (ketersediaan vessel space) : investor, perbankan, shipper, regulator, serta produktivitas kapal, serta mengetaui perilaku serta kecenderungannya ke depan
6. Mengenali pasar dalam pelayaran yang meliputi : pasar kapal baru, pasar kapal bekas, pasar scrapping, pasar seaborne trade, serta pasar freight rate
7. Mengetahui konsekwensi dari orientasi bisnis pelayaran yang dilipih sesuai nomor 3, dan mampu menyusun strateginya.
8. Menyususn strategi bisnis pelayaran: strategi aliansi horizontal, strategi aliansi vertikal strategi cost advantage, atau diferensiasi jasa.
9. Mengetahui dan menghitung voyage cost
10. Cara menentukan freight rate pada tramper shipping dan liner shipping
11. Decision maker sejati dalam bisnis pelayaran adalah ketersediaan dan kontinyuitas cargo
12. Ekonomi kapal, yang meliputi: rentabilitas, payback, IRR, serta suatainabilitas.

BENTUK PELATIHAN
1. Klasikal
2. Diskusi dan tanya jawab
3. Studi kasus.

TEMPAT TRAINING : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

DURASI TRAINING : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiridari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor