IT BUSINESS ANALYSIS

Training Syllabus:

IT BUSINESS ANALYSIS

TRAINING  OVERVIEW:

Pada tahap awal proyek, Business Analyst (BA) merupakan key person yang  mendefinisikan persyaratan, serta perencanaan, mendefinisikan dan memvalidasi lingkup proyek. Oleh karena itu sangatlah penting bagi para Business Analyst  memiliki pemahaman tentang pengetahuan BA yang sangat luas sehingga BA dapat membantu tim proyek ketika akan mengembangkan solusi bisnis.

Dalam pelatihan ini para peserta akan memperoleh pemahaman tentang manfaat, fungsi dan dampak dari peran penting BA. Pelatihan  memfokuskan  khususnya pada fungsi analisis bisnis yang berkaitan dengan mengembangkan solusi IT, mengingat bahwa pemahaman semacam itu sangat penting bagi keberhasilan proyek.

Pelatihan ini juga akan membahas proses analisa bisnis seperti yang diterapkan di seluruh proyek, termasuk kegiatan pra-proyek yang terdiri dari analisis perusahaan. Para peserta akan mempelajari bagaimana seorang analis bisnis mendukung proyek sepanjang siklus hidup pengembangan solusi, dari membangun visi solusi dan ruang lingkup dalam tahap analisis untuk memvalidasi bahwa persyaratan telah dipenuhi dalam tahap pengujian. Pelatihan ini selaras dengan standar Business Analysis yaitu *BABOK version 2.0 – IIBA, USA

Standar BABOK ini  menggambarkan  area pengetahuan dari Business Analysis, aktifitas yang terkait dan tugas dan skill yang diperlukan agar efektif efektif dalam pelaksanaannya. The BABOK ® Guide merupakan referensi pengetahuan Business Analysis professional dan menjadi pedoman untuk program sertifikasi CBAP® (the Certified Business Analysis Professional™)  the Certified Business Analysis

 

TRAINING OBJECTIVES:

Setelah mengikuti pelatihan ini, maka Para Peserta akan mendapatkan pengetahuan dan skill Business Analysis, khususnya:

  • Memperoleh  pengetahuan yang menyeluruh mengenai BABOK ver. 2.0 yang merupakan kumpulan pengetahuan dalam profesi Business Analysis dan menggambarkan generally accepted practices terkini.
  • Mampu mengidentifikasi peran dan tanggung jawab BA
  • Mampu mendefinikan requirement
  • Mampu menjelaskan pentingnya pengelolaan risiko
  • Mampu mendefinisikan Solution vision dan scope
  • Mampu merencanakan Requirement Elicitation
  • Mampu mengenali pentingnya menganalisis dan mendokumentasikan Requirement
  • Mampu menjelaskan peran pemodelan untuk mendokumentasikan dan mengkomunikasikan Requirement
  • Mampu melakukan  Requirement Validation dan Traceability

PARTICIPANTS :

Pelatihan ini ditujukan untuk Business Analyst, System Analyst, IT Planner, Management, Functional Manager, serta Project Manager yang sedang mengelola proyek berskala menengah-ke-skala besar dan cross-functional projects.  Manajer fungsional, manajer lini, dan arsitek yang bekerja sebagai group leaders pada proyek dan bertanggung jawab mengembangkan bagian dari proyek atau sub-proyek juga seharusnya perlu juga hadir.

Secara khusus pelatihan ini dirancang untuk:
Business Analyst, System Analyst, Project Managers, Architects & Groups Leaders, Functional & Line Managers, IT. Juga dapat dihadiri oleh Developers and Staff, Advanced Project Managers, Senior Managers, Business Analysts, PMO/Project Specialist, Technical, Non-Technical, Pharma/Biomed, IT End-User, dan lain-lain.

TRAINING MATERIAL OUTLINE:

 

DAY 1:

  1. Introduction to Business Analysis
  • What is the Business Analysis Body of Knowledge?
  • What is Business Analysis?
  • Key Concepts
  • Knowledge Areas
  • Tasks
  • Techniques
  • Underlying Competencies
  • Other Sources of Business Analysis Information
  1. Business Analysis Planning & Monitoring
  • Plan Business Analysis Approach
  • Conduct Stakeholder Analysis
  • Plan Business analysis Activities
  • Plan Business Analysis Communication
  • Plan Requirements Management Process
  • Manage Business Analysis Performance
  1. Elicitation
  • Prepare for Elicitation
  • Conduct Elicitation Activity
  • Document Elicitation Results
  • Confirm Elicitation Results

Discussion and Exercises

Case Study

 

DAY 2:

  1. Requirements Management & Communication
  • Manage Solution Scope & Requirements
  • Manage Requirements Traceability
  • Maintain Requirements for Re‐use
  • Prepare Requirements Package
  • Communicate Requirements
  1. Enterprise Analysis
  • Define Business Need
  • Assess Capability Gaps
  • Determine Solution Approach
  • Define Solution Scope
  • Define Business Case
  1. Requirements Analysis
  • Prioritize Requirements
  • Organize Requirements
  • Specify and Model Requirements
  • Define Assumptions and Constraints
  • Verify Requirements
  • Validate Requirements

Discussion and Exercises

Case Study

 

DAY 3:

  1. Solution Assessment & Validation
  • Assess Proposed Solution
  • Allocate Requirements
  • Assess Organizational Readiness
  • Define Transition Requirements
  • Validate Solution
  • Evaluate Solution Performance
  1. Underlying Competencies
  • Analytical Thinking and Problem Solving
  • Behavioral Characteristics
  • Business Knowledge
  • Communication Skills
  • Interaction Skills
  • Software Applications
  1. Business Analysis Techniques
  • Acceptance and Evaluation Criteria Definition
  • Benchmarking
  • Brainstorming
  • Business Rules Analysis
  • Data Dictionary and Glossary
  • Data Flow Diagrams
  • Data Modeling
  • Decision Analysis
  • Estimation
  • Focus Groups
  • Functional Decomposition
  • Interface Analysis
  • Interviews
  • Lessons Learned Process
  • Metrics and Key Performance Indicators
  • Non‐Functional Requirements Analysis
  • Observation
  • Organization Modeling
  • Problem Tracking
  • Process Modeling
  • Prototyping
  • Requirements Workshop
  • Risk Analysis
  • Root Cause Analysis
  • Scenarios and Use Cases
  • Scope Modeling
  • Sequence Diagrams
  • State Diagrams
  • Structured Walkthrough
  • Survey/Questionnaire
  • SWOT Analysis
  • User Stories
  • Vendor Assessment

Discussion and Exercises

Case Study

 

INSTRUCTOR :   Ir. Muhammad Tavip, MPM, Cert.HR  and Team

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   3 days

 

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

 

 

INVESTMENT/PERSON :

  1. 6.500.000/person (full fare) or
  2. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor