BUSINESS PROCESS REENGINEERING

Silabus Training:
BUSINESS PROCESS REENGINEERING

PENDAHULUAN :
Fenomena yang belakangan ini melanda dunia bisnis adalah makin pentingnya peran konsumen serta keragaman keinginan konsumen yang menuntut fleksibilitas yang tinggi bagi pelaku bisnis. Belum lagi fenomena perubahan lingkungan yang berlangsung sangat cepat dan permanen (selalu berubah).
Hal-hal tersebut di atas menuntut suatu pendekatan baru dalam penataan manajemen bisnis yang sangat berbeda dengan pendekatan-pendekatan yang selama ini dilakukan oleh pelaku bisnis.
Business Process Reengineering menawarkan solusi terhadap semua masalah di atas dengan memanfaatkan semua informasi yang didapat. Menurut Hammer BPR adalah “The fundamental analysis and radical redesign of business processs to achieve dramatic improvement in critical measures of performance”.
Dengan cara ini diharapkan akan terjadi peningkatan performansi yang luar biasa ditinjau dari aspek kecepatan, mutu,biaya dan pelayanan. Pelatihan selama dua hari ini dirancang untuk memberikan pengertian mendalam tentang konsep BPR dan semua tool yang diperlukan untuk implementasinya. Pelatihan ini akan dilengkapi dengan workshop dan studi kasus di beberapa perusahaan besar di Indonesia.

TUJUAN DAN SASARAN :
Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta :
a. Memahami apa yang dimaksud dengan Business Process.
b. Memahami secara mendalam apa yang dimaksud dengan BPR(Business Process Reengineering) dan perannya dalam perusahaan.
c. Dapat memahami karakteristik BPR dan teknik impementasinya.
d. Memahami konsep value Chain.
e. Memahami six-stage BPR Life Cycle.
f. Memahami teknik implementasi konsep BPR.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Memahami Konsep Business Process Reengineering (BPR).
a. Memahami apa yang dimaksud dengan Business Process.
b. Fenomena baru manajemen perusahaan.
c. Definisi Business Process Reengineering
d. Apa yang baru dalam konsep BPR.
e. Dimensi Business Process Reengineering.
f. Alat-alat (tool) yang dipakai dalam BPR.
2. Konsep Value Chain.
a. Menggambarkan business Process dengan Value Chain.
b. Ilustrasi business process di beberapa perusahaan di Indonesia.
c. Hubungan visi,misi dengan value chain.
d. Beberapa ilustrasi value chain beberapa perusahaan besar di Indonesia.
e. Hubungan value chain dengan BPR.
f. Mempersiapkan dan merencanakan perubahan.
g. Diskusi.
3. Six –stage BPR Life Cycle.
a. Envision.
b. Initiate.
c. Diagnose.
d. Redesign.
e. Reconstruct.
f. Monitor and evaluation.
g. Diskusi tentang ilustrasi beberapa contoh implementasi konsep BPR
4. Identifikasi Proses Bisnis yang ada.
a. Penentuan proses bisnis yang kritis dan penting.
b. Pengukuran performansi proses.
c. Identifikasi kemungkinan dilakukan reengineering terhadap proses.
5. Memetakan dan Analisis Proses.
a. Menggambarkan proses dalam bentuk flowchart.
b. Gambarkan proses dalam bentuk integrated flow diagram.
c. Lakukan process-constraint analysis.
d. Lakukan cultural-factor analysis.
6. Membangun Business Process yang baru.
a. Menggambarkan business process ideal.
b. Membandingkan current process dengan ideal process.
c. Lakukan Gap Analysis.
d. Membangun proses yang baru.
e. Diskusi dan studi kasus BPR

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified