CARA EFEKTIF MELAKUKAN PROSES PENAGIHAN HUTANG ANTAR PERUSAHAAN YANG BERKEKUATAN HUKUM UNTUK MENGAMANKAN ASSET PERUSAHAAN

Silabus Training:

cara efektif melakukan proses penagihan hutang antar perusahaan yang berkekuatan hukum untuk mengamankan asset perusahaan

 

PENDAHULUAN:

Utang-piutang memang bukan perkara yang gampang. Banyak perusahaan yang direpotkan oleh urusan utang-piutang. Umumnya kesulitan itu karena penagihan utang yang macet dan berlangsung lama. Karena itu biasanya perusahaan membuat prosedur khusus untuk penagihan piutang macet. Umumnya, penagihan dilakukan melalui surat pada periode tertentu yang dilayangkan hingga beberapa kali tidak selamanya berjalan sesuai yang diharapkan. Yang sering kali terjadi, hingga surat tagihan yang kesekianpun, pengembalian piutang itu tak kunjung berhasil. Untuk mengatasi cara yang lebih efeisien dan banyak dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan jasa debt collector untuk menangani proses penagihan hutang tersebut. Namun cara ini, seringkali menimbulkan persoalan baru yang cenderung anarkhis dan otoriter. Selain itu, cara demikian belum tentu pula bisa menyelesaikan perkara hutang yang dialami oleh perusahaan yang tertagih. Dalam kaitan ini, perlu difikirkan cara-cara lain yang lebih efektif dalam proses penagihan hutang-piutang antar perusahaan, seperti langkah hukum yang tepat menangani masalah hutang, memahami psikologi debitur saat ditagih, seni penagihan secara langsung, dan lain-lain. Supaya hasil yang diperoleh bisa memberikan solusi yang moderat antar masing-masing pihak. sehingga, pihak perusahaan yang menunggak hutang bisa memberikan peluang untuk melunasi hutangnyanya. sekaligus, dan pihak penagih tidak terliliti oleh beban sosial lain yang bisa mengancam Perusahaannya.

 

TUJUAN:

Untuk memberikan bekal pengetahuan yang memadai tentang cara efektif menangani proses penagihan hutang antar perusahaan. dan membangun sharing pengetahuan yang interaktif berdasarkan pengetahuan dan pengalaman antar masing-masing peserta.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  1. Cara diplomatis menemui debitur untuk melakukan penagihan.
  2. Tehnik menguasai dan memahami kondisi psikologi dan permasalahan debitur.
  3. Merumuskan perangkat hukum untuk melakukan penagihan hutang.
  4. Membangun win-win solution antara kedua belah pihak melalui penghitungan dan pembagian asset sebagai pengganti hutang.
  5. Studi kasus: cara efektif menangani proses penagihan hutang antar perusahaan.

 

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

TRAINING DURATION :   2 days

 

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

 

 

INVESTMENT PRICE/PERSON :

  1. 4.500.000/person (full fare) or
  2. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor