COACHING AND COUNSELING ( MONITORING)

Silabus Training :
COACHING AND COUNSELING ( MONITORING)

PENDAHULUAN :
Saat ini sering kita temui karyawan yang tidak mengerjakan apa yang seharusnya mereka kerjakan. Berbagai sebab yang melatar belakangi hal tersebut di anataranya adalah : mereka tidak tahu apa yang seharusnya mereka kerjakan, mereka tidak tahu bagaimana dan mengapa mereka harus mengerjakan, serta kadang-kadang terpikir dibenak karyawan bahwa mereka sudah mengerjakannya. Dari kasus – kasus tersebut, maka berkembanglah fungsi dan tanggung jawab seorang pemimpin di perusahaan untuk bertindak sebagai coaching and counseling atau bertindak sebagai pelatih dan juga konselor atau tempat bawahan melakukan counseling baik masalah pekerjaan ataupun masalah pribadi.
Kita harus pahami bersama bahwa kapasitas terbesar dari sebuah perusahaan adalah ada pada SDM-nya, sehingga berbagai upaya dilakukan perusahaan-perusahaan besar untuk mengoptimalkannya. Saat ini, seorang pemimpin yang handal tidak saja menguasai hard skill dari apa yang dikerjakan tetapi juga harus memiliki kemampuan soft skill agar pemanfaatan SDM dapat dilakukan secara signifikan bagi pertumbuhan organisasi. Keterampilan coaching and counseling menjadi salah satu proses pemecahan masalahan tersebut.

MANFAAT TRAINING :
a. Memahami gaya pengelolaan yang efefktif dalam melakukan coaching and counseling
b. Mendapatkan feed back sehingga mendapat insight positif mengenai bagaiamana style yang efektif
c. Memotivasi orang lain untuk meningkatkan kinerja dan komitmen terhadap organisasi
d. Menciptakan kebanggaan terhadap team

TUJUAN TRAINING :
a. Meningkatkan ketrampilan coaching and counselling
b. Mampu menggunakan feed back sebagai alat pendorong motivasi dalam proses coaching and counseling
c. Meningkatkan saluran-saluran komunikasi antara atasan dan bawahan, membangun keterbukaan serta kesadaran motivasional

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. HARI KE SATU : Pendahuluan, Coaching and Counselling Konsep
Tujuan : Pada bagian ini, peserta pelatihan akan dibekali dengan materi yang berhubungan dengan pemahaman seorang supervisor akan keunikan individu sebagai anggota organisasi serta bagaiman perilaku individu tersebut akan membentuk perilaku organisasi.
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan :
a. Human behavior in Organization
b. Organization behavior
c. Asumsi dasar dalam memahami manusia
d. Keunikan dan perbedaan individu-individu dalam organisasi
e. Perilaku individu dengan keunikannya
f. Konsep dan analisis motivasi
g. Perubahan sikap dan prosesnya
h. Observing process
i. Observing defenition
j. Komunikasi dan make it dramaticiklim organisasi
k. Konsep counselling and coaching
2. Hari kedua : Coaching – Konsep dan Praktik
Tujuan : Pada bagian ini peserta pelatihan diharapkan mampu memaknai peran dan fungsi dirinya sebagai coaching, sehingga mampu mengembangkan softskill diri dan bawahannya
Materi yang disampaikan adalah :
a. Konsep coaching
b. Karakteristik seorang coach
c. Coaching dalam proses pengembangan diri SDM
d. Memahami kinerja bawahan dan gapnya
e. Perbedaan Pemimpin dan Coach
f. Proses coaching
g. Pendekatan-pendekatan coaching
h. Kualitas dan pendidikan coach
i. Langkah-langkah coaching yang efektif
j. System kinerja coaching
k. Praktek coaching
l. Analisis hasil praktek
3. Hari ke tiga : Counseling – Konsep dan Praktek
Tujuan pelatihan : Peserta diharapkan mampu memilki keterampilan untuk melakukan konseling dengan baik dan benar sehingga berdampak signifikans bagi pengembangan SDM.
Materi yang disampaikan adalah :
a. Sejarah koselling di perusahaan
b. Hubungan dan proses konseling
c. Pendekatan-pendekatan konseling
d. Kulitas dan pendidikan konselor
e. Karakteristik klien
f. Perilaku non verbal
g. Kreativitas konselor dalam pengambilan keputusan
h. Teknik-teknik konseling
i. Manual dan prosedur microtraining
j. Analisis prose dalam kasus
k. Praktek Conseling dan analisis

INSTRUKTUR : DR. Ayi Tejaningrum, SE.,MT. and Team

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024 Februari 2024 Maret 2024 April 2024
3 Januari 2024 5 Februari 2024 4 Maret 2024 1 April 2024
8 Januari 2024 12 Februari 2024 12 Maret 2024 22 April 2024
15 Januari 2024 19 Februari 2024 18 Maret 2024 29 April 2024
22 Januari 2024 26 Februari 2024 25 Maret 2024
29 Januari 2024
Mei 2024 Juni 2024 Juli 2024 Agustus 2024
6 Mei 2024 3 Juni 2024 1 Juli 2024 5 Agustus 2024
13 Mei 2024 10 Juni 2024 8 Juli 2024 12 Agustus 2024
20 Mei 2024 19 Juni 2024 15 Juli 2024 19 Agustus 2024
27 Mei 2024 24 Juni 2024 22 Juli 2024 26 Agustus 2024
29 Juli 2024
September 2024 Oktober 2024 November 2024 Desember 2024
2 September 2024 1 Oktober 2024 4 November 2024 2 Desember 2024
9 September 2024 7 Oktober 2024 11 November 2024 9 Desember 2024
16 September 2024 14 Oktober 2024 18 November 2024 16 Desember 2024
23 September 2024 21 Oktober 2024 25 November 2024 23 Desember 2024
28 Oktober 2024 30 Desember 2024

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor