COMMUNITY DEVELOPMENT

Silabus Training :

COMMUNITY DEVELOPMENT

 

PENDAHULUAN:

Peraturan perundangan mengatur bahwa CSR dan Community Development merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan perusahaan sebagaimana amanat UU No. 40 tahun 2007 bab V pasal 74, maka “expenses” harus dikelola manajemen, sehingga memberikan dampak positif bagi sustainability perusahaan dimasa mendatang. Pola pikir inilah yang membuat CSR dan Community Development menjadi tidak sekedar Charity Program, tetapi harus menjadi “alat” marketing yang powerfull.

Sebagai bagian dari kehidupan sosial, suatu perusahaan juga harus mampu melakukan aktivitas sosial agar bisa terus menjaga citra baik di mata masyarakat. Salah satu media yang digunakan adalah dengan melakukan kegiatan untuk pengembangan masyarakat (community development). Agar kegiatan tersebut berhasil maka dibutuhkan kemampuan dalam hal pendesainan, pemonitoran dan pengevaluasian partisipasi pada kegiatan untuk pengembangan masyarakat (community development) dengan menggunakan persoalan–persoalan yang ada di masyarakat sekitar.

Apabila program community development dapat berjalan dengan baik, maka dengan sendirinya citra perusahaan akan semakin baik dimata masyarakat. Secara umum pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk menjadikan masyarakat mandiri, yaitu memiliki kemampuan untuk memilih, mempersiapkan, memutuskan dan melaksanakan sesuatu yang dianggapnya diperlukan dalam kehidupan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penting bagi perusahaan agar mengelola community development dengan baik.

 

TUJUAN  TRAINING:

Pelatihan ini akan membahas mengenai Community Development. Melalui pelatihan ini peserta pelatihan diharapkan mampu mengelola program-program pengembangan masyarakat, mengetahui prinsip-prinsip pengembangan masyarakat dan mampu mengelola konflik, baik itu konflik di dalam internal perusahaan, maupun konflik perusahaan dengan lingkungan eksternal. Disamping itu, peserta pelatihan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menguasai teknik-teknik community development yang baik dan praktis serta bisa dilakukan sesuai dengan tujuan dan latar belakang masing-masing peserta.

 

MANFAAT  TRAINING:

  1. Dapat meningkatkan pemahamam tentang konsep community development
  2. Dapat memahami perbedaan CSR & Comdev
  3. Dapat membuat analisis kebutuhan pengembangan yang relevan di masyarakat yang sesuai dengan visi misi perusahaan
  4. Dapat membuat laporan Program community development
  5. Mampu mengelola konflik dengan pihak eksternal perusahaan

 

SASARAN PESERTA:

  1. Mahasiswa tingkat akhir yang ingin berkarir sebagai CSR atau Comdev
  2. CSR Staff, CSR Supervisor, Comdev Staff, Comdev Supervisor, CSR Superintendent, Chief Security, dan CSR Manager
  3. Personel CSR Departemen
  4. Public Relation, Humas, General Affair, HRGA Superintendent, HRPGA Section Head, HRGA Dept. Head, HRGA Manager
  5. Manager Non CSR yang berminat mempelajari Community Development
  6. Executive atau Praktisi Bisnis yang ingin tahu mengenai Community Development
  7. Professional atau Individu yang berkaitan dengan pengelolaan Community Development

 

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  1. Konsep dasar community development
  2. Karakteristik dan prinsip pendampingan
  3. Pengenalan konsep pengembangan masyarakat (community development)
  4. Teknik perancangan kegiatan yang tepat sasaran
  5. Analisis kebutuhan pengembangan yang relevan di masyarakat
  6. Analisis budaya lokal dan struktur sosial masyarakat
  7. Mengorganisir masyarakat untuk pemberdayaan
  8. Mendesain program pengembangan masyarakat
  9. Merancang, menerapkan dan mengevaluasi model program pengembangan masyarakat
  10. Implementasi program pengembangan masyarakat
  11. Teknik Monitoring & Evaluasi program pengembangan masyarakat
  12. Konsep dasar manajemen konflik
  13. Strategi mengelola konflik dengan pihak internal perusahaan (pimpinan, rekan dan bawahan)
  14. Strategi mengelola konflik dengan pihak eksternal perusahaan
  15. Teknik komunikasi dalam pengelolaan konflik

 

METODE TRAINING:

  1. Presentasi
  2. Diskusi Konsultatif
  3. Sharing Pengalaman
  4. Studi Kasus
  5. Praktek Penyusunan Program Comdev

 

 

 

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

TRAINING DURATION :  2 days

 

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

 

INVESTATION PRICE/PERSON :

  1. Rp. 5.500.000/person (full fare) or
  2. Rp. 5.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp. 4.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: Blocknote and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor