COMPREHENSIVE IN HOUSE MAGAZINE WRITING SKILL

Training Syllabus:

COMPREHENSIVE IN HOUSE MAGAZINE WRITING SKILL

FOR CORPORATE BRANDING

 

PENDAHULUAN:

Salah satu tools kegiatan Public Relations (PR) atau Kehumasan adalah media internal (Inhouse Magazine) atau majalah Ing Griya. Dalam berbagai bentuknya, media internal selalu ditunggu oleh publik internal di dalam organisasi, apakah manajemen, karyawan, buruh, pelajar, mahasiswa, atau anggota organisasi. Dalam pengembangan In House Magazine, pengelolanya akan berhubungan dengan perancangan isi, mengumpulkan materi, mengedit, melayout, mencetak, mendistribusikannya hingga sampai ke tangan pembaca. Selain sebagai media untuk komunikasi internal, In House Magazine yang baik mampu memberikan dorongan untuk memperkuat komitmen, sebagai media untuk memperkuat identitas korporat dan meningkatkan branding perusahaan serta perbaikan iklim komunikasi dan moral kerja karyawan-karyawannya. Pelatihan ini menggagas ide-ide baru pengelolaan inhouse magazine mulai dari menetapkan rubrikasi, teknik penulisan, perwajahan, produksi hingga pembiayaan. Yang diharapkan bermanfaat bagi pengelola media internal.

 

OBJEKTIF TRAINING:

  • Memberikan pemahaman pada peserta terkait pengembangan In House Magazine yang efektif dan efisien;
  • Peserta dapat meningkatkan keterampilan menulis untuk mendukung branding perusahaan.
  • Peserta dapat mengembangkan In House Magazine yang efektif sebagai media untuk identitas korporat, meningkatkan branding perusahaan serta menarik minat khalayak pembacanya.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  • Corporate Branding; Materi ini terkait dasar branding, manajemen reputasi dan manajemen identitas beraksi melalui media yang digunakan korporat / organisasi.
  • Internal Communication; Materi ini membincang Komunikasi Internal bermedia Majalah Internal mulai dari proses komunikasi, penunjang efektivitas komunikasi internal serta program komunikasi internal yang dapat dikembangkan. Muara semua ini adalah menjaga iklim komunikasi internal.
  • Writing Skill; Peserta akan mendapatkan materi untuk meningkatkan keterampilan menulis ; pencarian dan pengembangan ide tulisan, metode pengumpulan informasi, teknik wawancara, teknik penulisan (berita, artikel, opini dan advertorial), teknik editing tulisan, strategi berwacana dan teknik penyuntingan gambar dan penulisan caption pada gambar.
  • In House Magazine Concept; Peserta akan mendapatkan pemahaman dasar terkait fungsi strategis Majalah Internal, karakteristik dan bentuk-bentuk majalah internal, ragam sajian jurnalistik melalui Majalah Internal dan cara pengelolaannya.
  • In House Magazine yang Efektif dan Efisien; materi ini terkait pemilihan format dan bentuk Majalah Internal yang tepat, menentukan khalayak pembaca, mengatur tim kerja, pemilihan topik dan rubrikasi yang efektif, menampilkan informasi dengan desain yang menarik dan cara menjaga keteraturan penerbitan.

METODE TRAINING:

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Praktek
  • Studi Kasus ; Newsletter Peserta (jika ada)

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION :   2 hari

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Jan 20245 – 6 Feb 20244 – 5 Mar 20241 – 2 Apr 2024
8 – 9 Jan 202412 – 13 Feb 202412 – 13 Mar 202422 – 23 Apr 2024
15 – 16 Jan 202419 – 20 Feb 202418 – 19 Mar 202429 – 30 Apr 2024
22 – 23 Jan 202426 – 27 Feb 202425 – 26 Mar 2024
29 – 30 Jan 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 Sep 20241 – 2 Okt 20244 – 5 Nov 20242 – 3 Des 2024
9 – 10 Sep 20247 – 8 Okt 202411 – 12 Nov 20249 – 10 Des 2024
16 – 17 Sep 202414 – 15 Okt 202418 – 19 Nov 202416 – 17 Des 2024
23 – 24 Sep 202421 – 22 Okt 202425 – 26 Nov 202423 – 24 Des 2024
28 – 29 Okt 202430 – 31 Des 2024

INVESTMENT/PERSON :

  1. 4.500.000/person (full fare) or
  2. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
  10. Qualified instructor