fbpx

CONFLICT MANAGEMENT & HANDLING DIFFICULT PEOPLE

Training Syllabus:
CONFLICT MANAGEMENT & HANDLING DIFFICULT PEOPLE

PENDAHULUAN :
Dalam suatu organisasi dalam hal ini perusahaan, di mana terdiri dari berbagai orang berkumpul, walaupun untuk tujuan yang sama, akan dapat menimbulkan potensi konflik. Apalagi bila di dalam organisasi itu mempunyai tujuan yang berbeda-beda, sudah dipastikan konflik akan lebih besar. Konflik tidaklah selamanya negatif, justru bila konflik dikelola dengan baik maka dapat memperkaya pemikiran dan cara pandang dan dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan bahkan hubungan orang yang terlibat dalam konflik itu sendiri.
Disamping itu, salah satu penyebab konflik semakin membesar adalah adanya difficult person baik di dalam organisasi maupun orang di luar organisasi yang terkait dengan pekerjaan. Difficult person itu tidak dibatasi oleh hubungan atasan-bawahan, namun dapat terjadi kepada segala jenis hubungan kerja, baik internal maupun eksternal.
Dalam hal ini karyawan perlu dibekali dengan kemampuan mengelola konflik agar konflik yang terjadi dapat merangsang karyawan lebih produktif; dan juga perlu kemampuan dalam menangani difficult person agar tidak mengganggu hubungan interpersonal dan juga produktivitas karyawan.

MANFAAT TRAINING :
Training ini diharapkan dapat membawa manfaat:
1. Meningkatkan efektivitas dalam berinteraksi antar individu dalam organisasi maupun dengan orang di luar organisasi
2. Meningkatkan produktivitas karyawan bila berhasil menangani konflik dan menangani orang-orang sulit
3. Memberikan perspektif yang lebih positif kepada setiap orang dalam memandang dan melihat dinamika munculnya perilaku dalam diri orang lain
4. Mengurangi kesalahpahaman akibat gagalnya pemahaman antar pribadi

TUJUAN :
Diharapkan setelah mengikuti training ini, peserta akan dapat:
1. Memiliki sikap yang positif bila terjadi konflik sehingga dapat merubah konflik menjadi situasi kompetitif yang sehat dan produktif
2. Menangani konflik dengan berbagai gaya yang sesuai dengan jenis konfliknya
3. Meredam terjadinya potensi konflik
4. Mengenali penyebab seseorang menjadi difficult person
5. Menangani dengan mudah orang-orang yang teridentifikasi sebagai difficult person
6. Menciptakan kondisi yang dapat mengeliminir potensi lahirnya para difficult person
7. Melatih diri sendiri untuk tidak menjadi difficult person bagi orang lain

SIAPA SEBAIKNYA MENIKUTI TRAINING INI?:
Setiap orang yang concern dengan efektivitas kerja sama dengan semua orang termasuk dengan orang yang sulit.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
CONFLICT MANAGEMENT
Bagian 1: What is Conflict
1. Pengertian & penyebab konflik
2. Kerugian dan keuntungan konflik
3. Bentuk-bentuk konflik
4. Cognitive VS Affective conflict
5. Discussion & case study
Bagian 2: Gaya Penyelesaian Konflik (The Thomas-Kilmann Instrument)
1. Mundur / Menghindar (Avoid)
2. Mulus / Akomodasi (Accomodation)
3. Kompromi (Compromise)
4. Memaksa / Kompetisi (Competition)
5. Pemecahan Masalah / Kolaborasi
6. Self-assessment: Managing conflict style
Bagian 3: Mencegah konflik dan resolve conflict
1. Cara mencegah konflik
2. Langkah-langkah dalam resolve conflict
3. Discussion & case study
4. Commitment & action plan

HANDLING DIFFICULT PEOPLE
Bagian 1: Perspektif Perilaku (Behavior perspective)
1. Motivasi dan perilaku
2. Ciri, penyebab dan latar belakang negative behavior
3. Discussion & case study
Bagian 2: Perspektif Kepribadian (Personality Perspective)
1. Mengenali tipe kepribadian diri sendiri dan orang lain
2. Mengenali potensi negative behavior pada diri sendiri dan orang lain
3. Bagaimana menangani negative behavior pada diri sendiri dan orang lain
4. Discussion & case study
5. Commitment & action plan
Bagian 3: Perspektif Komunikasi & Manajemen Conflict (Communication & Conflict Perspective)
1. Prinsip-prinsip komunikasi
2. Tools komunikasi = 3V: Verbal, Vokal, Visual
3. Content VS Context
4. Managing conflict
5. Discussion & case study
6. Commitment & action plan
Bagian 4: Pendekatan Secara Organisasi (Organizational Approach)
1. Menciptakan budaya kerja sama
2. Pentingnya development mindset bagi semua anggota organisasi
3. Pentingnya Performance Management System yang terukur
4. Discussion & case study
5. Commitment & action plan
Bagian 5: Mengenali dan cara menangani tipe-tipe difficult person
1. Berbagai tipe difficult person dan cara menanganinya
2. Merobah difficult person menjadi productive person
3. Discussion & case study
4. Commitment & action plan

METODE TRAINING:
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 Januari 20245 Februari 20244 Maret 20241 April 2024
8 Januari 202412 Februari 202412 Maret 202422 April 2024
15 Januari 202419 Februari 202418 Maret 202429 April 2024
22 Januari 202426 Februari 202425 Maret 2024
29 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 Mei 20243 Juni 20241 Juli 20245 Agustus 2024
13 Mei 202410 Juni 20248 Juli 202412 Agustus 2024
20 Mei 202419 Juni 202415 Juli 202419 Agustus 2024
27 Mei 202424 Juni 202422 Juli 202426 Agustus 2024
29 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 September 20241 Oktober 20244 November 20242 Desember 2024
9 September 20247 Oktober 202411 November 20249 Desember 2024
16 September 202414 Oktober 202418 November 202416 Desember 2024
23 September 202421 Oktober 202425 November 202423 Desember 2024
28 Oktober 202430 Desember 2024

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor