CONTRACT AND PROCUREMENT FRAUD IDENTIFICATION

Silabus Training:
CONTRACT AND PROCUREMENT FRAUD IDENTIFICATION

DESKRIPSI:
Procurement adalah proses pengadaan barang & jasa dalam sebuah institusi. Pada organisasi bisnis, lembaga sosial, atau instansi pemerintahan yang baik biasanya telah memiliki peraturan internal terkait procurement, yang akan memastikan bahwa proses perencanaan pengadaan dan pemilihan supplier telah memenuhi standar umum & dilakukan secara transparan. Dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga Vendor/Supplier yang wan prestasi terhadap order & kontrak.
Perilaku fraud bisa menimpa siapa saja dalam proses pengadaan, tanpa melihat jenjang jabatan. Mulai dari “menjual informasi” procurement plan, bersikap diskriminatif kepada calon pemasok, hingga mengatur proses pengadaan atau tender dengan tujuan meminta “success fee” atau melakukan “mark up harga” demi keuntungan pribadi. Dalam banyak kasus pelaku fraud tidak hanya procurer saja, tapi juga bisa dari bagian lain yang menjadi bagian dari komite pembelian, pemegang database perusahaan, bahkan level pengambil keputusan. Diperlukan sistem dan pengetahuan yang memadai untuk mencegah, mendeteksi, dan mengurangi resiko terjadinya fraud.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Procurement and risk management overview
2. Define procurement management
3. Define risk management
4. Introduction to procurement fraud, fraud detection methods & transparency and accountability principles
5. Common types of procurement frauds, Criteria for gross misconduct, criminal, and civil cases
6. Procurement Planning Process
7. Evaluate the process for developing a request for proposal (RFP)
8. Identify types of contracts for various situations
9. Describe the roles and responsibilities a contract administration, procurement agent and project manager
10. Contracting process
11. Identify vendor solicitation and selection criterions
12. Describe the contract negotiation process
13. Explain the roles of risk management in the contracting process
14. Contract administration process
15. Describe contract administration policies and procedures
16. List the tools for contract administration process
17. External influences on the procurement management process
18. Handling procurement fraud, Constructing preventive policy and control system
19. Indentifikasi Penyimpangan dalam Kecurangan
• Identifikasi Penyimpangan Administratif
• Identifikasi Penyimpangan Perdata
• Identifikasi Penyimpangan Pidana
20. Bukti dan Pembuktian Kecurangan atas Pengadaan Barang dan Jasa
• Jenis dan Tingkat Keandalan Bukti
• Teknik Audit Investigatif untuk mendapatkan Bukti Kecurangan
a. Observasi
b. Pengujian Dokumen
c. Pengujian Fisik
d. Wawancara
• Merangkai Bukti Audit Investigatif terkait dengan Pelanggaran Hukum

METODE TRAINING:
Lecturing, participative discussion, and case study.

 

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor