fbpx

CREATIVE ACCOUNTING DAN DISCLOSURE

Silabus Training :
CREATIVE ACCOUNTING DAN DISCLOSURE

PENDAHULUAN :
Laporan keuangan merupakan suatu informasi yang menggambarkan kondisi suatu perusahaan, dimana selanjutnya itu akan menjadi suatu informasi yang menggambarkan tentang kinerja suatu perusahaan. Menurut Farid dan Siswanto dalam irham fahmi (2011) laporan keuangan merupakan informasi yang diharapkan mampu memberikan bantuan kepada pengguna untuk membuat keputusan ekonomi yang bersifat finansial. Laporan keuangan mengandung harapan akan membantu para penggunan untuk membuat keputusan ekonomi yang bersifat finansial. Untuk membuat laporan keuangan yang akurat perusahaan dihadapkan pada pemilihan tehnik dan kebijakan yang diperbolehkan. Untuk menghadapinya, maka harus mahir dalam memahami situasi yang dinamakan Creatif Accounting. Creatif Accounting merupakan aktivitas perusahaan dalam memanfaatkan teknik dan kebijakan akuntansi guna mendapatkan hasil yang diinginkan atau yang dibutuhkan oleh para stakeholder sesuai dengan peraturan yang berlaku. Creatif Accounting ini merupakan intervensi manajemen dengan sengaja dalam proses penentuan laba, biasanya untuk memenuhi tujuan pribadi, sering kali proses ini mencakup mempercantik laporan keuangan, terutama angka yang paling bawah, yaitu laba. Manajemen laba dapat berupa “kosmetik”, jika manajer memanipulasi akrual yang tidak memiliki konsekuensi arus kas.Selain itu pada umumnya perusahaan yang bukan go public cenderung menyajikan nilai laba fiskal yang lebih rendah dari nilai yang sebenarnya dalam laporan pajak agar agar biaya pajaknya lebih rendah. Sementara perusahaan go public cenderung akan menaikkan laba karena mereka lebih mementingkan kenaikan harga sahamnya dibandingkan dengan pertimbangan pajak. Untuk memahami creatif accounting lebih dalam dan efektif, maka perlu memahami strategi-strategi apa yang harus dilakukan.

TUJUAN PELATIHAN :
1. Peserta diharapkan memahami laporan keuangan berdasrkan standar akuntansi keuangan, beserta fungsi-fungsinya.
2. Peserta diharapkan memahami apa itu creative accounting yang legal dan etis dan faktor-faktor yang diperbolehkan berdasarkan aturan yang berlaku secara umum.
3. Peserta diharapkan memahami , apa yang menjadi motivasi dilakukannya creative accounting dan kapan serta pada situasi apa saja creative accountimng harus dilakukan
4. Peserta diharapkan memahami manajemen laba baik secara kuantitatif maupun kualitatif, dan mengetahui bagaimana dampak terhadap keberlanjutan.
5. Peserta diharapkan memahami strategi-strategi creative accounting
6. Peserta diharapkan dapat membuat laporan pengungkapan (disclouse) laporan keuangan dalam creative accounting

CAKUPAN MATERI PELATIHAN :
1. Laporan Keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan dan perkembangannya
2. Creative Accounting
• Definisi creative accounting
• Legal dan etika dalam creative accounting
• Faktor-faktor yang diperbolehkan dalam creative accounting
3. Motivasi Creative Accounting
• Motivasi menurut perspektif psikologi
• Motivasi creative acccounting bersifat oportunis
• Mengapa harus melakukan creative accounting
4. Tekhnik Creative Accounting
• Pola dan teknik creative accounting
• Teknik dalam creative accounting
5. Fenomena creative Accounting
• Diteksi manajemen laba secara kualititaif
• Diteksi manajemen laba secara kuantitatif
6. Apa yang harus dilakukan dalam memahami creative accounting
• Sikap skeptis
• Pengamatan detail
7. Strategi –strategi Creative Accounting
8. Disclosure

TEMPAT TRAINING :
Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor