CREATIVE PROBLEM SOLVING AND SHARP DECISION MAKING

Silabus Training:
CREATIVE PROBLEM SOLVING AND SHARP DECISION MAKING

TUJUAN TRAINING:
Materi pelatihan yang kami rancang dalam CREATIVE PROBLEM SOLVING AND SHARP DECISION MAKING akan membantu peserta untuk:
– Memahami perbedaan antara menyelesaikan masalah dan menganalisa akar permasalahan.
– Memperbaiki pemahaman tentang sebuah permasalahan
– Memahami kemungkinan indikasi penyebab umum dan penyebab khusus dalam sebuah permasalahan
– Memahami cara mengumpulkan data berkaitan masalah dengan baik
– Memahami cara menganalisa data dengan benar.
– Memahami sebab dan akibat dari sebuah analisa masalah.
– Mampu mengimplementasikan dengan benar bagaimana proses menyelesaikan masalah.
– Mengambil keputusan dengan cepat dan tepat

METODE TRAINING:
Beberapa metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah:
1. Pengajaran
2. Aktivitas permainan
3. Pengambilan hikmah
4. Diskusi tim kecil
5. Self Assesment
Semua metode tersebut dikombinasikan dengan mengutamakan metode adult learning dan interactive experiential learning.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. The difference between problem solving and root cause analysis
Memahami tentang penyelesaian masalah dan menganalisa akar permasalahan.
a. Mengapa analisa akar permasalahan yang efektif sangat penting dilakukan.
b. Beberapa kesamaan dalam meyelesaikan masalah dan kelemahan-kelemahan yang terjadi.
c. Lima langkah menganalisa akar sebuah permasalahan.
d. Apakah setiap langkah bisa diadaptasi dengan cepat dan cara tersebut bisa untuk diaplikasikan.
2. Problem understanding
3. Pemahaman permasalahan
a. Bagaimana memahami langkah antisipasi dan membangun sebuah pondasi untuk kepentingan analisa.
b. Beberapa bentuk diagram untuk memperjelas proses
4. Identifying possible cause generation and focusing
5. Identifikasi penyebab umum dan pemfokusan
a. Mengapa cara ini sangat penting untuk penetrasi yang efektif dari sebuah akar permasalahan
b. Kekuatan brainstorming
c. Mencari sumber lain untuk mencari kemungkinan ide-ide.
d. Kreatifitas dalam menganalisa.
e. Mengurangi daftar melalui teknik penjumlahan kelompok, pengambilan suara, data pembandingan dan matrik.
6. Pengumpulan data penyebab
a. Menetapkan sasaran dalam menyelesaikan sebuah masalah dengan mengidentifikasi kasus-kasus yang paling mudah
b. Penambahan data dibandingkan pengambilan contoh secara acak ; pilihan untuk pengambilan secara acak.
c. Lembar pengecekan dan grafik untuk melakukan pengumpulan data.
d. Melihat langsung, wawancara dan observasi atau melakukan penguatan data.
7. Data analysis
a. Alat untuk memperkuat analisa data
b. Alat untuk menyaring data
c. Alat-alat statistik yang dipergunakan untuk menganalisa data
8. Cause and effect analysis
a. Hubungan analisa data dan kasus-kasus yang terjadi
b. Alat untuk menganalisa kasus dan akibat, mengakomodir kasus dan diagram akibat, diagram struktur, logic tree diagrams, diagram matrix, dan 5 WHY’S.
c. Kapan harus berhenti menganalisa dan kembali kepada proses menyelesaikan masalah.
9. The rest of the problem-solving process
Konklusi penyelesaian masalah.
a. Mengidentifikasi dan menyeleksi solusi dengan baik.
b. Solusi dan perubahan.
c. Mengimplementasikan, menindaklanjuti dan melakukan standarisasi.
10. Excellent decision making
a. 7 ciri-ciri keputusan yang excellent
b. Hambatan-hambatan dalam pengambilan keputusan yang efektif

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified