CREATIVE PROCUREMENT NEGOTIATION AND ART OF CONTRACT DRAFTING MANAGEMENT

Silabus Training :

CREATIVE PROCUREMENT NEGOTIATION AND ART OF CONTRACT DRAFTING MANAGEMENT

PENDAHULUAN

Kemampuan SDM terhadap manajemen kontrak saat ini memegang peranan yang semakin tinggi, seiring dengan peta persaingan bisnis yang semakin ketat dan berat karena berhubungan erat dengan kemampuan daya saing perusahaan terutama dalam melakukan relasi dengan vendor-vendor yang memiliki kualitas prima. Kontrak adalah suatu kesepakatan dari para pihak yang berkaitan dengan kontrak dan diperoleh melalui proses negosiasi antara kedua belah pihak. Kenyataan menunjukkan bahwa pekerjaan membuat suatu kontrak menjadi semakin kompleks dimana melibatkan pula sejumlah para pengambil keputusan atau divisi yang  semakin banyak dan adanya resiko dari pihak-pihak yang terkait, sehingga pembuatan pemilihan bentuk kontrak yang baik adalah sangat diperlukan. Meskipun demikian pembuatan/pemilihan bentuk kontrak yang baik tidaklah simple karena kerugian dari pihak yang mengikatkan diri dapat dimanfaatkan oleh pihak terkait lain atau sebaliknya. Proses pengalihan aktivitas tersebut biasanya dituangkan dalam suatu perjanjian yang dibuat secara tertulis (kontrak). Bagi pihak pemberi atau pihak penerima pekerjaan, kontrak merupakan suatu cara untuk mengamankan transaksi bisnis yang mereka lakukan. Oleh karena itu sangatlah penting membekali para Professional dengan metode dan strategi negosiasi serta kemampuan melakukan kontrak review, sehingga perusahaan akan memperoleh produk dan jasa yang diperlukan dengan kondisi the best bid with; best prices, best quality, serta best terms and conditions. Training ini akan membahas ketrampilan kunci dalam penyusunan kontrak dan teknik – teknik sukses negosiasi dengan supplier.

 
TUJUAN TRAINING

Pelatihan ini akan menjelaskan semua aspek pembentukan kontrak, pelaksanaan dan penyelesaian sengketa. Peserta akan belajar mitigasi risiko, strategi manajemen, dan karakteristik dari berbagai jenis kontrak sehingga akan memberikan peserta pemahaman lengkap tentang hukum kontrak yang memungkinkan mereka untuk menjadi negosiator handal. Dengan pelatihan ini juga, akan diajarkan bagaimana mempersiapkan negosiasi, membangun posisi awal, membaca dan memengaruhi pihak lain, dan bergerak sampai penandatanganan kontrak. Di dalam Strategic Contract Management akan didapatkan wawasan tentang cara menafsirkan dan mengelola kontrak. Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta juga bisa merencanakan dan mempersiapkan negosiasi kontrak, mengembangkan dan menginterpretasikan instrumen negosiasi yang berbeda, dan menyiapkan penyelesaian untuk masalah yang muncul dan tren masa depan dalam negosiasi kontrak, dan memberi saran kepada management dalam rangka mengantisipasi masalah tentang kontrak yang sesuai.

 
METODE TRAINING

Presentation, Discussion, Simulation, Case Study, and Evaluation

 

CAKUPAN MATERI TRAINING :  

  1. Negotiation overview
  2. Prinsip Dasar Negosiasi, Objectif Negosiasi,
  3. Direct/Indirect Negosiasi, Negotiation Triangle
  4. BATNA/ZOPA, Hukum Negosiasi,
  5. Procuremetn Negotiation Framework,
  6. Setting Objectives For Negotiation,
  7. Sources of Negotiating Power,
  8. Managemen Konflik Negosiasi,
  9. Handle difficult People in Negoatiation,
  10. Best practice Negotiation
  11. Contract Management
  12. Contract Overview dan Prinsip Kontrak Asas Contract
  13. Hukum yang berkaitan dengan penyusunan Kontrak
  14. Proses admininstrasi Kontrak
  15. Perencanaan dan kerangka kerja Kontrak
  16. Teknik dan Strategi Melakukan Negosiasi;
  17. Kategori dan Jenis Kontrak
  18. Ruang Lingkup ketentuan Klausal Kontrak
  19. Bagian Bagian penting isi Kontrak
  20. Magement resiko Kontrak
  21. Finalisasi Dokumen Kontrak;
  22. Strategi Menyelesaian Permasalahan dalam Kontrak
  23. Penyelesaian Sengketa Kontrak, Dispute: Mediasi dan Arbitras

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 Januari 20245 Februari 20244 Maret 20241 April 2024
8 Januari 202412 Februari 202412 Maret 202422 April 2024
15 Januari 202419 Februari 202418 Maret 202429 April 2024
22 Januari 202426 Februari 202425 Maret 2024
29 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 Mei 20243 Juni 20241 Juli 20245 Agustus 2024
13 Mei 202410 Juni 20248 Juli 202412 Agustus 2024
20 Mei 202419 Juni 202415 Juli 202419 Agustus 2024
27 Mei 202424 Juni 202422 Juli 202426 Agustus 2024
29 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 September 20241 Oktober 20244 November 20242 Desember 2024
9 September 20247 Oktober 202411 November 20249 Desember 2024
16 September 202414 Oktober 202418 November 202416 Desember 2024
23 September 202421 Oktober 202425 November 202423 Desember 2024
28 Oktober 202430 Desember 2024

  

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: Notes dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified