Silabus Training :
CSR COMMUNICATION MANAGEMENT
PENDAHULUAN:
Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial kini telah menjadi bagian penting dalam menjalankan bisnis Perusahaan. Banyak perusahaan yang kemudian aktif mengkomunikasikan CSR, baik yang dilakukan secara langsung maupun melalui media. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi telah dianggap penting, bahkan sama pentingnya dengan pelaksanaan CSR itu sendiri.
Di era Image War (perang citra) seperti saat ini, tak dapat dipungkiri berhasil atau tidaknya kegiatan CSR akan bertumpu pada bagaimana Public Relations mengkomunikasikan. Namun, peran Public Relations dalam mengkomunikasikan CSR akan berkembang menjadi lebih kompleks seiring dengan kemajuan dari program CSR.
Tentunya, setiap Public Relations menginginkan komunikasi CSR yang dilakukan itu efektif. Sayangnya,upaya mengkomunikasikan CSR seringkali dijawab hanya dengan menambah medianya, baik melalui melalui media cetak maupun elektronik. Perusahaan mungkin bertanya-tanya, apakah media yang banyak ini masih belum cukup?
Dapat dikatakan, memperbanyak media dan frekuensi tentu merupakan upaya positif. Tapi, apakah pesan komunikasi yang disampaikan juga diartikan “sama” oleh para pemangku kepentingan? Oleh karena itu, komunikasi CSR tidak sekedar dimaknai sebagai proses transmisi informasi dari perusahaan pada stakeholder.Melainkan upaya dalam menciptakan pemaknaan yang sama antara perusahaan dan stakeholder.
OBJEKTIF TRAINING:
1. Memberikan mindset terkait Komunikasi CSR yang efektif dan efisien
2. Peserta mampu mengkomunikasikan CSR melalui multimedia terintegrasi
CAKUPAN MATERI TRAINING:
Hari ke-1
1. Konseptual CSR dan Komunikasi
2. Proses Komunikasi CSR Ideal
3. Pemahaman dan Pemetaan Stakeholder sebagai target khalayak
4. Mengemas Pesan CSR berorientasi Stakeholder
5. Pemilihan media komunikasi CSR dan teknik komunikasinya;
a) Corporate Website
b) Corporate Advertising
c) In-House Magazine
6. Teknik Publikasi CSR melalui media massa
a) Penetapan Tujuan Komunikasi
b) Teknik Penulisan media
c) Creative Communication
d) Media Placement Strategy
Hari ke-2
Komunikasi CSR melalui Laporan Keberlanjutan (Sustainable Reporting)
a) GRI-G4 sebagai Panduan Laporan
b) Prinsip-prinsip Pelaporan
c) Kriteria yang harus diterapkan oleh organisasi dalam laporan
d) Pengungkapan Standar Umum dan Khusus
e) Penetapan Material dan Boundary
f) Format Laporan Keberlanjutan
METODE TRAINING:
• Praktik
• Studi Kasus
• Presentasi
• Diskusi
SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
• Corporate Communication
• Corporate Secretary
• Public Relations/Humas
• Administrasi
VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION : 2 hari
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 Januari 2024 | 5 Februari 2024 | 4 Maret 2024 | 1 April 2024 |
8 Januari 2024 | 12 Februari 2024 | 12 Maret 2024 | 22 April 2024 |
15 Januari 2024 | 19 Februari 2024 | 18 Maret 2024 | 29 April 2024 |
22 Januari 2024 | 26 Februari 2024 | 25 Maret 2024 | |
29 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 Mei 2024 | 3 Juni 2024 | 1 Juli 2024 | 5 Agustus 2024 |
13 Mei 2024 | 10 Juni 2024 | 8 Juli 2024 | 12 Agustus 2024 |
20 Mei 2024 | 19 Juni 2024 | 15 Juli 2024 | 19 Agustus 2024 |
27 Mei 2024 | 24 Juni 2024 | 22 Juli 2024 | 26 Agustus 2024 |
29 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 September 2024 | 1 Oktober 2024 | 4 November 2024 | 2 Desember 2024 |
9 September 2024 | 7 Oktober 2024 | 11 November 2024 | 9 Desember 2024 |
16 September 2024 | 14 Oktober 2024 | 18 November 2024 | 16 Desember 2024 |
23 September 2024 | 21 Oktober 2024 | 25 November 2024 | 23 Desember 2024 |
28 Oktober 2024 | 30 Desember 2024 |
INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified