DASAR – DASAR AUDIT INTERNAL

Training Syllabus:
DASAR – DASAR AUDIT INTERNAL

PENDAHULUAN:
Untuk menjadi auditor yang sukses, dasar pengetahuan yang kuat dan pemahaman dasar keterampilan audit sangatlah penting. Dengan program ini, auditor baru, seperti juga non-auditor yang bertanggung jawab dalam pengendalian internal, dapat mempelajari seluk-beluk audit dari awal sampai akhir. Class format: Lecture, case studies, small and large group discussions, facilitator presentations, skill practices, and self-assessments.

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
1. Auditor dari Disiplin dan Latar Belakang Non-Auditing,
2. Auditor Pemula/Muda,
3. Manager, Supervisor dan Auditor Madya yang Merasa Perlu, serta
4. Controller Assistant , Badan Pemeriksa, Quality Assurance Staff

TUJUAN DAN MANFAAT TRAINING:
Pelatihan ini akan difokuskan pada aktivitas teknis pemeriksaan yaitu program pemeriksaan, kertas kerja (audit work papers) dan laporan audit. Diharapkan para peserta akan dapat:
1. Mengetahui Proses Penyusunan dan Revisi Program Pemeriksaan,
2. Menguasai Teknik, Metode dan Cara-Cara Penyusunan Kerjas Kerja Pemeriksaan (Audit Work Papers-AWP), dan
3. Memahami Prosedur dan Tata Cara Penyusunan Laporan Audit dan Cara Pengkomunikasian Temuan.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
HIGHLIGHT FUNGSI AUDIT INTERNAL PERUSAHAAN
1. Tujuan & Aktivitas Audit Internal Perusahaan,
2. Struktur Organisasi Departemen Audit Internal,
3. Job Description Auditor, Supervisor & Manager Departemen Audit Internal, serta
4. Kebebasan Akses & Gerak Auditor Internal.

PERSIAPAN & PELAKSANAAN PEMERIKSAAN INTERNAL
1. Kegiatan Persiapan Audit Objek Tertentu,
2. Kontak Awal dengan Objek Pemeriksaan & Field Survey,
3. Membuat (Merevisi) Program Audit,
4. Mengumpulkan Bukti & Fakta,
5. Audit Point – Sheet Findings,
6. Membuat Memo Audit Finding untuk Manajemen, Dll

MENYUSUN AUDIT WORKPAPERS (KERTAS KERJA AUDIT)
1. Fungsi dan Isi Audit Works Papers (AWP),
2. Audit Work Papers Standards (AWP),
3. Teknik Pembuatan Audit Work Papers (AWP),
4. Referensi dari Sumber-Sumber Eksternal
5. Dokumentasi Temuan Pemeriksaan, Dll

PENYUSUNAN LAPORAN AUDIT & REKOMENDASI
1. Persiapan dan Koordinasi Penyusunan Laporan,
2. Komentar Manajemen atas Temuan,
3. Audit Report Findings,
4. Proses Penyusunan Draft Laporan,
5. Laporan Akhir dan Tindak Lanjut, serta
6. Komunikasi Personal dalam Audit.

VENUE :

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor