fbpx

DESAIN GRAFIS DAN KEMASAN PRODUK

Silabus Training :
DESAIN GRAFIS DAN KEMASAN PRODUK

PENDAHULUAN
Banyak pakar komunikasi visual (visual communication) memberikan definisi terhadap desain grafis. Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ”aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Intinya, desain grafis merupakan sebuah pekerjaan yang melibatkan proses kreatitifas yang berasal dari konsep dan ide serta pengaturan secara visual untuk menyampaikan pesan tertentu.
Graphic Design sangat erat kaitannya dengan Desktop Publishing. Secara umum, desktop publishing adalah proses mekanisme yang berasal dari seorang designer maupun non-designer untuk mengubah ide dan gagasannya dalam bentuk surat kabar, majalah, brosur, iklan, poster, kartu ucapan, maupun desain kemasan produk. Salah satu turunan dari ilmu desain grafis adalah desain kemasan produk. Mengapa desain kemasan sangat penting bagi pemasaran?
Semakin bagus desain kemasan produk, maka akan semakin besar peluang produk diminati banyak pembeli di pasaran. Seorang desainer harus dapat memainkan kreatifitas untuk membuat sebuah desain kemasan yang benar-benar unik dan lain dari pada yang lain. Desain kemasan yang bagus tidak harus mahal dan terbuat dari bahan-bahan yang mahal. Yang terpenting adalah kemasan tersebut dapat memuat informasi secara detail mengenai produk dan perusahaantanpa menimbulkan ambiguitas.
TUJUAN TRAINING :
1. Peserta diharapkan dapat mengetahui seputar dunia percetakan (printing), termasuk ukuran media cetak yang umum
2. Peserta diharapkan dapat mengetahui cara mendesain sebuah kemasan produk tradisional
3. Peserta diharapkan dapat mengetahui teknik dasar membuat kemasan produk dengan beragam bentuk
4. Peserta diharapkan dapat menghitung secara mendetail ukuran kertas yang digunakan untuk desain kemasan
5. Peserta diharapkan dapat mengetahui jenis-jenis dan ukuran kertas untuk kemasan produk
6. Peserta diharapkan dapat mengimplementasikan desain kemasan produk dengan komputer grafis (Adobe Photoshop)
7. Peserta diharapkan dapat mengoperasikan Adobe Photoshop secara mahir untuk mendesain kemasan produk

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1 Dasar-dasar Ilmu Percetakan
2 Teori Desain Kemasan
3 Teknik Mendesain Kemasan Produk
4 Mengenal Jenis Kertas dan Ukurannya
TARGET AUDIENS
1. Graphic Designer
METODE TRAINING
Metode yang digunakan adalah Presentasi, Simulasi (Praktek), dan Studi Kasus

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 4 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
2 – 5 Januari 20245 – 8 Februari 20244 – 7 Maret 20241 – 4 April 2024
8 – 11 Januari 202412 – 15 Februari 202412 – 15 Maret 202422 – 25 April 2024
15 – 18 Januari 202419 – 22 Februari 202418 – 21 Maret 202429 April – 2 Mei 2024
22 – 25 Januari 202426 – 29 Februari 202425 – 28 Maret 2024
29 Jan – 1 Feb 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 9 Mei 20243 – 6 Juni 20241 – 4 Juli 20245 – 8 Agustus 2024
13 – 16 Mei 202410 – 13 Juni 20248 – 11 Juli 202412 – 15 Agustus 2024
20 – 23 Mei 202419 – 22 Juni 202415 – 18 Juli 202419 – 22 Agustus 2024
27 – 30 Mei 202424 – 27 Juni 202422 – 25 Juli 202426 – 29 Agustus 2024
29 Juli – 1 Agus 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 5 September 20241 – 4 Oktober 20244 – 7 November 20242 – 5 Desember 2024
9 – 12 September 20247 – 10 Oktober 202411 – 14 November 20249 – 12 Desember 2024
16 – 19 September 202414 – 17 Oktober 202418 – 21 November 202416 – 19 Desember 2024
23 – 26 September 202421 – 24 Oktober 202425 – 28 November 2024
28 – 31 Oktober 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 8.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 8.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 7.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified