fbpx

EFFECTIVE BUSINESS WRITING AND COMMUNICATION

Silabus Training :
EFFECTIVE BUSINESS WRITING AND COMMUNICATION

PENDAHULUAN:
Sebagai pekerja profesional, sudah selayaknya seseorang memiliki keterampilan berkomunikasi, tidak hanya kemampuan berkomunikasi secara lisan, tetapi juga mampu berkomunikasi melalui tulisan. Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki adalah terkait Penulisan Bisnis.
Perbedaan utama penulisan bisnis dengan penulisan lainnya adalah “a call to action”. Lebih jauh penulisan bisnis memerlukan kejelasan isi, bukan gaya penulisan. Ada beberapa kunci yang perlu diperhartikan, yaitu; Penulis harus mampu menetapkan tujuan penulisan yang spesifik, menuangkan ide yang tepat dalam paragraf dan menyajikan kalimat pembuka yang ringkas serta yang tak kalah penting membuat pembaca bisa memahami tulisan dengan cepat. Bagaimana hal ini harus di implementasikan dalam penulisan bisnis?
Hambatan dalam penulisan bisnis jika tidak diatasi dengan baik, maka akan mengganggu keefektifan dalam penulisan bisnis tersebut. Mengingat bahwa proses penulisan itu mempunyai andil yang sangat penting.

OBJEKTIF TRAINING:
1. Memberikan mindset terkait penulisan bisnis
2. Peserta mampu menyiapkan dan mengkomunikasikan tulisan bisnis secara efektif.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
HARI KE-1
1. Memahami Penulisan Bisnis yang efektif
2. Menetapkan tujuan penulisan bisnis
3. Prinsip dasar tulisan bisnis
4. Struktur tulisan bisnis
5. Pengembangan Outline Tulisan Bisnis
6. Menyiapka Draf dan Topik
7. Pengorganisasian Ide Tulisan
8. Memahami stakeholder sebagai pembaca tulisan
9. Mengemas pesan yang sesuai dengan tujuan perusahaan.
10. Menyesuaikan gaya penulisan yang sesuai dengan topik dan pembaca
11. Teknik Editing Tulisan

HARI KE-2
1. Praktik menulis dengan format yang tepat;
a) Business Letter
b) E-Mail Writing
c) Memorandum
d) Press Release
e) Invitation Letter
f) Letter of Complaint
g) Refusal Letter
h) Meeting Agenda and Minutes
i) The Mission Statement
j) Newsletters
k) Online Writing (Website/Blog)
2. Teknik Editing Tulisan
3. Presentasi Tulisan

METODE TRAINING:
• Praktik
• Presentasi dan Diskusi

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
1. Corporate Communication
2. Corporate Secretary
3. Public Relations Officer
4. Customer Relationship
5. Sales/Marketing Officer
6. Administrasi

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 hari

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 Januari 20245 Februari 20244 Maret 20241 April 2024
8 Januari 202412 Februari 202412 Maret 202422 April 2024
15 Januari 202419 Februari 202418 Maret 202429 April 2024
22 Januari 202426 Februari 202425 Maret 2024
29 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 Mei 20243 Juni 20241 Juli 20245 Agustus 2024
13 Mei 202410 Juni 20248 Juli 202412 Agustus 2024
20 Mei 202419 Juni 202415 Juli 202419 Agustus 2024
27 Mei 202424 Juni 202422 Juli 202426 Agustus 2024
29 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 September 20241 Oktober 20244 November 20242 Desember 2024
9 September 20247 Oktober 202411 November 20249 Desember 2024
16 September 202414 Oktober 202418 November 202416 Desember 2024
23 September 202421 Oktober 202425 November 202423 Desember 2024
28 Oktober 202430 Desember 2024

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified