Silabus Training:
EFFECTIVE LEADERSHIP
PENDAHULUAN:
Isu mengenai kepemimpinan (leadership) merupakan salah satu isu paling penting dan berkembang dalam dunia manajemen selama beberapa dekade terakhir. Perdebatan mengenai kepemimpinan terbaik muncul dari beragam sudut pandang, aspek dan dampaknya terhadap masyarakat luas. Benang merah dari beragam perdebatan dan paradigma kepemimpinan yang ada adalah fleksibilitas dan kesesuaian dengan konteks yang ada.
Kepemimpinan efektif adalah suatu keharusan di dalam sebuah organisasi ataupun sebuah tim untuk memastikan tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik tanpa menimbulkan konflik yang tidak sehat. Kepemimpinan merupakan sebuah keahlian yang meskipun tampak kompleks namun tetap bisa dilatihkan dan dimunculkan dalam diri seriap orang, tentu dengan gaya khas masing-masing yang mewarnainya.
Kepemimpinan efektif melibatkan banyak keahlian di dalamnya, mulai dari kemampuan melihat jauh ke depan (visioner), pengelolaan diri, penyelesaian konflik, komunikasi personal maupun publik, pengambilan keputusan, hingga memotivasi orang lain. Pelatihan ini akan menunjukkan bagaimana menjadi pemimpin yang efektif dan mampu membawa organisasi kepada tujuan yang diinginkan. Studi kasus dan role playing akan membantu peserta memahami dan menerapkan materi –materi yang sudah diperoleh.
TUJUAN TRAINING:
- Mendorong peserta agar mengenali, menguasai dan mengembangkan metode-metode kepemipinan efektif serta konsekuensi dari perannya
- Menekankan pentingnya rencana dan persiapan untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif dan amanah
- Melatih peserta untuk mampu menguasai keahlian-keahlian mendasar yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin
CAKUPAN MATERI TRAINING:
- Pengantar kepemimpinan
- Visi pemimpin
- Komunikasi dan Empati
- Prinsip dasar memotivasi orang lain
- Manajemen konflik
- Manajemen emosi dan stress
- Dasar-dasar pengambilan keputusan
SIAPA YANG SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI? :
- Para staf/officer yang akan mendapat promosi untuk menduduki posisi supervisor/manajer
- Para supervisor/manajer yang baru saja menduduki posisinya
- Mereka yang diproyeksikan sebagai pimpinan perusahaan di masa mendatang
- Mereka yang bekerja dengan berinteraksi dan melibatkan banyak orang
METODE TRAINING :
- Presentasi
- Diskusi
- Games
- Studi kasus
- Role play (bermain peran)
- Simulasi
VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
TRAINING DURATION : 3 days
TRAINING TIME :
Januari 2025 | Februari 2025 | Maret 2025 | April 2025 |
2 - 4 Januari 2025 | 3 - 5 Februari 2025 | 3 - 5 Maret 2025 | 7 - 9 April 2025 |
6 - 8 Januari 2025 | 10 - 12 Februari 2025 | 10 - 12 Maret 2025 | 14 - 16 April 2025 |
13 - 15 Januari 2025 | 17 - 19 Februari 2025 | 17 - 19 Maret 2025 | 21 - 23 April 2025 |
20 - 22 Januari 2025 | 24 - 26 Februari 2025 | 28 - 30 April 2025 | |
27 - 29 Januari 2025 | |||
Mei 2025 | Juni 2025 | Juli 2025 | Agustus 2025 |
5 - 7 Mei 2025 | 2 - 4 Juni 2025 | 1 - 3 Juli 2025 | 4 - 6 Agustus 2025 |
12 - 14 Mei 2025 | 9 - 11 Juni 2025 | 7 - 9 Juli 2025 | 11 - 13 Agustus 2025 |
19 - 21 Mei 2025 | 16 - 18 Juni 2025 | 14 - 16 Juli 2025 | 18 - 20 Agustus 2025 |
26 - 28 Mei 2025 | 23 - 25 Juni 2025 | 21 - 23 Juli 2025 | 25 - 27 Agustus 2025 |
28 - 30 Juli 2025 | |||
September 2025 | Oktober 2025 | November 2025 | Desember 2025 |
1 - 3 September 2025 | 6 - 8 Oktober 2025 | 3 - 5 November 2025 | 1 - 3 Desember 2025 |
8 - 10 September 2025 | 13 - 15 Oktober 2025 | 10 - 12 November 2025 | 8 - 10 Desember 2025 |
15 - 17 September 2025 | 20 - 22 Oktober 2025 | 17 - 19 November 2025 | 15 - 17 Desember 2025 |
22 - 24 September 2025 | 27 - 29 Oktober 2025 | 24 - 26 November 2025 | 22 - 24 Desember 2025 |
29 Sep - 1 Okt 2025 | 29 - 31 Desember 2025 |
INVESTMENT PRICE/PERSON :
- 6.500.000/person (full fare) or
- 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
- 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
- Training Module
- Flash Disk contains training material
- Certificate
- Stationeries: NoteBook and Ballpoint
- T-Shirt
- Backpack
- Training Photo
- Training room with Full AC facilities and multimedia
- Lunch and twice coffeebreak every day of training
- Qualified Instructor