ESSENTIAL SKILL FOR SECRETARY AND ADMINISTRATION PROFESSIONAL

Silabus Training :
ESSENTIAL SKILL FOR SECRETARY AND ADMINISTRATION PROFESSIONAL

TUJUAN TRAINING :
Menghadapi perubahan akibat pengembangan perusahaan, kemajuan teknologi dan informasi, maka untuk menjadi staf administrasi dan sekretaris yang handal, haruslah dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Pelatihan ini diarahkan pada pengembangan diri staf administrasi atau sekretaris yang dapat diandalkan dan mampu mengikuti perkembangan perusahaan dengan cara :
1. Memahami fungsi dan tugas seorang staf administrasi /sekretaris yang menunjang pencapaian sasaran pimpinan dan organisasi perusahaan
2. Memahami etika kerja dan teknik komunikasi yang baik sebagai staf administrasi/sekretaris dan menerapkannya dalam proses kerja melayani pimpinan dan relasi perusahaan.
3. Memahami teknis pengerjaan administrasi dalam sistem informasi perkantoran yang menunjang kelancaran aktivitas pimpinan dan pencapaian tujuan unit kerja / organisasi

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI ? :
a. Para Sekretaris
b. Staf administrasi (unit kerja tidak dibatasi)

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. SEKRETARIS DAN ADMINISTRASI PROFESIONAL
Peran staf administrasi / sekretaris yang handal dalam menangani sistem informasi perkantoran dan mendukung pelaksanaan manajemen pimpinan
a. Pengertian & peranan Sistem Informasi Perkantoran
b. Fungsi & tugas staf administrasi / sekretaris dalam pengelolaan Sistem Informasi Perkantoran & support pimpinan
c. Pemahaman Job Description Sekretaris
d. Syarat & kepribadian staf administrasi / sekretaris
2. PROFESSIONAL COMPETENCE DEVELOPMENT
Pengembangan kompetensi diri dalam melaksanakan Management Filing System, salah satu tugas profesi sekretaris
a. Peranan dan jenis arsip
b. Teknik pengelolaan arsip
c. Prinsip 5 R penunjang filing system
d. Pengurusan & pengendalian surat
e. Tinjauan masalah filing system di tempat kerja
f. Diskusi penyelesaian masalah
3. INTRAPERSONAL COMPETENCE DEVELOPMENT
Mengembangkan kompetensi atau kemampuan untuk mengenal dan mengendalikan diri sendiri sebagai sekretaris
a. Self Awareness :
 Pemahaman diri dengan introspeksi
 Pemahaman diri dengan giving feedback
 Pengembangan potensi diri
b. Self Direction :
 Goal setting
 Visi & target
 Motivasi
 Sikap positif menghadapi dinamika kerja
c. Self Management :
 Time management
 Stress handling
4. INTERPERSONAL COMPETENCE DEVELOPMENT
Mengembangkan kemampuan untuk bergaul dan berinteraksi dengan orang lain menjalankan profesi sekretaris.
a. Human Relation :
 Prinsip dasar human relation
 komunikasi
b. Keterampilan Komunikasi dalam dunia kerja
 Komunikasi dalam membangun teamwork
 Komunikasi dalam menciptakan customer satisfaction
 Penerimaan & pelayanan tamu kantor
 Penerimaan pelayanan telepon dan tata cara menelepon

METODE TRAINING :
1. Ceramah & Tanya jawab
2. Presentation
3. Diskusi / Case Study
4. Problem Solving

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 4 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
6 - 9 Januari 20253 - 6 Februari 20253 - 6 Maret 20257 - 10 April 2025
13 - 16 Januari 202510 - 13 Februari 202510 - 13 Maret 202514 - 17 April 2025
20 - 23 Januari 202517 - 20 Februari 202517 - 20 Maret 202521 - 24 April 2025
27 - 30 Januari 202524 - 27 Februari 2025 28 Apr - 2 Mei 2025
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 8 Mei 20252 - 5 Juni 20251 - 4 Juli 20254 - 7 Agustus 2025
12 - 15 Mei 20259 - 12 Juni 20257 - 10 Juli 202511 - 14 Agustus 2025
19 - 22 Mei 202516 - 19 Juni 202514 - 17 Juli 202518 - 21 Agustus 2025
26 - 29 Mei 202523 - 26 Juni 202521 - 24 Juli 202525 - 28 Agustus 2025
  28 - 31 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 4 September 20256 - 9 Oktober 20253 - 6 November 20251 - 4 Desember 2025
8 - 11 September 202513 - 16 Oktober 202510 - 13 November 20258 - 11 Desember 2025
15 - 18 September 202520 - 23 Oktober 202517 - 20 November 202515 - 18 Desember 2025
22 - 25 September 202527 - 30 Oktober 202524 - 27 November 202522 - 25 Desember 2025
29 Sep - 2 Okt 2025   

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 8.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 8.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 7.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor