EXCELLENT AUTOMATION OFFICE DATA PROCESSING SYSTEM & DATA REPORT WITH VISUAL BASIC APPLICATION EXCEL 2010

Silabus Training :
EXCELLENT AUTOMATION OFFICE DATA PROCESSING SYSTEM & DATA REPORT WITH VISUAL BASIC APPLICATION EXCEL 2010

TRAINING INTRODUCTION :
Pengolahan database yang cukup kompleks dengan menggunakan sejumlah sheet, bahkan menggunakan file workbook ditambah penggunaan fungsi atau formula yang dituliskan satu per satu dalam suatu cell address akan sangat merepotkan jika hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang.
Selain itu, metode tersebut sangat rentan terhadap perubahan – perubahan yang tidak disengaja ataupun disengaja, baik dari aspek tampilan ataupun formula – formula yang yang sudah ditetapkan.
Untuk menghindari hal-hal tersebut di atas, pilihan yang paling tepat adalah dengan menggunakan konsep pemrograman dengan menggunakan Visual Basic for Application (VBA) di dalam Excel 2010.
Penerapan konsep VBA di dalam pekerjaan sehari-hari, pertama ; penyelesaian beberapa pekerjaan sekaligus jauh lebih cepat prosesnya dibandingkan dengan dilakukan secara manual, kedua ; dapat menghemat tenaga, karena prosesnya dilakukan secara full automation, ketiga ; program secara konsisten akan menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus berdasarkan sekumpulan perintah yang sudah ditulis dalam format Visual Basic code program, sehingga sangat mengurangi tingkat kesalahan yang terjadi, karena kesalahan hanya dapat terjadi pada saat menuliskan code program tersebut.

TRAINING OBJECTIVE :
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :
1. Mengetahui dan memahami konsep pembuatan VBA dalam aplikasi Excel 2010 dengan berbagai cara atau metode.
2. Mengetahui dan memahami tipe-tipe data dalam Visual Basic.
3. Mengetahui dan memahami tipe-tipe data dalam Macro Sheet.
4. Membuat dan menggunakan variable name dan constant name.
5. Membuat dan menggunakan nama fungsi dan procedure di dalam Visual Basic Editor (VBE).
6. Membuat dan menggunakan property dan event procedure.
7. Membuat form slip gaji dan program cetak kalimat dari angka nominal gaji.
8. Membuat dan menggunakan panel – panel database inquiry.
9. Membuat dan menggunakan panel – panel database maintenance ( New, Edit, Delete, Find and Print ).
10. Melakukan proteksi pada sheet dan aplikasi yang sudah dibuat.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Introduction and understanding of Visual Basic for Application Excel 2010 Concept.
2. Understanding of Form Controls and ActiveX Control and its use in VBA.
3. Introduction and understanding data types of Visual Basic.
4. Introduction and understanding data types of Macro Sheet.
5. How create and using variable name and constant name.
6. How create and using procedure name in Visual Basic Editor (VBE).
7. How create and using function name in Visual Basic Editor (VBE).
8. How create and using property tools object.
9. How create and using event procedure.
10. Understanding of Database Inquiry Program with the buttons (Top, Next, Previous and Bottom).
11. Create and Design Worksheet for Database Inquiry Display with the buttons.
12. Flow Charts program for Database Inquiry Process.
13. Program code writing for Database Inquiry process.
14. Understanding of Database Maintenance Program with the buttons ( New, Save, Cancel, Find, Edit, Update, Delete and Print ).
15. Create and Design Worksheet for Database Maintenance Display with the buttons.
16. Flow Charts program for Database Maintenance Process.
17. Program code writing for Database Maintenance process.
18. How create and using main menu application.
19. How create protection for main menu applications.

TRAINING METHOD :
Terangkan – Tunjukkan – Lakukan
Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024 Februari 2024 Maret 2024 April 2024
3 – 4 Januari 2024 5 – 6 Februari 2024 4 – 5 Maret 2024 1 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 2024 12 – 13 Februari 2024 12 – 13 Maret 2024 22 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 2024 19 – 20 Februari 2024 18 – 19 Maret 2024 29 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 2024 26 – 27 Februari 2024 25 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024 Juni 2024 Juli 2024 Agustus 2024
6 – 7 Mei 2024 3 – 4 Juni 2024 1 – 2 Juli 2024 5 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 2024 10 – 11 Juni 2024 8 – 9 Juli 2024 12 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 2024 19 – 20 Juni 2024 15 – 16 Juli 2024 19 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 2024 24 – 25 Juni 2024 22 – 23 Juli 2024 26 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024 Oktober 2024 November 2024 Desember 2024
2 – 3 September 2024 1 – 2 Oktober 2024 4 – 5 November 2024 2 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 2024 7 – 8 Oktober 2024 11 – 12 November 2024 9 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 2024 14 – 15 Oktober 2024 18 – 19 November 2024 16 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 2024 21 – 22 Oktober 2024 25 – 26 November 2024 23 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 2024 30 – 31 Desember 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified