FUNDAMENTALS MICROSOFT EXCEL FOR OFFICE DATA PROCESSING AND REPORTING

Silabus Training :

FUNDAMENTALS MICROSOFT EXCEL FOR OFFICE DATA PROCESSING AND REPORTING

 

INTRODUCTION :

Penggunaan aplikasi Microsoft Excel untuk mempermudah pekerjaan pengolahan data dan pembuatan pelaporannya untuk semua karyawan di setiap organisasi ataupun perusahaan sudah menjadi keharusan, karena umumnya aplikasi tersebut sudah terinstall dalam paket Microsoft Windows dan Microsoft Office yang ada di setiap komputer karyawan. Apabila setiap karyawan, baik karyawan in office ataupun out office dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan benar, maka pekerjaan pengolahan data dan pembuatan pelaporannya akan dapat dikerjakan dengan efisien dan efektif, karena mereka tidak butuh lagi mesin ketik dan kalkulator. Keputusan bijaksana yang harus diambil oleh pimpinan organisasi adalah mengharuskan setiap karyawannya bisa menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan benar agar bisa bekerja dengan efisien dan efektif dalam pekerjaan pengolahan data dan pembuatan laporannya sehari-hari, jangan ada lagi kalkulator di atas meja kerjanya.

 

TRAINING OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Mengelola file Workbook dan Worksheet.
  2. Memasukan dan mengelola data.
  3. Mengurutkan data berdasarkan berbagai pilihan kunci kolom data.
  4. Menghilangkan data double dalam hitungan detik tanpa rumus.
  5. Memformat dan mendisain data lembar kerja
  6. Membuat rekapan data dari sejumlah worksheet dengan cepat dan mudah di mana data-datanya terhubung secara otomatis.
  7. Membuat summary database report dengan cepat, tepat dan mudah.
  8. Membuat dan bekerja dengan formula yang berisi rumus dan fungsi.
  9. Membuat dan mendisain data grafik.
  10. Mengatur ukuran kertas, batas margin atas – bawah – kiri – kanan – header – footer.
  11. Membuat header dan footer pada worksheet.
  12. Memasukan object Picture ke dalam worksheet pada area header.
  13. Memasukan object Page Number ke dalam worksheet pada area footer
  14. Mencetak data worksheet dalam 1 (satu) halaman .
  15. Mencetak data worksheet dalam beberapa halaman dan setiap halaman ada judul laporannya dan catatan kaki dengan nomor halamannya,

 

CAKUPAN MATERI TRAINING :

  1. MENGELOLA WORKSHEET EXCEL
  • Melihat data pada beberapa Worksheet sekaligus.
  • Menyisipkan dan menghapus Worksheet.
  • Merubah nama Worksheet.
  • Memindahkan Worksheet
  1. MEMASUKAN DAN MENGELOLA DATA.
  • Memasukan data.
  • Mengedit dan menghapus data yang sudah ada.
  • Memperbesar tampilan data.
  • Membatalkan dan mengembalikan perubahan.
  • Menyalin dan menempelkan data.
  • Menyisipkan dan menghapus baris.
  • Menyisipkan dan menghapus kolom.
  • Memindahkan data.
  • Mencari dan menemukan data.
  • Mencari dan mengganti sejumlah data sekaligus.
  • Menggunakan tab menu Data – Sort :

Column – Sort by ;  Sort On – Cell Values ;

Order ;  A – Z ;  Z – A ; Custom List.

  • Menggunakan tool data REMOVE DUPLICATE dengan parameter kriteria datanya.
  1. MEMFORMAT DAN MENDISAIN DATA WORKSHEET.
  • Merubah jenis font dan ukurannya.
  • Mengatur tampilan data dalam format Bold – Italic – Underline
  • Mengatur lebar kolom.
  • Mengatur warna latar belakang sel dan teks sel.
  • Mengatur format tampilan data numeric.
  • Menggunakan tool Merge and Center pada area sel data
  • Mengubah perataan data horizontal.
  • Mengubah perataan data vertical.
  • Mengubah tinggi baris.
  • Menghapus pemformatan.
  1. BEKERJA DENGAN RUMUS DAN FUNGSI.
  • Membuat penjumlahan otomatis dengan tool Autosum.
  • Memasukan rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
  • Menggunakan fungsi penjumlahan angka SUM()
  • Menggunakan fungsi penjumlahan character COUNT()
  • Mengedit rumus atau fungsi.
  • Menyalin rumus.
  1. MEMBUAT LAPORAN RINGKASAN DATA – GRAPHIC – PICTURE
  • Membuat table data untuk sumber data graphic.
  • Memasukan object Graphic ke dalam Worksheet.
  • Menghubungkan table data pada object Graphic.
  • Membuat dan mendisain graphic.
  • Membuat rekapan data dengan CONSOLIDATE Tool
  • Membuat ringkasan database dengan PIVOT TABLE Tool.
  1. MENGATUR UKURAN KERTAS – MARGIN – LAYOUT – WORKSHEET DI EXCEL

1)  Pemilihan Size Paper yang digunakan untuk pencetakan laporan.

2)  Pengaturan Margin Area  : Top – Left – Right – Bottom.

3)  Pengaturan Header and Footer Area.

  1. MEMASUKAN OBJECT PICTURE DAN NOMOR HALAMAN KE DALAM WORKSHEET.
  • Memasukan object Picture ke dalam area Header Worksheet.
  • Membuat Judul Laporan ke dalam area Header Worksheet.

2)  Memasukan nomor halaman ke dalam area Footer Worksheet.

  1. MENCETAK DATA WORKSHEET DI EXCEL
  • Menentukan area pencetakan judul laporan – isi laporan – Catatan kaki laporan.
  • Menggunakan Print Preview.
  • Mencetak dalam bentuk Portrait (Vertical) dan Landscape (Horizontal).
  • Menengahkan worksheet pada halaman.
  • Mencetak Worksheet dalam satu halaman ke dalam bentuk file *.PDF.
  • Mencetak Worksheet dalam beberapa halaman dan setiap halaman ada judul laporannya dan catatan kaki dengan nomor halamannya dan dalam bentuk file *.PDF.

 

TRAINING METHOD :

Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

 

 

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified