FUNDAMENTALS MICROSOFT EXCEL FOR OFFICE DATA PROCESSING AND REPORTING

Silabus Training :

FUNDAMENTALS MICROSOFT EXCEL FOR OFFICE DATA PROCESSING AND REPORTING

 

INTRODUCTION :

Penggunaan aplikasi Microsoft Excel untuk mempermudah pekerjaan pengolahan data dan pembuatan pelaporannya untuk semua karyawan di setiap organisasi ataupun perusahaan sudah menjadi keharusan, karena umumnya aplikasi tersebut sudah terinstall dalam paket Microsoft Windows dan Microsoft Office yang ada di setiap komputer karyawan. Apabila setiap karyawan, baik karyawan in office ataupun out office dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan benar, maka pekerjaan pengolahan data dan pembuatan pelaporannya akan dapat dikerjakan dengan efisien dan efektif, karena mereka tidak butuh lagi mesin ketik dan kalkulator. Keputusan bijaksana yang harus diambil oleh pimpinan organisasi adalah mengharuskan setiap karyawannya bisa menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan benar agar bisa bekerja dengan efisien dan efektif dalam pekerjaan pengolahan data dan pembuatan laporannya sehari-hari, jangan ada lagi kalkulator di atas meja kerjanya.

 

TRAINING OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Mengelola file Workbook dan Worksheet.
  2. Memasukan dan mengelola data.
  3. Mengurutkan data berdasarkan berbagai pilihan kunci kolom data.
  4. Menghilangkan data double dalam hitungan detik tanpa rumus.
  5. Memformat dan mendisain data lembar kerja
  6. Membuat rekapan data dari sejumlah worksheet dengan cepat dan mudah di mana data-datanya terhubung secara otomatis.
  7. Membuat summary database report dengan cepat, tepat dan mudah.
  8. Membuat dan bekerja dengan formula yang berisi rumus dan fungsi.
  9. Membuat dan mendisain data grafik.
  10. Mengatur ukuran kertas, batas margin atas – bawah – kiri – kanan – header – footer.
  11. Membuat header dan footer pada worksheet.
  12. Memasukan object Picture ke dalam worksheet pada area header.
  13. Memasukan object Page Number ke dalam worksheet pada area footer
  14. Mencetak data worksheet dalam 1 (satu) halaman .
  15. Mencetak data worksheet dalam beberapa halaman dan setiap halaman ada judul laporannya dan catatan kaki dengan nomor halamannya,

 

CAKUPAN MATERI TRAINING :

  1. MENGELOLA WORKSHEET EXCEL
  • Melihat data pada beberapa Worksheet sekaligus.
  • Menyisipkan dan menghapus Worksheet.
  • Merubah nama Worksheet.
  • Memindahkan Worksheet
  1. MEMASUKAN DAN MENGELOLA DATA.
  • Memasukan data.
  • Mengedit dan menghapus data yang sudah ada.
  • Memperbesar tampilan data.
  • Membatalkan dan mengembalikan perubahan.
  • Menyalin dan menempelkan data.
  • Menyisipkan dan menghapus baris.
  • Menyisipkan dan menghapus kolom.
  • Memindahkan data.
  • Mencari dan menemukan data.
  • Mencari dan mengganti sejumlah data sekaligus.
  • Menggunakan tab menu Data – Sort :

Column – Sort by ;  Sort On – Cell Values ;

Order ;  A – Z ;  Z – A ; Custom List.

  • Menggunakan tool data REMOVE DUPLICATE dengan parameter kriteria datanya.
  1. MEMFORMAT DAN MENDISAIN DATA WORKSHEET.
  • Merubah jenis font dan ukurannya.
  • Mengatur tampilan data dalam format Bold – Italic – Underline
  • Mengatur lebar kolom.
  • Mengatur warna latar belakang sel dan teks sel.
  • Mengatur format tampilan data numeric.
  • Menggunakan tool Merge and Center pada area sel data
  • Mengubah perataan data horizontal.
  • Mengubah perataan data vertical.
  • Mengubah tinggi baris.
  • Menghapus pemformatan.
  1. BEKERJA DENGAN RUMUS DAN FUNGSI.
  • Membuat penjumlahan otomatis dengan tool Autosum.
  • Memasukan rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
  • Menggunakan fungsi penjumlahan angka SUM()
  • Menggunakan fungsi penjumlahan character COUNT()
  • Mengedit rumus atau fungsi.
  • Menyalin rumus.
  1. MEMBUAT LAPORAN RINGKASAN DATA – GRAPHIC – PICTURE
  • Membuat table data untuk sumber data graphic.
  • Memasukan object Graphic ke dalam Worksheet.
  • Menghubungkan table data pada object Graphic.
  • Membuat dan mendisain graphic.
  • Membuat rekapan data dengan CONSOLIDATE Tool
  • Membuat ringkasan database dengan PIVOT TABLE Tool.
  1. MENGATUR UKURAN KERTAS – MARGIN – LAYOUT – WORKSHEET DI EXCEL

1)  Pemilihan Size Paper yang digunakan untuk pencetakan laporan.

2)  Pengaturan Margin Area  : Top – Left – Right – Bottom.

3)  Pengaturan Header and Footer Area.

  1. MEMASUKAN OBJECT PICTURE DAN NOMOR HALAMAN KE DALAM WORKSHEET.
  • Memasukan object Picture ke dalam area Header Worksheet.
  • Membuat Judul Laporan ke dalam area Header Worksheet.

2)  Memasukan nomor halaman ke dalam area Footer Worksheet.

  1. MENCETAK DATA WORKSHEET DI EXCEL
  • Menentukan area pencetakan judul laporan – isi laporan – Catatan kaki laporan.
  • Menggunakan Print Preview.
  • Mencetak dalam bentuk Portrait (Vertical) dan Landscape (Horizontal).
  • Menengahkan worksheet pada halaman.
  • Mencetak Worksheet dalam satu halaman ke dalam bentuk file *.PDF.
  • Mencetak Worksheet dalam beberapa halaman dan setiap halaman ada judul laporannya dan catatan kaki dengan nomor halamannya dan dalam bentuk file *.PDF.

 

TRAINING METHOD :

Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

 

 

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified