GRAPHIC DESIGN & DESKTOP PUBLISHING

Training Syllabus:

GRAPHIC DESIGN & DESKTOP PUBLISHING

 

PENDAHULUAN:

Banyak pakar komunikasi visual (visual communication) memberikan definisi terhadap desain grafis. Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ”aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi. Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Intinya, desain grafis merupakan sebuah pekerjaan yang melibatkan proses kreatitifas yang berasal dari konsep dan ide serta pengaturan secara visual untuk menyampaikan pesan tertentu. Graphic Design sangat erat kaitannya dengan Desktop Publishing. Secara umum, desktop publishing adalah proses mekanisme yang berasal dari seorang designer maupun non-designer untuk mengubah ide dan gagasannya dalam bentuk surat kabar, majalah, brosur, iklan, poster, kartu ucapan, dan bentuk lainnya ke dalam file digital untuk percetakan komersial. Desainer grafis menggunakan perangkat lunak desktop publishing dan teknik untuk menciptakan bahan-bahan cetak yang mereka bayangkan. Komputer dan perangakt lunak desktop publishing juga membantu dalam proses kreatif yang memungkinkan desainer untuk mengatur tata letak halaman, font, warna, dan elemen lainnya secara mudah. Seorang desainer grafis, dituntut dapat mengoperasikan perangkat lunak pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, CorelPaint, maupun GIMP (linux). Selain itu, umumnya seorang desainer grafis dituntut pula menguasai software yang berkaitan dengan desktop publishing diantaranya: CorelDraw, Adobe InDesign, Adobe Illustrator, dan perangkat lunak lainnya. Meskipun tidak diwajibkan menguasai semua perangkat lunak tersebut, namun sedikitnya harus menguasai Adobe Photoshop karena software ini sebagai fondasi dalam mengatur dan menggabungkan beberapa gambar atau memodifikasinya menjadi sebuah gambar yang bernilai seni.

 

SASARAN TRAINING:

  1. Peserta diharapkan mengetahui seputar dunia percetakan (printing) karena graphic design dan desktop publishing sangat erat kaitannya dengan dunia percetakan dan periklanan, sehingga ketika merancang sebuah proyek tidak menimbulkan kerugian akibat salah ukuran atau salah merancang
  2. Peserta diharapkan dapat mengoperasikan software Adobe Photoshop secara mendasar
  3. Peserta diharapkan dapat mengatur tata letak (layout), pengaturan teks (typography), dan menerapkan efek khusus pada sebuah teks untuk menciptakan sebuah imajinasi
  4. Peserta diharapkan dapat memperbaiki maupun memanipulasi foto atau objek gambar lainnya untuk kebutuhan ilustrasi atau desain
  5. Peserta diharapkan mampu untuk menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah karya baru yang lebih impresif untuk kebutuhan ilustrasi pada cover majalah, brosur, pamflet, poster, banner, dan produk lainnya
  6. Peserta diharapkan mampu menambahkan efek khusus pada sebuah gambar atau foto
  7. Peserta diharapkan mampu membuat beberapa produk untuk cover buku, cover majalah, ilustrasi majalah, pembungkus makanan/minuman, banner, poster, pamflet, dan lain-lain.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  1. Publishing & Adversiting Basic
  2. Adobe Photoshop CS6 Basic
  3. Layer Style
  4. Adjustments and Fill
  5. Layer Mask
  6. Blend Modes
  7. Digital Art
  8. Composition Techniques
  9. Photo Editing
  10. Photo Manipulation
  11. Case Study

 

TARGET AUDIENS :   Graphic Designer

 

METODE TRAINING:  Metode yang digunakan adalah Presentasi, Simulasi (Praktek), dan Studi Kasus

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   4 days

 

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
6 - 9 Januari 20253 - 6 Februari 20253 - 6 Maret 20257 - 10 April 2025
13 - 16 Januari 202510 - 13 Februari 202510 - 13 Maret 202514 - 17 April 2025
20 - 23 Januari 202517 - 20 Februari 202517 - 20 Maret 202521 - 24 April 2025
27 - 30 Januari 202524 - 27 Februari 2025 28 Apr - 2 Mei 2025
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 8 Mei 20252 - 5 Juni 20251 - 4 Juli 20254 - 7 Agustus 2025
12 - 15 Mei 20259 - 12 Juni 20257 - 10 Juli 202511 - 14 Agustus 2025
19 - 22 Mei 202516 - 19 Juni 202514 - 17 Juli 202518 - 21 Agustus 2025
26 - 29 Mei 202523 - 26 Juni 202521 - 24 Juli 202525 - 28 Agustus 2025
  28 - 31 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 4 September 20256 - 9 Oktober 20253 - 6 November 20251 - 4 Desember 2025
8 - 11 September 202513 - 16 Oktober 202510 - 13 November 20258 - 11 Desember 2025
15 - 18 September 202520 - 23 Oktober 202517 - 20 November 202515 - 18 Desember 2025
22 - 25 September 202527 - 30 Oktober 202524 - 27 November 202522 - 25 Desember 2025
29 Sep - 2 Okt 2025   

INVESTMENT/PERSON :

  1. 8.500.000/person (full fare) or
  2. 8.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. 7.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor