HEALTH, SAFETY & ENVIRONMENT (HSE) ASPECTS IN LOGISTICS ACTIVITIES

Training Syllabus :
“HEALTH, SAFETY & ENVIRONMENT (HSE) ASPECTS IN LOGISTICS ACTIVITIES”
Aspek-aspek Kesehatan, Keselamatan dan Lindungan Lingkungan pada Kegiatan Logistik

INTRODUCTION :
Logistik adalah kegiatan yang berhubungan dengan Pengadaan Barang (Goods Procurement), Penyimpanan/ Pergudangan Barang (Goods Storage/ Warehousing), atau Penghantaran/ Pengangkutan Barang (Goods Delivery/ Transportation) sesuai dengan jenis barang, jumlah barang, waktu dan tempat yang dikehendaki dari Titik Awal (Point Of Origin) ke Titik Tujuan (Point Of Destination).
Ada 3 Misi Utama dari kegiatan logistik yaitu Barang Yang Tepat/Sesuai (Right Goods), Waktu Yang Tepat (Right Time) dan Tempat Yang Tepat (Right Place). Untuk mencapai 3 misi ini diperlukan komitmen yang tinggi dari manajemen perusahaan logistik beserta seluruh jajarannya termasuk para pegawai dan mitra kerjanya (kontraktor/sub-kontraktor), baik dalam hal pengelolaan sumberdaya manusia, keuangan, peralatan dan aspek Kesehatan, Keselamatan dan Lindungan Lingkungan (K3LL) atau HSE (Health, Safety & Environment), sehingga diperlukan pelatihan K3LL/HSE yang terkait dengan kegiatan logistik.

TRAINING OBJECTIVES :
Peserta pelatihan akan dapat mengetahui dan melaksanakan tentang :
1. Peraturan perundangan K3LL/HSE yang terkait dengan kegiatan logistik.
2. Prinsip-prinsip dasar Manajemen Pengendalian Rugi dalam kegiatan logistik.
3. Jenis-jenis bahaya dan risiko dalam kegiatan logistik dan bagaimana cara mencegah serta mengendalikannya agar tidak terjadi kecelakaan atau kerugian.
4. Pedoman atau cara bekerja yang aman, selamat, sehat dan berwawasan lingkungan dalam pelaksanaan kegiatan logistik.

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Sekilas tentang Manajemen Logistik Terintegrasi atau Supply Chain Management (SCM).
2. Pengenalan tentang peraturan perundangan dari pemerintah RI mengenai K3LL/HSE yang terkait kegiatan logistik.
3. Pengenalan tentang Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pengendalian Rugi (Basic Principles of Loss Control Management).
4. Identifikasi jenis-jenis bahaya dan risiko dalam kegiatan logistik serta cara pencegahan dan pengendaliannya (antara lain : bahaya mekanik, bahaya listrik, bahaya beban, bahaya radiasi, bahaya kimia, bahaya temperatur, bahaya ergonomi, bahaya biologi, dan lain-lain).
5. Manajemen Keselamatan Kantor (Office Safety Management).
6. Manajemen Keselamatan Pergudangan dan Penyimpanan (Warehouse and Storage Safety Management) :
6.1 Warehouse Safety
a. Material Handling :
– Manual Handling
– Mechanical Handling
– Vehicles in and around the warehouse
– Work at height
b. General Hazards (slips ; trips; falls, etc.)
c. Personal Protective Equipment and Clothing
d. Warehouse Equipment (forklift trucks, hand trucks, crane, hoist, derricks, ladders, etc.)
e. Packing, strapping & unpacking materials
f. Warehouse Housekeeping
g. Safe Lifting and Rigging Practices
h. Loading Dock Safety.
6.2 Storage Safety
a. Storage System
b. Automated Storage and Retrieval System
c. Temperature-controlled Storage
d. Storage of Packaged Dangerous Substances
e. Safe Storage Practices.
7. Manajemen Keselamatan Transportasi Darat (Land Transportation Safety Management) :
7.1 Introduction to RI’s government regulations of land transportation.
7.2 Land transportation safety standards :
– Defensive Driving Rules
– Hazard identification, risk assessment & risk control
7.3 Journey Management :
– Journey Planning
– Trip preparation
– Fatigue management
7.4 Vehicle Standards :
– Light vehicle specifications
– Heavy vehicle specifications
7.5 Maintenance and Inspections

WHO SHOULD ATTEND? :
Para Supervisor, Teknisi/Driver/Operator dan personel lainnya yang terkait dengan kegiatan logistik.

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 4 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
2 – 5 Januari 20245 – 8 Februari 20244 – 7 Maret 20241 – 4 April 2024
8 – 11 Januari 202412 – 15 Februari 202412 – 15 Maret 202422 – 25 April 2024
15 – 18 Januari 202419 – 22 Februari 202418 – 21 Maret 202429 April – 2 Mei 2024
22 – 25 Januari 202426 – 29 Februari 202425 – 28 Maret 2024
29 Jan – 1 Feb 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 9 Mei 20243 – 6 Juni 20241 – 4 Juli 20245 – 8 Agustus 2024
13 – 16 Mei 202410 – 13 Juni 20248 – 11 Juli 202412 – 15 Agustus 2024
20 – 23 Mei 202419 – 22 Juni 202415 – 18 Juli 202419 – 22 Agustus 2024
27 – 30 Mei 202424 – 27 Juni 202422 – 25 Juli 202426 – 29 Agustus 2024
29 Juli – 1 Agus 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 5 September 20241 – 4 Oktober 20244 – 7 November 20242 – 5 Desember 2024
9 – 12 September 20247 – 10 Oktober 202411 – 14 November 20249 – 12 Desember 2024
16 – 19 September 202414 – 17 Oktober 202418 – 21 November 202416 – 19 Desember 2024
23 – 26 September 202421 – 24 Oktober 202425 – 28 November 2024
28 – 31 Oktober 2024

 

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp 8.750.000/person (full fare) or
2. Rp 8.500.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp 8.250.000/person (if there are 3 or more participants from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor