Training Syllabus :
HSE MANAGEMENT SYSTEM
Sistem Manajemen K3LL (Keselamatan, Kesehatan Kerja & Lindungan Lingkungan)
INTRODUCTION :
Pada periode 1970 – 1980 an diberbagai industri/perusahaan di Indonesia terdapat departemen atau bagian yang bernama Fire & Safety ( F&S ), ada lagi yang bernama PAK (Pemadam Api & Keselamatan), S & S (Safety & Security). Kemudian pada periode 1980 – 1990 an : LPD (Loss Prevention Department), LPED (Loss Prevention & Environment Department), ELC (Environment & Loss Control), ELP (Environment & Loss Prevention) dan lain sebagainya. Selanjutnya pada periode 1990 an sampai dengan sekarang dikenal dengan nama HSE (Health, Safety & Environment). Pada periode inilah istilah HSE menjadi populer baik secara nasional maupun internasional, malahan menjadi program/target utama setiap perusahaan (company/user) karena setiap perusahaan tidak menginginkan terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, kerusakan peralatan maupun gangguan/kerusakan lingkungan dan terganggunya proses operasional perusahaan. Kemudian HSE juga merupakan persyaratan utama dan pertama yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh setiap perusahaan jasa/kontraktor/mitra kerja (service company/contractors/business partners) yang akan ikut tender kontrak/proyek disuatu company/user/contract owner, bila persyaratan HSE yang ditentukan oleh company/user/contract owner tersebut bisa dipenuhi oleh para perusahaan jasa/kontraktor/mitra kerja, maka mereka diikutkan dalam proses tender selanjutnya, tetapi bila tidak bisa dipenuhi maka mereka tidak diikutkan dalam proses tender tersebut.
TRAINING OBJECTIVE :
1. Para peserta pelatihan/kursus akan mengetahui, mengerti/memahami dan menerapkan HSE di unit kerjanya masing-masing, termasuk peraturan-perundangan dari Pemerintah Republik Indonesia tentang HSE dan standar-standar nasional maupun internasional dan ”Best Practices” tentang HSE.
2. Para peserta pelatihan/kursus bisa berperan aktif membantu perusahaan dalam mencegah dan mengurangi terjadinya kerugian-kerugian ( losses ) terhadap orang/pegawai, peralatan/perlengkapan, bahan/material dan lingkungan, atau secara internasional dikenal dengan nama/istilah PEME (People, Equipment, Materials, Environment).
3. Bagi para peserta yang berasal dari perusahan-perusahaan jasa (Services Company) yang akan ikut tender proyek pada perusahaan-perusahaan (Company) yang sudah ’HSE World Class Company’, maka para peserta akan bisa menyiapkan dokumen-dokumen HSE yang dipersyaratkan oleh Company tersebut (Pre-Qualification Process) sehingga perusahaan jasa ini bisa ikut tender proyek-proyek di Company tersebut.
4. Para peserta pelatihan/kursus dapat mengetahui standar HSE dilingkungan Migas dan cara penerapannya pada saat melakukan verifikasi/inspeksi diperusahaan Migas.
TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Peraturan Perundangan HSE dari Pemerintah RI
2. Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen Pengendalian Rugi (Loss Control Management)
3. Sistem Manajemen HSE Berdasarkan OHSAS 18001: 2007 dan ISO 14001: 2004
4. HSE Manual of Various Industries
5. Contractor HSE Management System
6. HSE Auditing System
7. HSE Passport
8. HSE Hazard Identification, Risk Assessment & Risk Control
9. HSE Hazard Observation Techniques
10. Standar-Standar Nasional, Internasional dan Best-Practices tentang HSE
11. Pemutaran Film-Film/VCD tentang HSE
12. Studi-Studi Kasus tentang HSE
13. Pre-Course Assessment (Pre-Test) & Post-Course Assessment (Post-Test)
WHO SHOULD ATTEND :
Para Manager, Superintendent, Supervisor, Consultant, Auditor dan Trainer dari berbagai SBU/Divisi/Departemen berbagai jenis perusahaan (Migas dan Panas Bumi, Pertambangan Umum, Petrokimia, BUMN, Perusahaan2 Jasa/Services Company dan lain sebagainya).
VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll
TRAINING DURATION : 4 days
TRAINING TIME :
Januari 2025 | Februari 2025 | Maret 2025 | April 2025 |
6 - 9 Januari 2025 | 3 - 6 Februari 2025 | 3 - 6 Maret 2025 | 7 - 10 April 2025 |
13 - 16 Januari 2025 | 10 - 13 Februari 2025 | 10 - 13 Maret 2025 | 14 - 17 April 2025 |
20 - 23 Januari 2025 | 17 - 20 Februari 2025 | 17 - 20 Maret 2025 | 21 - 24 April 2025 |
27 - 30 Januari 2025 | 24 - 27 Februari 2025 | 28 Apr - 2 Mei 2025 | |
Mei 2025 | Juni 2025 | Juli 2025 | Agustus 2025 |
5 - 8 Mei 2025 | 2 - 5 Juni 2025 | 1 - 4 Juli 2025 | 4 - 7 Agustus 2025 |
12 - 15 Mei 2025 | 9 - 12 Juni 2025 | 7 - 10 Juli 2025 | 11 - 14 Agustus 2025 |
19 - 22 Mei 2025 | 16 - 19 Juni 2025 | 14 - 17 Juli 2025 | 18 - 21 Agustus 2025 |
26 - 29 Mei 2025 | 23 - 26 Juni 2025 | 21 - 24 Juli 2025 | 25 - 28 Agustus 2025 |
28 - 31 Juli 2025 | |||
September 2025 | Oktober 2025 | November 2025 | Desember 2025 |
1 - 4 September 2025 | 6 - 9 Oktober 2025 | 3 - 6 November 2025 | 1 - 4 Desember 2025 |
8 - 11 September 2025 | 13 - 16 Oktober 2025 | 10 - 13 November 2025 | 8 - 11 Desember 2025 |
15 - 18 September 2025 | 20 - 23 Oktober 2025 | 17 - 20 November 2025 | 15 - 18 Desember 2025 |
22 - 25 September 2025 | 27 - 30 Oktober 2025 | 24 - 27 November 2025 | 22 - 25 Desember 2025 |
29 Sep - 2 Okt 2025 |
INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp 8.750.000/person (full fare) or
2. Rp 8.500.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp 8.250.000/person (if there are 3 or more participants from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor