IMPLEMENTASI BALANCED SCORE CARD (BSC) SEBAGAI ALAT UKUR PERFORMANSI KARYAWAN

Silabus Training :
IMPLEMENTASI BALANCED SCORE CARD (BSC) SEBAGAI ALAT UKUR PERFORMANSI KARYAWAN

LATAR BELAKANG:
Pengukuran performansi, termasuk performansi karyawan merupakan salah satu aktivitas yang amat penting bagi perusahaan. Tanpa pengukuran performansi, perbaikan kurang mempunyai arti. Jika suatu aktivitas tidak dapat kita ukur, sulit bagi kita untuk memanage aktivitas tersebut. Sehubungan dengan itu pengukuran performansi harus dilakukan dengan baik, dengan menggunakan metode yang tepat sehingga hasil dari pengukuran tersebut mencerminkan kemampuan yang sesungguhnya. Balanced Score Card (BSC) merupakan cara terbaik pada saat ini dalam mengukur performansi baik pada tataran perusahaan, pada tataran unit-unit organisasi yang ada dalam perusahaan maupun pada tataran karyawan perusahaan. Balanced Score Card, menterjemahkan Visi dan Strategic perusahaan kedalam aktivitas operasional yang dilihat dari 4 perspektif yaitu : Keuangan (financial), Pelanggan (customer), Proses Internal (internal process ), serta Pembelajaran dan Pertumbuhan (learning and growth) pada semua level manajemen, pada semua level karyawan mulai dari karyawan tertinggi sampai karyawan terendah. Hasil dari pengukuran tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam merumuskan dengan tepat penyempurnaan-penyempurnaan / perbaikan-perbaikan dan inovasi yang perlu dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan tersebut.

TUJUAN/MANFAAT:
Manfaat utama workshop : Implementasi BSC Sebagai Alat Ukur Performansi Karyawan adalah untuk :
a. Pemahaman yang lebih baik tentang peran dan fungsi pengukuran performansi karyawan dalam konteks perusahaan dan persaingan usaha.
b. Kemampuan menyusun perencanaan dan pengendalian pengukuran performansi karyawan dengan menggunakan teknik BSC
c. Ketrampilan menganalisis, menyimpulkan dan mengambil keputusan berdasarkan data hasil pengukuran performansi karyawan dengan menggunakan metode dan teknik terkini, yaitu Balanced Score Card (BSC).

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
Workshop ini dirancang khusus untuk : Para Eksekutif, Manajer dan Staff Ahli yang berperan sebagai Perencana dan Pengendali Performansi Perusahaan dalam semua bidang, baik keuangan, pemasaran, operasi, SDM, maupun bidang-bidang yang lainnya.

METODE PENYAMPAIAN :
Para peserta diharapkan dapat terlibat secara aktif pada setiap sesi dari workshop ini yang akan dibawakan oleh para Instruktur dengan rincian muatan sebagai berikut :
 20% : Penjelasan teori
 80% : Perumusan Program, Studi Kasus, Diskusi dan Umpan Balik

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Konsep Manajemen Performansi
a. Pengertian Kinerja
b. Pentingnya Sistem Manajemen Kinerja
c. Perencanaan Kinerja
2. Balanced Score Card
a. Pengertian Balanced Scorecard
b. Keunggulan Balanced Scorecard
c. Sepuluh Alasan untuk Mengimplementasikan Balanced Scorecard
d. Perspektif Keuangan : Jangka Panjang dan Jangka Pendek
e. Perspektif Pelanggan : Proiposisi Nilai yang terdiferensiasi (Differentiated Value Proposition)
f. Perspektif Internal : Nilai melalui Proses Bisnis Internal
g. Persepektif Pembelajaran dan Pertumbuhan : Keselarasan asset tak terwujud
3. Implementasi Balanced Score Card Dalam Mengukur Performansi Karyawan
a. Pengertian Misi, Nilai-nilai dan Visi
b. Pengertian Perencanaan Strategi
c. Proses Manajemen Strategi
d. Analisis Strategi
e. Pemilihan Strategi
f. Pengertian Strategy Map (Peta Strategi)
g. Pengertian Ukuran Kinerja
h. Ukuran untuk Perspektif : Keuangan, Pelanggan, proses Internal,Pembelajaran dan Pertumbuhan
i. Kriteria dalam Pemilihan Ukuran Kinerja
j. Karakteristik Ukuran
k. Penetapan Target
l. Penyusunan Inisiatif Strategis
m. Cascading
n. Faktor Kunci Keberhasilan (Key Success Factors) untuk Balanced Scorecard
4. Sumber Daya Manusia sebagai Asset Strategis
5. Kesiapan Sumber Daya Manusia

JADWAL PER HARI:
HARI 1:
1. Pembukaan dan Perkenalan
2. Pengantar : Konsep Manajemen Performansi dan BSC
3. Perspektif Keuangan
4. Perspektif Pelanggan
5. Perspektif Proses Bisnis Internal
6. Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran
HARI 2:
1. Implementasi BSC : Mekanisme
2. Penjabaran Visi, Misi dan Sasaran Perusahaan
3. Analisis dan Pengelompokan Kedalam 4 Perspektif
4. Pembuatan Diagram Sebab Akibat
5. Perumusan Faktor Kritis Keberhasilan (FKK)
HARI 3:
1. Perumusan Faktor Kritis Keberhasilan (FKK)
2. Pembuatan Peta Indikator Kunci Performansi (IKP)
3. Perumusan Indikator Kunci Performansi
4. Sumber Daya Manusia sebagai Asset Strategis
5. Kesiapan Sumber Daya Manusia
6. Penutupan

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified