INVENTORY MANAGEMENT MANUFACTURING INDUSTRY

Training Syllabus:
INVENTORY MANAGEMENT MANUFACTURING INDUSTRY

LATAR BELAKANG:
Persediaan yaitu sebagai sumber daya (tidak hanya terfokus pada barang) yang menganggur yang menunggu proses selanjutnya berupa kegiatan produksi atau kegiatan pemasaran. Pengelolaan persediaan merupakan salah satu aspek kegiatan yang sangat penting dan permasalahan persediaan sangat rumit, yang melibatkan semua departemen dalam perusahaan dan keterkaitan dengan masalah penggunaan dana. Barang yang disediakan dengan jumlah banyak dan berbagai ragam, mengakibatkan penggunaan dana perusahaan cukup besar dapat mencapai 40 s.d 60 % dari total modal perusahaan. Umumnya permasalahan yang terjadi pada industri manufaktur dalam menentukan ukuran persediaan, antara lain: permintaan barang yang bervariasi dan jumlahnya tidak pasti, perbedaan waktu pembuatan produk dengan produk lain, perbedaan tingkat pelayanan penyerahan barang, kesalahan dalam administrasi, dan tingkat keberanian pihak pimpinan perusahaan dalam pengambilan keputusan. Untuk mendukung sistem produksi yang memadai diperlukan tenaga kerja yang handal atau peningkatan keahlian tenaga kerja profesi Manajemen Persediaan.

PESERTA:
Para praktisi tingkat operator, tingkat penyelia atau perencana bidang manajemen persediaan pada industri rekayasa.

OUTPUT TRAINING:
1. Pemahaman tentang pengetahuan manajemen persediaan.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Konsep dasar menajemen persediaan
– Pengertian, tujuan, kegunaan, faktor yang berpengaruh, usaha dan prinsip manajemen persediaan, klasifikasi barang persediaan, pembagian jenis barang, klasifikasi pareto dan prosedur, biaya pengelolaan barang, harga persediaan, kebutuhan persediaan).
2. Pengendalian persediaan
– Pengendalian persediaan independen (kebutuhan persediaan, spesifikasi sistem persediaan, ongkos total persediaan, model persediaan : EOQ model, EPQ model, model persedian yang mengijinkan kekurangan)
– Pengendalian persediaan dependen (syarat-syarat pendahuluan dan asumsi-asumsi, tujuan MRP, masukan dan keluaran MRP, langkah dasar MRP, tipe sistem MRP
3. Pengadaan barang dan jasa
– Perencanaan dan penentuan kebutuhan barang, pengadaan melalui pembelian, pemeriksaan pesanan dengan sistem sampling, sistem pembayaran, kodifikasi barang dan jasa).
4. Pengendalian spare part
– Dukungan logistik terpadu, perbedaan barang umum dan suku cadang, klasifikasi suku cadang, administrasi suku cadang, pemesanan suku cadang.

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 4 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
6 - 9 Januari 20253 - 6 Februari 20253 - 6 Maret 20257 - 10 April 2025
13 - 16 Januari 202510 - 13 Februari 202510 - 13 Maret 202514 - 17 April 2025
20 - 23 Januari 202517 - 20 Februari 202517 - 20 Maret 202521 - 24 April 2025
27 - 30 Januari 202524 - 27 Februari 2025 28 Apr - 2 Mei 2025
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 8 Mei 20252 - 5 Juni 20251 - 4 Juli 20254 - 7 Agustus 2025
12 - 15 Mei 20259 - 12 Juni 20257 - 10 Juli 202511 - 14 Agustus 2025
19 - 22 Mei 202516 - 19 Juni 202514 - 17 Juli 202518 - 21 Agustus 2025
26 - 29 Mei 202523 - 26 Juni 202521 - 24 Juli 202525 - 28 Agustus 2025
  28 - 31 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 4 September 20256 - 9 Oktober 20253 - 6 November 20251 - 4 Desember 2025
8 - 11 September 202513 - 16 Oktober 202510 - 13 November 20258 - 11 Desember 2025
15 - 18 September 202520 - 23 Oktober 202517 - 20 November 202515 - 18 Desember 2025
22 - 25 September 202527 - 30 Oktober 202524 - 27 November 202522 - 25 Desember 2025
29 Sep - 2 Okt 2025   

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 8.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 8.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 7.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor