KEMADYAAN

Silabus Training :
KEMADYAAN

TUJUAN :
Setelah mengikuti kursus, peserta diharapkan dapat memahami konsep – konsep kepengawasan dan kepemimpinan yang efektif serta perubahan paradigma dari non staff menjadi staff “.

SASARAN :
Pelatihan ini dirancang untuk setiap karyawan atau SDM yang akan beralih fungsi dan peran dari non staff menjadi staff atau dari fungsi operasional menuju fungsi manajemen.

CAKUPAN MATERI TRAINING :

HARI KE MATERI SUB MATERI
TUJUAN
Satu
Perubahan paradigma dari non staff ke staff

Manajemen of Change

• Visi dan misi perusahaan
• Opersionalisasi visi dan misi
• Faktor SDM dalam menunjang opersionalisasi visi dan misi perusahaan
• Perbedaan fungsi dan peran staff dan non staff
• Perbedaan pola pikir, pola kerja dan pola tindakan dari non staff ke staff
• Menumbuhkan pola tindakan yang sinergis bagi pertumbuhan lingkungan organisasi bisnis

• Mengelola perubahan
• Mental switching
• Menumbuhkan nilai-nilai harapan
• Menjadi agent perubahan
• Strategi penyesuaian diri dari non staff ke staff
• Menjadi manusia pembelajar
Meningkatkan wawasan pemahaman akan perubahan paradigma baik dari pola pikir, pola tindakan dan pola kerja dari non staff menjadi staff

Meningkatkan wawasan pemahaman bagaimana mengelola perubahan dalam diri sehingga akan menumbuhkan nilai-nilai harapan bagi lingkungan sekitarnya.
HARI Ke MATERI SUB MATERI TUJUAN

Kedua
Peningkatkan Motivasi

Memperbaiki Organizational Climate • Konsep motivasi (Teori-Teori motivasi)
• Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi kerja
• Mengelola pekerja berkarakter X dan berkarakter Y
• Meningkatkan motivasi bekerja
• Teknik dan strategi merancang peningkatan motivasi pekerja

• Konsep iklim organisasi
• Organizational behavior
• Perilaku kelompok dalam organisasi
• Identifikasi faktor yang berpengaruh dalam penciptaan iklim organisasi
• Proses pembentukan iklim organisasi
• Iklim organisasi yang berpengaruh signifikans bagi pertumbuhan perusahaan
• Peran dan fungsi pemimpin dalam mempengaruhi iklim organisasi.
Meningkatkan wawasan pemahaman peserta pelatihan terhadap bagaimana memotivasi diri dan pekerja guna peningkatan produktivitas SDM

Meningkatakan pemahaman peserta pelatihan terhadap pembentukan iklim organisasi dan bagaimana peran kita (staff) dalam mempengaruhi iklim organisasi sehingga mampu mengerakan SDM dalam pertumbuhan perusahaan.
HARI KE MATERI
SUB MATERI TUJUAN
Ketiga Strategi Kepemimpinan (Strategic Leadership)

Probelm Solving Decision Making
• Konsep kepemimpinan
• Theori kepemimpinan (theori ciri, theori perilaku, theori kemungkinan dan pendekatan terbaru dalam kepemimpinan/ traspormasional)
• Tipe-tipe kepemimpinan
• Gaya Kepemimpinan yang efektif
• Kasus tipe dan gaya kepemimpinan dalam dunia bisnis yang efektif

• Konsep problem solving & Decision making
• Proses pengambilan keputusan dan problem solving
• Pengembangan alternatif keputusan
• Metode dan strategi problem solving
• Diagram keputusan
• Theori probabilitas dalam keputusan
Meningkatkan wawasan pemahaman peserta pelatihan terhadap berbagai gaya dan tipe kepemimpinan yang effektif dalam dunia bisnis

Meningkatkan wawasan pemahaman peserta pelatihan dalam proses pemecahan masalah sehingga mampu mengambil keputusan yang signifikans bagi pengembanagn organisasi.
HARI KE MATERI SUB MATERI TUJUAN

Keempat Konflik & Negoisasi
• Pemaknaan konflik dalam perusahaan ( pandangan tradisional, pandangan interaksional dan pandangan hubungan manusia)
• Jenis-jenis konflik dan Mengelola konflik secara positif
• Menciptakan konflik fungsional dan menghindari konflik disfungsional
• Pemahaman emosi manusia dalam pengelolaan konflik
• Konsep dan tujuan negosiasi, prinsip-prinsip negosiasi
• Strategi negosiasi awal, tengah dan akhir
• Negosiasi etis dan tidak etis
• Menangani negosiasi impase, stalemate, deadlock ( seni mediasi, arbitrasi dan resolusi konflik)
Meningkatkan wawasan pemahaman peserta pelatihan dalam pengelolaan dan pemaknaan konflik dalam organisasi bisnis sehingga berdampak sinergis bagi pengembangan perusahaan
HARI KE MATERI SUB MATERI
TUJUAN
Kelima Budaya Perusahaan

Studi Kasus dan Evaluasi • Konsep Budaya perusahaan
• Perilaku manusia dalam organisasi dan perannya dalam menyumbang pembentukan budaya perusahaan
• Nilai-nilai budaya dalam organisasi
• Trasformasi nilai-nilai
• Menyatukan nilai-nilai subkultur
• Memperkuat budaya baru.

• Kasus-kasus perusahaan dari berbagai masalah mulai dari peranan pemimpin, budaya organisasi, motivasi pegawai, konflik yang terjadi sampai kepada pembentukan budaya perusahaan Meningkatkan wawasan pemahaman peserta pelatihan dalam proses pembentukan budaya perusahaan serta mampu meningkatkan peran dan fungsinya dalam mempengaruhi budaya positif perusahaan

Meningkatkan pemahaman bagaiamana pemecahan masalah harus dilakukan dengan menganalisis kasus-ksus yang terjadi sehingga mampu meningkatkan motivasi SDM, menciptakan iklim kerja yang kondusif, melakukan negosiasi dan menangani konflik-konflik yang terjadi.

METODOLOGI TRAINING :
Untuk mencapai tujuan pelatihan secara efektiv maka metodologi training dirancang sebagai metode pembelajaran orang dewasa, dimana perpaduan antara ceramah, diskusi, dan problem solving akan menjadi bagian dalam metodologi training yang dipakai. Disamping hal tersebut, untuk mengurangi kebosanan dan kejenuhan pelatihan maka disela-sela training akan dimasukan game-game yang akan meningkatkan antusiasme peserta pelatihan.

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 5 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
6 - 10 Januari 20253 - 7 Februari 20253 - 7 Maret 20257 - 11 April 2025
13 - 17 Januari 202510 - 14 Februari 202510 - 14 Maret 202514 - 18 April 2025
20 - 24 Januari 202517 - 21 Februari 202517 - 21 Maret 202521 - 25 April 2025
27 - 31 Januari 202524 - 28 Februari 2025 28 Apr - 3 Mei 2025
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 9 Mei 20252 - 6 Juni 20251 - 5 Juli 20254 - 8 Agustus 2025
12 - 16 Mei 20259 - 13 Juni 20257 - 11 Juli 202511 - 15 Agustus 2025
19 - 23 Mei 202516 - 20 Juni 202514 - 18 Juli 202518 - 22 Agustus 2025
26 - 30 Mei 202523 - 27 Juni 202521 - 25 Juli 202525 - 29 Agustus 2025
  28 Juli - 1 Agus 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 5 September 20256 - 10 Oktober 20253 - 7 November 20251 - 5 Desember 2025
8 - 12 September 202513 - 17 Oktober 202510 - 14 November 20258 - 12 Desember 2025
15 - 19 September 202520 - 24 Oktober 202517 - 21 November 202515 - 19 Desember 2025
22 - 26 September 202527 - 31 Oktober 202524 - 28 November 202522 - 26 Desember 2025
29 Sep - 3 Okt 2025   

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 9.750.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 9.500.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 9.250.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor