Silabus Training :
KEMADYAAN
TUJUAN :
Setelah mengikuti kursus, peserta diharapkan dapat memahami konsep – konsep kepengawasan dan kepemimpinan yang efektif serta perubahan paradigma dari non staff menjadi staff “.
SASARAN :
Pelatihan ini dirancang untuk setiap karyawan atau SDM yang akan beralih fungsi dan peran dari non staff menjadi staff atau dari fungsi operasional menuju fungsi manajemen.
CAKUPAN MATERI TRAINING :
HARI KE MATERI SUB MATERI
TUJUAN
Satu
Perubahan paradigma dari non staff ke staff
Manajemen of Change
• Visi dan misi perusahaan
• Opersionalisasi visi dan misi
• Faktor SDM dalam menunjang opersionalisasi visi dan misi perusahaan
• Perbedaan fungsi dan peran staff dan non staff
• Perbedaan pola pikir, pola kerja dan pola tindakan dari non staff ke staff
• Menumbuhkan pola tindakan yang sinergis bagi pertumbuhan lingkungan organisasi bisnis
• Mengelola perubahan
• Mental switching
• Menumbuhkan nilai-nilai harapan
• Menjadi agent perubahan
• Strategi penyesuaian diri dari non staff ke staff
• Menjadi manusia pembelajar
Meningkatkan wawasan pemahaman akan perubahan paradigma baik dari pola pikir, pola tindakan dan pola kerja dari non staff menjadi staff
Meningkatkan wawasan pemahaman bagaimana mengelola perubahan dalam diri sehingga akan menumbuhkan nilai-nilai harapan bagi lingkungan sekitarnya.
HARI Ke MATERI SUB MATERI TUJUAN
Kedua
Peningkatkan Motivasi
Memperbaiki Organizational Climate • Konsep motivasi (Teori-Teori motivasi)
• Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi kerja
• Mengelola pekerja berkarakter X dan berkarakter Y
• Meningkatkan motivasi bekerja
• Teknik dan strategi merancang peningkatan motivasi pekerja
• Konsep iklim organisasi
• Organizational behavior
• Perilaku kelompok dalam organisasi
• Identifikasi faktor yang berpengaruh dalam penciptaan iklim organisasi
• Proses pembentukan iklim organisasi
• Iklim organisasi yang berpengaruh signifikans bagi pertumbuhan perusahaan
• Peran dan fungsi pemimpin dalam mempengaruhi iklim organisasi.
Meningkatkan wawasan pemahaman peserta pelatihan terhadap bagaimana memotivasi diri dan pekerja guna peningkatan produktivitas SDM
Meningkatakan pemahaman peserta pelatihan terhadap pembentukan iklim organisasi dan bagaimana peran kita (staff) dalam mempengaruhi iklim organisasi sehingga mampu mengerakan SDM dalam pertumbuhan perusahaan.
HARI KE MATERI
SUB MATERI TUJUAN
Ketiga Strategi Kepemimpinan (Strategic Leadership)
Probelm Solving Decision Making
• Konsep kepemimpinan
• Theori kepemimpinan (theori ciri, theori perilaku, theori kemungkinan dan pendekatan terbaru dalam kepemimpinan/ traspormasional)
• Tipe-tipe kepemimpinan
• Gaya Kepemimpinan yang efektif
• Kasus tipe dan gaya kepemimpinan dalam dunia bisnis yang efektif
• Konsep problem solving & Decision making
• Proses pengambilan keputusan dan problem solving
• Pengembangan alternatif keputusan
• Metode dan strategi problem solving
• Diagram keputusan
• Theori probabilitas dalam keputusan
Meningkatkan wawasan pemahaman peserta pelatihan terhadap berbagai gaya dan tipe kepemimpinan yang effektif dalam dunia bisnis
Meningkatkan wawasan pemahaman peserta pelatihan dalam proses pemecahan masalah sehingga mampu mengambil keputusan yang signifikans bagi pengembanagn organisasi.
HARI KE MATERI SUB MATERI TUJUAN
Keempat Konflik & Negoisasi
• Pemaknaan konflik dalam perusahaan ( pandangan tradisional, pandangan interaksional dan pandangan hubungan manusia)
• Jenis-jenis konflik dan Mengelola konflik secara positif
• Menciptakan konflik fungsional dan menghindari konflik disfungsional
• Pemahaman emosi manusia dalam pengelolaan konflik
• Konsep dan tujuan negosiasi, prinsip-prinsip negosiasi
• Strategi negosiasi awal, tengah dan akhir
• Negosiasi etis dan tidak etis
• Menangani negosiasi impase, stalemate, deadlock ( seni mediasi, arbitrasi dan resolusi konflik)
Meningkatkan wawasan pemahaman peserta pelatihan dalam pengelolaan dan pemaknaan konflik dalam organisasi bisnis sehingga berdampak sinergis bagi pengembangan perusahaan
HARI KE MATERI SUB MATERI
TUJUAN
Kelima Budaya Perusahaan
Studi Kasus dan Evaluasi • Konsep Budaya perusahaan
• Perilaku manusia dalam organisasi dan perannya dalam menyumbang pembentukan budaya perusahaan
• Nilai-nilai budaya dalam organisasi
• Trasformasi nilai-nilai
• Menyatukan nilai-nilai subkultur
• Memperkuat budaya baru.
• Kasus-kasus perusahaan dari berbagai masalah mulai dari peranan pemimpin, budaya organisasi, motivasi pegawai, konflik yang terjadi sampai kepada pembentukan budaya perusahaan Meningkatkan wawasan pemahaman peserta pelatihan dalam proses pembentukan budaya perusahaan serta mampu meningkatkan peran dan fungsinya dalam mempengaruhi budaya positif perusahaan
Meningkatkan pemahaman bagaiamana pemecahan masalah harus dilakukan dengan menganalisis kasus-ksus yang terjadi sehingga mampu meningkatkan motivasi SDM, menciptakan iklim kerja yang kondusif, melakukan negosiasi dan menangani konflik-konflik yang terjadi.
METODOLOGI TRAINING :
Untuk mencapai tujuan pelatihan secara efektiv maka metodologi training dirancang sebagai metode pembelajaran orang dewasa, dimana perpaduan antara ceramah, diskusi, dan problem solving akan menjadi bagian dalam metodologi training yang dipakai. Disamping hal tersebut, untuk mengurangi kebosanan dan kejenuhan pelatihan maka disela-sela training akan dimasukan game-game yang akan meningkatkan antusiasme peserta pelatihan.
TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll
DURASI TRAINING : 5 hari
WAKTU TRAINING :
Januari 2025 | Februari 2025 | Maret 2025 | April 2025 |
6 - 10 Januari 2025 | 3 - 7 Februari 2025 | 3 - 7 Maret 2025 | 7 - 11 April 2025 |
13 - 17 Januari 2025 | 10 - 14 Februari 2025 | 10 - 14 Maret 2025 | 14 - 18 April 2025 |
20 - 24 Januari 2025 | 17 - 21 Februari 2025 | 17 - 21 Maret 2025 | 21 - 25 April 2025 |
27 - 31 Januari 2025 | 24 - 28 Februari 2025 | 28 Apr - 3 Mei 2025 | |
Mei 2025 | Juni 2025 | Juli 2025 | Agustus 2025 |
5 - 9 Mei 2025 | 2 - 6 Juni 2025 | 1 - 5 Juli 2025 | 4 - 8 Agustus 2025 |
12 - 16 Mei 2025 | 9 - 13 Juni 2025 | 7 - 11 Juli 2025 | 11 - 15 Agustus 2025 |
19 - 23 Mei 2025 | 16 - 20 Juni 2025 | 14 - 18 Juli 2025 | 18 - 22 Agustus 2025 |
26 - 30 Mei 2025 | 23 - 27 Juni 2025 | 21 - 25 Juli 2025 | 25 - 29 Agustus 2025 |
28 Juli - 1 Agus 2025 | |||
September 2025 | Oktober 2025 | November 2025 | Desember 2025 |
1 - 5 September 2025 | 6 - 10 Oktober 2025 | 3 - 7 November 2025 | 1 - 5 Desember 2025 |
8 - 12 September 2025 | 13 - 17 Oktober 2025 | 10 - 14 November 2025 | 8 - 12 Desember 2025 |
15 - 19 September 2025 | 20 - 24 Oktober 2025 | 17 - 21 November 2025 | 15 - 19 Desember 2025 |
22 - 26 September 2025 | 27 - 31 Oktober 2025 | 24 - 28 November 2025 | 22 - 26 Desember 2025 |
29 Sep - 3 Okt 2025 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 9.750.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 9.500.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 9.250.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor