Silabus Training :
KOMUNIKASI STRATEGIS DI ERA DIGITAL UNTUK PEMERINTAH DAERAH
PENDAHULUAN
Perkembangan era digital disadari atau tidak telah menyebabkan terjadinya pergeseran pola komunikasi. Hal ini ditandai dengan trend meningkatnya penggunaan internet serta merujuk pada distribusi sebaran usia penggunanya. Kondisi ini perlu menjadi momentum bagi praktisi humas (hubungan masyarakat) dan pengelola informasi publik di lembaga pemerintah, BUMN dan organisasi pemerintah lainnya, untuk mampu berubah dan beradaptasi dengan mereposisi manajemen strategik dalam komunikasi publik. Reposisi perlu dilakukan dengan menata ulang rencana komunikasi strategis (strategic communication plan), sebagai peta jalan perubahan dengan pola kekinian, melakukan market intelejen sehingga strategi komunikasi publik disesuaikan dengan penerima pesan. Eksistensi praktisi humas pemerintah diharapkan semakin menjadi strategis ditengah era persaingan dan digitalisasi serta disruption era yang membawa konsekuensi berubahnya lanskap media, untuk itu diperlukan SDM yang berorientasi inovasi dan kreatifitas (think across), berorientasi pada hasil dibandingkan prosedural administratif dalam strategi komunikasi publiknya.
SASARAN DAN TUJUAN :
- Peserta diharapkan mampu memahami Manajemen Komunikasi Publik.
- Peserta mampu mentransformasi mindset dari bekerja secara linier menjadi visioner (think ahead), kreatif serta inovatif, berpikir holistik dan lintas sektor (think across),
- Peserta memiliki keterampilan dan kemampuan memaksimalkan komunikasi digital.
CAKUPAN MATERI TRAINING:
- Manajemen Komunikasi Strategis
- Penyusunan Strategic Communication Plan
- Cara Metapkan Sasaran & Tujuan Komunikasi
- Menilai sumber daya dan aset Anda
- Identifikasi Target Audiens Digital
- Mengembangkan pesan utama
- Cara menyampaikan pesan kepada audiens di media digital
- Mengukur dampak komunikasi digital
METODE TRAINING :
- Pemaparan dan Diskusi
- Studi Kasus
- Praktik Kehumasan (dilengkapi template)
VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION : 2 hari
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 4 Jan 2024 | 5 – 6 Feb 2024 | 4 – 5 Mar 2024 | 1 – 2 Apr 2024 |
8 – 9 Jan 2024 | 12 – 13 Feb 2024 | 12 – 13 Mar 2024 | 22 – 23 Apr 2024 |
15 – 16 Jan 2024 | 19 – 20 Feb 2024 | 18 – 19 Mar 2024 | 29 – 30 Apr 2024 |
22 – 23 Jan 2024 | 26 – 27 Feb 2024 | 25 – 26 Mar 2024 | |
29 – 30 Jan 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 7 Mei 2024 | 3 – 4 Juni 2024 | 1 – 2 Juli 2024 | 5 – 6 Agus 2024 |
13 – 14 Mei 2024 | 10 – 11 Juni 2024 | 8 – 9 Juli 2024 | 12 – 13 Agus 2024 |
20 – 21 Mei 2024 | 19 – 20 Juni 2024 | 15 – 16 Juli 2024 | 19 – 20 Agus 2024 |
27 – 28 Mei 2024 | 24 – 25 Juni 2024 | 22 – 23 Juli 2024 | 26 – 27 Agus 2024 |
29 – 30 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 3 Sep 2024 | 1 – 2 Okt 2024 | 4 – 5 Nov 2024 | 2 – 3 Des 2024 |
9 – 10 Sep 2024 | 7 – 8 Okt 2024 | 11 – 12 Nov 2024 | 9 – 10 Des 2024 |
16 – 17 Sep 2024 | 14 – 15 Okt 2024 | 18 – 19 Nov 2024 | 16 – 17 Des 2024 |
23 – 24 Sep 2024 | 21 – 22 Okt 2024 | 25 – 26 Nov 2024 | 23 – 24 Des 2024 |
28 – 29 Okt 2024 | 30 – 31 Des 2024 |
INVESTMENT PRICE/PERSON :
- 4.500.000/person (full fare) or
- 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
- 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
- Modul Training
- Flashdisk Training berisi materi training
- Sertifikat
- ATK: NoteBook dan Ballpoint
- T-Shirt
- Ransel
- Foto Training
- Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
- Makan siang dan 2 kali coffeebreak
- Instruktur yang Qualified