fbpx

KOMUNIKASI STRATEGIS DI ERA DIGITAL UNTUK PEMERINTAH DAERAH

Silabus Training :

KOMUNIKASI STRATEGIS DI ERA DIGITAL UNTUK PEMERINTAH DAERAH

 

PENDAHULUAN

Perkembangan era digital disadari atau tidak telah menyebabkan terjadinya pergeseran pola komunikasi. Hal ini ditandai dengan trend meningkatnya penggunaan internet serta merujuk pada distribusi sebaran usia penggunanya. Kondisi ini perlu menjadi momentum bagi praktisi humas (hubungan masyarakat) dan pengelola informasi publik di lembaga pemerintah, BUMN dan organisasi pemerintah lainnya, untuk mampu berubah dan beradaptasi dengan mereposisi manajemen strategik dalam komunikasi publik. Reposisi perlu dilakukan dengan  menata ulang rencana komunikasi strategis (strategic communication plan), sebagai peta jalan perubahan dengan pola kekinian, melakukan market intelejen sehingga strategi komunikasi publik disesuaikan dengan penerima pesan. Eksistensi praktisi humas pemerintah diharapkan semakin menjadi strategis ditengah era persaingan dan digitalisasi serta disruption era yang membawa  konsekuensi berubahnya lanskap media, untuk itu diperlukan SDM  yang berorientasi inovasi dan kreatifitas (think across), berorientasi pada hasil dibandingkan prosedural administratif dalam strategi komunikasi publiknya.

 

SASARAN DAN TUJUAN :

  • Peserta diharapkan mampu memahami Manajemen Komunikasi Publik.
  • Peserta mampu mentransformasi mindset dari bekerja secara linier menjadi visioner (think ahead), kreatif serta inovatif, berpikir holistik dan lintas sektor (think across),
  • Peserta memiliki keterampilan dan kemampuan memaksimalkan komunikasi digital.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  1. Manajemen Komunikasi Strategis
  2. Penyusunan Strategic Communication Plan
  3. Cara Metapkan Sasaran & Tujuan Komunikasi
  4. Menilai sumber daya dan aset Anda
  5. Identifikasi Target Audiens Digital
  6. Mengembangkan pesan utama
  7. Cara menyampaikan pesan kepada audiens di media digital
  8. Mengukur dampak komunikasi digital

 

METODE TRAINING :

  • Pemaparan dan Diskusi
  • Studi Kasus
  • Praktik Kehumasan (dilengkapi template)

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION :   2 hari

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Jan 20245 – 6 Feb 20244 – 5 Mar 20241 – 2 Apr 2024
8 – 9 Jan 202412 – 13 Feb 202412 – 13 Mar 202422 – 23 Apr 2024
15 – 16 Jan 202419 – 20 Feb 202418 – 19 Mar 202429 – 30 Apr 2024
22 – 23 Jan 202426 – 27 Feb 202425 – 26 Mar 2024
29 – 30 Jan 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 Sep 20241 – 2 Okt 20244 – 5 Nov 20242 – 3 Des 2024
9 – 10 Sep 20247 – 8 Okt 202411 – 12 Nov 20249 – 10 Des 2024
16 – 17 Sep 202414 – 15 Okt 202418 – 19 Nov 202416 – 17 Des 2024
23 – 24 Sep 202421 – 22 Okt 202425 – 26 Nov 202423 – 24 Des 2024
28 – 29 Okt 202430 – 31 Des 2024

INVESTMENT PRICE/PERSON :

  1. 4.500.000/person (full fare) or
  2. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified