KPIS WITH BALANCED SCORECARD

Training Syllabus:
KPIS WITH BALANCED SCORECARD

TRAINING OVERVIEW:
Indikator kinerja utama (juga dikenal sebagai KPI) didefinisikan sebagai ukuran yang bersifat kuantitatif dan spesifik dari kinerja organisasi di area tertentu dalam bisnis. Tujuan KPI adalah menyediakan perusahaan dengan pengukuran kuantitatif dari hal-hal penting yang menjadi faktor penentu keberhasilan organisasi dan tujuan bisnis jangka panjang. Setelah ditemukan dan dianalisa dengan baik, KPI dapat digunakan untuk memahami dan meningkatkan kinerja organisasi dan keberhasilan secara keseluruhan.

Key Performance Indicators (KPI) harus menjadi alat navigasi penting yang digunakan oleh para manajer dan pemimpin untuk memahami apakah mereka berada di jalur untuk sukses atau tidak. Sekumpulan KPI yang tepat akan menyoroti kinerja dan areas yang perlu diperhatikan. Tanpa manajer KPI yang tepat, maka para manajer akan melakukan terbang buta, layaknya seperti pilot tanpa instrument/peralatan.

Masalahnya adalah sebagian besar perusahaan mengumpulkan dan melaporkan sejumlah besar dari segala sesuatu yang mudah untuk diukur dan akibatnya para manajer akhirnya lebih banyak menangani data.

Para manajer yang efektif memahami dimensi kinerja utama bisnisnya dengan menyaring ukuran ke KPI yang penting. Dan agar dapat mengidentifikasi KPI yang tepat bagi bisnis apapun, maka perlu mendapatkan kejelasan tentang tujuan dan strategi.Jadi pertama-tama didefinisikan dahulu strategi dan kemudian hubungkan KPIs dengan Objectives-nya..

Pelatihan selama 2 hari ini yang dirancang khusus untuk para peserta agar mendapatkan pengetahuan mengenai Key Performance Indicators (KPIs) dan Balanced Scorecard Framework. Dibimbing oleh trainer yang berpengalaman, para peserta difasilitasi juga untuk ikut dalam latihan dan simulasi penyusunan KPI, dan bagaimana melakukan implementasi dan menggunakannya. .Pelatihan ini juga mengadopsi banyak pendekatan dari KPI manual, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1996, dan telah memasukkan alat implementasi yang lebih, filosofi balanced scorecard, implementasinya.

Secara umum, ada pepatah yang mengatakan bahwa mereka yang gagal dalam perencanaan, berarti mereka sudah merencanakan untuk gagal. Tanpa sasaran yang jelas dan terfokus, maka sulit untuk berhasil. Menyiapkan KPIs sangatlah penting untuk mendorong jalan yang jelas dan terfokus untuk tujuan Anda. Pelatihan ini akan membantu para peserta menyusun KPIs untuk memenuhi tujuan mereka dan organisasinya.

TRAINING OBJECTIVES:
Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan:
• Mendapatkan pengetahuan yang komprehensif tentang KPIs
• Mendapatkan pengetahuan secara praktis mengenai Balanced Scorecard(BSC)
• Mampu menggunakan 12-steps-Model untuk menyusun dan menggunakan KPIs
• Mendapatkan kesempatan latihan dan simulasi terkait dengan penyusunan KPIs
• Mampu menggunakan KPIs dan BSC Toolkit yang berisi KPI Database Lengkap, Process dan Template, serta bahan lainnya terkait dengan KPIs dan BSC

TRAINING MATERIAL OUTLINE:
HARI KE 1
1. INTRODUCTION TO KPIs
 Key Result Indicators.
 Performance and Result Indicators.
 Key Performance Indicators.
 Management Models that Have a Profound Impact on KPIs.
 Definitions.

2. FOUNDATION STONES FOR IMPLEMENTING KEY PERFORMANCE INDICATORS.
 Four Foundation Stones Guiding the Development and Use of KPIs.
 Defining Vision, Mission, and Strategy.

3. DEVELOPING AND USING KPIS: A 12-STEP MODEL.
 Step 1: Senior Management Team Commitment.
 Step 2: Establishing a “Winning KPI” Project Team.
 Step 3: Establishing a “Just Do It” Culture and Process.
 Step 4: Setting Up a Holistic KPI Development Strategy.
 Step 5: Marketing the KPI System to All Employees.
 Step 6: Identifying Organization-Wide Critical Success Factors.
 Step 7: Recording Performance Measures in a Database.
 Step 8: Selecting Team-Level Performance Measures.
 Step 9: Selecting Organizational “Winning KPIs”.
 Step 10: Developing the Reporting Framework at All Levels.
 Step 11: Facilitating the Use of Winning KPIs.
 Step 12: Refining KPIs to Maintain Their Relevance.

4. KPI TEAM RESOURCE KIT.
Using This Resource Kit.
 Step 1 Worksheet: Senior Management Team Commitment.
 Step 2 Worksheet: Establishing a Winning KPI Team.
 Step 3 Worksheet: Establish a “Just Do It” Culture for This Project.
 Step 4 Worksheet: Setting Up a Holistic KPI Development Strategy.
 Step 5 Worksheet: Marketing the KPI System to All Employees.
 Step 6 Worksheet: Identifying Organization-Wide CSFs.
 Step 7 Worksheet: Comprehensive Recording of Measures within the Database.
 Step 8 Worksheet: Selecting Team Performance Measures.
 Step 9 Worksheet: Selecting Organization-Wide “Winning KPIs”.
 Step 10 Worksheet: Developing Display, Reporting, and Review Frameworks at All Levels.
 Step 11 Worksheet: Facilitating the Use of KPIs.
 Step 12 Worksheet: Refining and Modifying KPIs to Maintain Their Relevance.

HARI KE 2

1. TEMPLATES FOR REPORTING PERFORMANCE MEASURES.
 Reporting Key Result Indicators in a Dashboard to the Board.
 Reporting Performance Measures to Management.
 Reporting Performance Measures to Staff.
 Format Examples.

2. FACILITATOR’S RESOURCE KIT.
 Remember the Fundamentals.
 KPI Typical Questions and Answers.

3. CRITICAL SUCCESS FACTORS KIT.
 Benefits of Understanding Your Organization’s CSFs.
 Relevant Success Factors.

4. IDENTIFYING ORGANIZATION-WIDE CRITICAL SUCCESS FACTORS.
 Finding the CSFs through a Relationship Mapping Process.
 How I Organize the Critical Success Factor Workshop.

5. BRAINSTORMING PERFORMANCE MEASURES.

6. IMPLEMENTATION VARIATIONS FOR SMALL-TO-MEDIUM ENTERPRISES AND NOT-FOR-PROFIT ORGANIZATIONS.
 Small to Medium Enterprises.
 Not for Profit Organizations.

7. IMPLEMENTATION LESSONS.
 How to Implement Winning KPIs in 16 Weeks.

8. KPI EXAMPLES FROM SEVERAL BUSINESS AREAS::
 Marketing, Sales, Operation, Finance, IT, etc

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.950.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.750.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 4.500.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor