LEADERSHIP SKILLS FOR TOP MANAGEMENT

Training Syllabus:
LEADERSHIP SKILLS FOR TOP MANAGEMENT

PENDAHULUAN :
Secara garis besar, pelatihan kepemimpinan selama dua hari ini;berangkat dari sebuah konsep dasar untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan secara komprehensif dalam bidang pengambilan keputusan, kepribadian kepemimpinan, komunikasi, koordinasi, kolaborasi, eksekusi, budaya organisasi, dan berbagai aspek yang terkait kepada pengembangan interpersonal dan integritas kepemimpinan.
TUJUAN TRAINING:
Membangun kepemimpinan yang efektif melalui karakter dan motivasi yang sesuai dengan visi, nilai, dan misi organisasi.
Membangun kepemimpinan autentik, yaitu: kepemimpinan yang memimpin berdasarkan nilai, integritas, etika, tanggung jawab moral, dan bekerja berdasarkan data dan informasi yang benar untuk tindakan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi.
Membangun kepemimpinan yang unggul dalam semua aspek kepemimpinan di tempat kerja.
Membangun kepemimpinan yang mampu memimpin melalui kekuatan kepribadian, pengetahuan, keterampilan, cara-cara unik yang menjadi ciri keunggulan individu.
Membangun kepemimpinan yang beretika disemua aspek kerja kepemimpinan.
Membangun kepemimpinan yang berkelanjutan untuk memastikan keunggulan organisasi di masa depan.
Membangun kepemimpinan yang cerdas secara emosional dalam semua aspek dan perilaku kepemimpinan.
Membangun kepemimpinan yang cerdas mengelola sumber daya manusia untuk keberhasilan organisasi dan stakeholder.
Membangun pemimpin masa depan dengan memahami berbagai tantangan di masa depan.
CAKUPAN MATERI TRAINING:
SESI 1: KEPEMIMPINANDENGAN KEPRIBADIAN ASLI (AUTHENTIC LEADERSHIP) DALAM KEPERCAYAAN DIRI
Sub Bahasan
Menjadi pemimpin berkualitas yang jujur dan dapat dipercaya
Menjadi diri sendiri dan mengabdikan etika dan kebiasaan positif
Memahamicara meningkatkan kepercayaan diri
Kesadaran untuk menciptakan kebiasaandan pola optimis
Menenangkan diri dalam setiap situasi dan kondisi yang kurang menguntungkan
Memahamipsikologikepercayaan diri
Mempraktekkan pola pikir positif
Cara praktis membangun kepercayaan diri dalam jangka pendek danjangka panjang
Kepercayaan diri adalahkeyakinan menuju sukses
Mental tidak sukses:Ketidakberdayaan meningkatkan kepercayaan diri
Mengubah cara berpikir
Strategiuntuk berpikir positif
Meningkatkan kepercayaan diri dengan teknik kecerdasanemosional, afirmasi, dan role model

SESI 2: MENGASAH INTUISI KEPEMIMPINANDALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Sub Bahasan
Apa itu intuisi kepemimpinan?
Bagaimana cara pemimpin mengambil informasi intuitif?
Bagaimana cara merawat Kepercayaan pemimpin pada intuisinya
Roh dari pemimpin intuitif
Prosesdan gaya intuitif pemimpin
Kemampuan intuitif yang terkait langsung dengan tingkat energi kepemimpinan
Inovator besar ditandai kecerdasan intuisi
Cara menggunakan informasi untuk membuat keputusan
Faktor pikiran terhadap intuisi
Kebenaran yang normal bukan kebenaran Anda, dan Anda adalah unik
Keputusan intuitif dan pengambilan keputusan
Kepemimpinan dalam Kepastian, risiko, ketidakpastian, ragu
Kondisi yang mempengaruhi kemungkinan keputusan kegagalan
Enam langkah dalam proses pengambilan keputusan manajerial
Keputusan pendekatan baru untuk waktu yang bergolak atau krisis
Bagaimana stereotip dapat mempengaruhi intuisi

SESI 3: KEPEMIMPINAN EFEKTIF DALAM KARAKTER DAN MOTIVASI SUKSES
Sub Bahasan
Memahami kepemimpinan efektif
Cara Berpikir efektif
Menciptakan kualitas secara efektif
Memahami hal-hal sederhana secara mendalam
Fokus pada hal-hal penting
Memetakan apa yang ada dan apa yang hilang
Pola pikir yang dimodifikasi dengan wawasan
Mengubah kesalahan menjadi pemandu menuju kinerja
Menghidupkan rasa ingin tahu
Memahami aliran gagasan, lalu belajar dari masa lalu, dan melangkah dengan pasti menuju ke depan
Merangkul perubahan
Cara memicu berpikir efektif
Mengembangkan karakter efektif untuk mendukung tujuan organisasi
Menciptakan lingkungan kerja yang efektif

SESI 4:KEPEMIMPINAN YANG MENINGKATKAN KUALITAS KERJA, MUTU KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI
Sub Bahasan
Peningkatan kualitas kerja dan mutu kerja
Penguatan budaya organisasi. Aspek nilai-nilai budaya, dan nilai-nilai kerja
Penguatan komponen inti dari peningkatan kualitas
Kualitas dari fungsi, peran, tanggung jawab, harapan, dimensi kerja kepemimpinan
Mengorganisir, proses penataan, prosedur, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
Langkah-langkah praktis untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi
Memahami dan memaksimalkan kekuatan kepemimpinan untuk kualitas terbaik
Bertindak secara konsisten terhadap visi, tujuan, dan mampu melepaskan diri dari hambatan
Berbudaya kerja untuk prestasi dan kinerja tertinggi
Fokus pada tujuan dan cerdas untuk memusatkan semua energi pada tujuan yang ingin dicapai.
Cerdas dan berkemampuan untuk mengatasi kemungkinan yang paling sulit

SESI 5 + SESI 6:KEPEMIMPINAN DALAM KECERDASAN KOMUNIKASI, KOORDINASI, KOLABORASI, DAN EKSEKUSI
Sub Bahasan
Memperbaiki pola pikir dan mempersiapkan kepribadian positif
Memahami, mengenali, dan mengembangkan diri untuk komunikasi efektif
Elemen berpikir efektif dalam komunikasi yang produktif
Memahami teknik komunikasi yang ideal dalam gaya komunikasi yang berbeda
Memberikan umpan balik positif dengan komunikasi yang efektif dan positif
Kecerdasan soft skills ( sikap, sifat, perilaku, karakter, kepribadian, emosi, dan pikiran) untuk memperkuat komunikasi, koordinasi, kolaborasi, sinergi, dan kerja sama di tempat kerja
Cara membangun dan menggunakan persepsi untuk memahami apa yang terjadi di sekitar pekerjaan dan kehidupan, serta untuk mendefinisikan perilaku dalam meningkatkan komunikasi dengan orang lain
Menghindari jebakan argumen yang tidak penting dan meningkatkan akal sehat dalam berkomunikasi
Menghindari menyalahkan dan kesalahpahaman dalam komunikasi
Bagaimana stereotip dapat mempengaruhi komunikasi?
Mendengarkan secara aktif untuk mendapatkan hubungan dan komitmen
Cara terbaik untuk berbagi niat dan ide dengan orang lain
Memahami siklus menyalahkan dan melepaskan energi negatif
Dampak buruk tentang menyalahkan orang lain
Hal yang harus dilakukan saat Anda yang salah
Efek empati pada komunikasi
Cara mengekspresikan emosi baik
Menangani percakapan telepon dengan emosi baik
Bahasa tubuh yang baik dalam komunikasi
Kapan berkomunikasi secara terbuka dan tertutup
Cara mengidentifikasi kebohongan orang pada Anda
Mengontrol suara untuk mendapatkan efek komunikasi yang maksimal
Teknik berbicara di depan publik

SESI 7: KEPEMIMPINAN YANG BERETIKA DAN BERKELANJUTAN
Sub Bahasan
Cara menjalankan etika kepemimpinan
Cara menjalankan prinsip-prinsipmoral
Cara menjalankan nilai-nilaisesuai visi
Kepemimpinan yang cerdas risiko etika dan hukum
Memahami bahwa sebuah kepemimpinan sangatlah singkat masa kekuasannya dibandingkan umur dan eksistensi organisasi
Kepemimpinan yang meninggalkan warisan kepemimpinan yang berkualitas

SESI 8: THE LEADER OF THE FUTURE
Sub Bahasan
Peserta akan belajar untuk mempersiapkan diri menjawab tantangan masa depan, yaitu: secara proaktif memiliki potensi kepemimpinan dan mengekspos potensi tersebut untuk mengembangkan potensi organisasi dan sumber daya secara efisien, efektif, dan tanpa pemborosan.

METODE TRAINING:
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.

INSTRUCTOR : Ir. Wilbert,CBA,CPHR,CHt

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :
1. 11 Jan 2021-12 Jan 2021
2. 10 Feb 2021-11 Feb 2021
3. 04 Mar 2021-05 Mar 2021
4. 12 Apr 2021-13 Apr 2021
5. 26 Mei 2021-27 Mei 2021
6. 02 Jun 2021-03 Jun 2021
7. 12 Jul 2021-13 Jul 2021
8. 09 Agust 2021-10 Agust 2021
9. 02 Sep 2021-03 Sep 2021
10. 11 Okt 2021-12 Okt 2021
11. 08 Nop 2021-09 Nop 2021
12. 06 Des 2021-07 Des 2021

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor