LEADERSHIP SKILLS FOR TOP MANAGEMENT

Training Syllabus:

LEADERSHIP SKILLS FOR TOP MANAGEMENT

 

PENDAHULUAN :

Secara garis besar, pelatihan kepemimpinan selama dua hari ini;berangkat dari sebuah konsep dasar untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan secara komprehensif dalam bidang pengambilan keputusan, kepribadian kepemimpinan, komunikasi, koordinasi, kolaborasi, eksekusi, budaya organisasi, dan berbagai aspek yang terkait kepada pengembangan interpersonal dan integritas kepemimpinan.

TUJUAN TRAINING:

Membangun kepemimpinan yang efektif melalui karakter dan motivasi yang sesuai dengan visi, nilai, dan misi organisasi.

Membangun kepemimpinan autentik, yaitu: kepemimpinan yang memimpin berdasarkan nilai, integritas, etika, tanggung jawab moral, dan bekerja berdasarkan data dan informasi yang benar untuk tindakan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi.

Membangun kepemimpinan yang unggul dalam semua aspek kepemimpinan di tempat kerja.

Membangun kepemimpinan yang mampu memimpin melalui kekuatan kepribadian, pengetahuan, keterampilan, cara-cara unik yang menjadi ciri keunggulan individu.

Membangun kepemimpinan yang beretika disemua aspek kerja kepemimpinan.

Membangun kepemimpinan yang berkelanjutan untuk memastikan keunggulan organisasi di masa depan.

Membangun kepemimpinan yang cerdas secara emosional dalam semua aspek dan perilaku kepemimpinan.

Membangun kepemimpinan yang cerdas mengelola sumber daya manusia untuk keberhasilan organisasi dan stakeholder.

Membangun pemimpin masa depan dengan memahami berbagai tantangan di masa depan.

CAKUPAN MATERI TRAINING:

SESI 1: KEPEMIMPINANDENGAN KEPRIBADIAN ASLI (AUTHENTIC LEADERSHIP) DALAM KEPERCAYAAN DIRI

Sub Bahasan

Menjadi pemimpin berkualitas yang jujur dan dapat dipercaya

Menjadi diri sendiri dan mengabdikan etika dan kebiasaan positif

Memahamicara meningkatkan kepercayaan diri

Kesadaran untuk menciptakan kebiasaandan pola optimis

Menenangkan diri dalam setiap situasi dan kondisi yang kurang menguntungkan

Memahamipsikologikepercayaan diri

Mempraktekkan pola pikir positif

Cara praktis membangun kepercayaan diri dalam jangka pendek danjangka panjang

Kepercayaan diri adalahkeyakinan menuju sukses

Mental tidak sukses:Ketidakberdayaan meningkatkan kepercayaan diri

Mengubah cara berpikir

Strategiuntuk berpikir positif

Meningkatkan kepercayaan diri dengan teknik kecerdasanemosional, afirmasi, dan role model

 

SESI 2: MENGASAH INTUISI KEPEMIMPINANDALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Sub Bahasan

Apa itu intuisi kepemimpinan?

Bagaimana cara pemimpin mengambil informasi intuitif?

Bagaimana cara merawat Kepercayaan pemimpin pada intuisinya

Roh dari pemimpin intuitif

Prosesdan gaya intuitif pemimpin

Kemampuan intuitif yang terkait langsung dengan tingkat energi kepemimpinan

Inovator besar ditandai kecerdasan intuisi

Cara menggunakan informasi untuk membuat keputusan

Faktor pikiran terhadap intuisi

Kebenaran yang normal bukan kebenaran Anda, dan Anda adalah unik

Keputusan intuitif dan pengambilan keputusan

Kepemimpinan dalam Kepastian, risiko, ketidakpastian, ragu

Kondisi yang mempengaruhi kemungkinan keputusan kegagalan

Enam langkah dalam proses pengambilan keputusan manajerial

Keputusan pendekatan baru untuk waktu yang bergolak atau krisis

Bagaimana stereotip dapat mempengaruhi intuisi

 

SESI 3: KEPEMIMPINAN EFEKTIF DALAM KARAKTER DAN MOTIVASI SUKSES

Sub Bahasan

Memahami kepemimpinan efektif

Cara Berpikir efektif

Menciptakan kualitas secara efektif

Memahami hal-hal sederhana secara mendalam

Fokus pada hal-hal penting

Memetakan apa yang ada dan apa yang hilang

Pola pikir yang dimodifikasi dengan wawasan

Mengubah kesalahan menjadi pemandu menuju kinerja

Menghidupkan rasa ingin tahu

Memahami aliran gagasan, lalu belajar dari masa lalu, dan melangkah dengan pasti menuju ke depan

Merangkul perubahan

Cara memicu berpikir efektif

Mengembangkan karakter efektif untuk mendukung tujuan organisasi

Menciptakan lingkungan kerja yang efektif

 

SESI 4:KEPEMIMPINAN YANG MENINGKATKAN KUALITAS KERJA, MUTU KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI

Sub Bahasan

Peningkatan kualitas kerja dan mutu kerja

Penguatan budaya organisasi. Aspek nilai-nilai budaya, dan nilai-nilai kerja

Penguatan komponen inti dari peningkatan kualitas

Kualitas dari fungsi, peran, tanggung jawab, harapan, dimensi kerja kepemimpinan

Mengorganisir, proses penataan, prosedur, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan

Langkah-langkah praktis untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Memahami dan memaksimalkan kekuatan kepemimpinan untuk kualitas terbaik

Bertindak secara konsisten terhadap visi, tujuan, dan mampu melepaskan diri dari hambatan

Berbudaya kerja untuk prestasi dan kinerja tertinggi

Fokus pada tujuan dan cerdas untuk memusatkan semua energi pada tujuan yang ingin dicapai.

Cerdas dan berkemampuan untuk mengatasi kemungkinan yang paling sulit

 

SESI 5 + SESI 6:KEPEMIMPINAN DALAM KECERDASAN KOMUNIKASI, KOORDINASI, KOLABORASI, DAN EKSEKUSI

Sub Bahasan

Memperbaiki pola pikir dan mempersiapkan kepribadian positif

Memahami, mengenali, dan mengembangkan diri untuk komunikasi efektif

Elemen berpikir efektif dalam komunikasi yang produktif

Memahami teknik komunikasi yang ideal dalam gaya komunikasi yang berbeda

Memberikan umpan balik positif dengan komunikasi yang efektif dan positif

Kecerdasan soft skills ( sikap, sifat, perilaku, karakter, kepribadian, emosi, dan pikiran) untuk memperkuat komunikasi, koordinasi, kolaborasi, sinergi, dan kerja sama di tempat kerja

Cara membangun dan menggunakan persepsi untuk memahami apa yang terjadi di sekitar pekerjaan dan kehidupan, serta untuk mendefinisikan perilaku dalam meningkatkan komunikasi dengan orang lain

Menghindari jebakan argumen yang tidak penting dan meningkatkan akal sehat dalam berkomunikasi

Menghindari menyalahkan dan kesalahpahaman dalam komunikasi

Bagaimana stereotip dapat mempengaruhi komunikasi?

Mendengarkan secara aktif untuk mendapatkan hubungan dan komitmen

Cara terbaik untuk berbagi niat dan ide dengan orang lain

Memahami siklus menyalahkan dan melepaskan energi negatif

Dampak buruk tentang menyalahkan orang lain

Hal yang harus dilakukan saat Anda yang salah

Efek empati pada komunikasi

Cara mengekspresikan emosi baik

Menangani percakapan telepon dengan emosi baik

Bahasa tubuh yang baik dalam komunikasi

Kapan berkomunikasi secara terbuka dan tertutup

Cara mengidentifikasi kebohongan orang pada Anda

Mengontrol suara untuk mendapatkan efek komunikasi yang maksimal

Teknik berbicara di depan publik

 

 

 

 

SESI 7: KEPEMIMPINAN YANG BERETIKA DAN BERKELANJUTAN

Sub Bahasan

Cara menjalankan etika kepemimpinan

Cara menjalankan prinsip-prinsipmoral

Cara menjalankan nilai-nilaisesuai visi

Kepemimpinan yang cerdas risiko etika dan hukum

Memahami bahwa sebuah kepemimpinan sangatlah singkat masa kekuasannya dibandingkan umur dan eksistensi organisasi

Kepemimpinan yang meninggalkan warisan kepemimpinan yang berkualitas

 

SESI 8: THE LEADER OF THE FUTURE

Sub Bahasan

Peserta akan belajar untuk mempersiapkan diri menjawab tantangan masa depan, yaitu: secara proaktif memiliki potensi kepemimpinan dan mengekspos potensi tersebut untuk mengembangkan potensi organisasi dan sumber daya secara efisien, efektif, dan tanpa pemborosan.

 

METODE TRAINING:

Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.

 

INSTRUCTOR :  Ir. Wilbert,CBA,CPHR,CHt

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 days

 

TRAINING TIME :

  1. 02 Jan 2020-03 Jan 2020
  2. 10 Feb 2020-11 Feb 2020
  3. 09 Mar 2020-10 Mar 2020
  4. 02 Apr 2020-03 Apr 2020
  5. 06 Mei 2020-07 Mei 2020
  6. 08 Jun 2020-09 Jun 2020
  7. 02 Jul 2020-03 Jul 2020
  8. 10 Agust 2020-11 Agust 2020
  9. 03 Sep 2020-04 Sep 2020
  10. 12 Okt 2020-13 Okt 2020
  11. 09 Nop 2020-10 Nop 2020
  12. 03 Des 2020-04 Des 2020

 

 

INVESTMENT/PERSON :

  1. 4.500.000/person (full fare) or
  2. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor